Tips Mengupas Telur Rebus Agar Tidak Lengket dan Tetap Mulus

Reporter : Arif Mashudi
Sabtu, 15 Juli 2023 12:55
Tips Mengupas Telur Rebus Agar Tidak Lengket dan Tetap Mulus
Mudah banget loh, masak gini aja nggak bisa?

Telur rebus adalah salah satu makanan sehat dan praktis yang bisa dinikmati di berbagai waktu. Namun, mengupas telur rebus terkadang bisa menjadi sulit, apalagi jika kulit telurnya lengket.

Tapi tenang, di sini akan ada beberapa tips mengupas telur agar tidak lengket. Tentu saja kamu harus memperhatikan mulai langkah dasar merebus telur, memperhatikan apakah telur sudah matang atau belum, kemudian baru ke cara mengupasnya dengan benar.

Berikut ini adalah beberapa tips mengupas telur rebus agar tidak lengket yang telah Diadona rangkum dari beberapa sumber. Jadi simak beberapa tips dan cara di bawah ini yuk.

1 dari 4 halaman

Rendam dengan Air

Tips Mengupas Telur Rebus Agar Tidak Lengket © Diadona

Pertama, kamu bisa merendam telur dalam air dingin setelah selesai merebus. Jadi, kamu bisa segera rendamnya dalam air dingin selama beberapa menit langsung seusai telur kamu angkat dari panci rebus. Hal ini akan membuat kulit telur menjadi lebih mudah dikupas.

Kocok telur yang sudah direbus

Kemudian, jika sudah selesai merendam dengan air dingin kamu bisa lanjut ke tahap yang selanjutnya. Jadi di tahap ini kamu bisa gulirkan atau kocok-kocok lembut di dalam toples hingga kulitnya retak. Kulit telur yang retak akan memudahkanmu mengupas telur dan tentunya nggak bikin lengket.

2 dari 4 halaman

Kupas Telur di Bawah Air Mengalir

Tips Mengupas Telur Rebus Agar Tidak Lengket © Diadona

Ketiga, untuk memudahkan pengupasan telur, cobalah untuk mengupasnya di bawah air yang mengalir. Air akan membantu mengeluarkan serpihan kulit yang mungkin masih menempel pada telur. Pastikan air mengalir cukup lembut sehingga tidak merusak telur ya.

Hancurkan Kulit secara Merata

Jika telur masih sangat sulit untuk dikupas, kamu bisa memukul telur tersebut dengan sendok atau garpu. Setelah itu, kupas kulit telur dengan perlahan. Jadi, kulit telur yang retak itu akan lebih mudah dikupas loh Diazens.

3 dari 4 halaman

Gunakan Tambahan Bahan

Oh iya Diazens, mudah atau tidaknya kulit telur dikupas bisa kamu usahakan mulai kamu merebusnya. Untuk mempermudah pengupasan kulit telur, kmu bisa menambahkan garam, cuka atau pun soda kue.

Kamu bisa pilih salah satu bahan tambahan di atas agar kulit telur bisa kamu kupas dengan gampang. Untuk penggunaannya sesuaikan saja dengan banyak sedikitnya telur yang kamu rebus.

4 dari 4 halaman

Tips Tambahan

Tips Mengupas Telur Rebus Agar Tidak Lengket © Diadona

Oh iya, di sini kamu juga bisa menggunakan beberap atambahan tips di bawah ini ya Diazens!

  • Gunakan telur yang segar. Telur yang segar akan lebih mudah dikupas.
  • Rebus telur dengan suhu yang tepat. Telur yang direbus dengan suhu yang terlalu tinggi akan membuat kulit telur menjadi keras dan sulit untuk dikupas.
  • Jangan merebus telur terlalu lama. Telur yang direbus terlalu lama akan membuat putih telur menjadi kenyal dan kulit telur menjadi lengket.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu bisa membuat telur rebus yang sehat dan mudah untuk dikupas. Jadi, selamat mencoba ya Diazens!

Beri Komentar