7 Tips Menyimpan Yogurt agar Awet, Dijamin Tidak Rusak dan Tetap Segar

Reporter : Arifina
Senin, 30 Oktober 2023 18:17
7 Tips Menyimpan Yogurt agar Awet, Dijamin Tidak Rusak dan Tetap Segar
Menyimpan yogurt agar tahan lama dan tetap segar ada trik khusus lho! Yuk, simak!

Tips menyimpan yogurt agar awet perlu dijadikan referensi agar bisa dikonsumsi jangka panjang. Memiliki rasa manis dan asam, menjadikan yogurt cocok untuk tambahan berbagai olahan makanan dan minuman.

Yogurt merupakan salah satu olahan yang dibuat dengan mencampurkan susu matang dengan bakteri baik, terutama jenis Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Yogurt memiliki manfaat bagi kesehatan sebab terdapat kandungan gizi yang baik bagi tubuh, mulai dari untuk pencernaan, tulang dan gigi, hingga daya tahan tubuh.

Dilansir dari hellosehat.com, yogurt dapat menjadi sumber protein bagi tubuh untuk pertumbuhan dan perbaikan sel. Kekurangan protein dapat menyebabkan hilangnya massa otot dan rapuhnya rambut, kulit, atau kuku.

1 dari 9 halaman

Tips Menyimpan Yogurt agar Awet © Diadona

Selain itu, yogurt mengandung sejumlah zat gizi yang dapat membantu kesehatan tulang. Seperti kalsium, kalium, dan fosfor. Kandungan-kandungan tersebut bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi, serta mencegah osteoporosis.

Namun, yogurt tidak bisa disimpan dengan sembarangan, hasil fermentasi susu ini bisa rusak dan dapat membahayakan kesehatan tubuh jika kamu salah menyimpan. Jadi bagaimana cara menyimpannya agar awet? Simak beberapa tips berikut!

2 dari 9 halaman

Pastikan Semua Alat Bersih

Sebelum mulai menympan yogurt, pastikan semua alat untuk penyimpanan bersih. Cara ini untuk menghindari yogurt terkontaminasi bakteri jahat. Gunakan sendok yang bersih saat akan memindahkan yogurt dalam wadah.

Jangan lupa juga untuk membersihkan wadah yang akan kamu gunakan.
Jadi, pastikan untuk mencuci alat yang digunakan dengan sabun dan air bersih untuk menjaga kualitas yogurt dan menjaga kebersihannya. Setelah pemakaiannya pun jangan lupa untuk segera membersihkannya agar tidak ada sisa yogurt yang tersisa karena memungkinkan menjadi tempat untuk pertumbuhan bakteri.

Hal ini sangat penting untuk menjaga kualitas dan keamanan makanan saat mengonsumsinya.

3 dari 9 halaman

Simpan di Wadah yang Tertutup Rapat

Pentung untuk menyimpan yogurt di wadah yang tertutup. Kamu bisa menggunakan wadah yang kedap udara atau tutup plastik agar mencegah udara luar masuk ke dalam yogurt.

Hal ini dapat membantu mencegah terbentuknya lapisan asam yang membuat permukaan yogurt menjadi kering. Dengan penyimpanan ini, maka dapat memperpanjang waktu penyimpanannya. Saat akan dikonsumsi, yogurt tersebut juga akan tetap segar dan lezat.

4 dari 9 halaman

Perhatikan Yogurt yang Telah Dibuka

Yogurt © Diadona

Jika yogurt dalam kondisi sudah terbuka, tapi tak langsung digunakan maka pstikan menyimpannya di lemari es. Namun, sebaiknya pindahkan yogurt dalam wadah tertutup.

Yogurt yang telah dibuka kemasannya hanya memiliki jangka waktu untuk disimpan sekitar 5-7 hari saja. Menyimpan yogurt di dalam lemari es atau kulkas bisa memperpanjang masa simpan hingga 2 pekan.

Yogurt yang dibiarkan pada suhu kamar hanya bertahan selama 2 jam. Jika melebihi waktu tersebut yogurt mengalami perubahan warna, aroma yang menyengat, dan adanya pertumbuhan jamur, walaupun hanya pada bagian tutupnya.

Hal ini karena suhu ruangan yang terkadang berubah-ubah sehingga cairan yogurt mengalami perubahan tekstur. Perubahan tersebut menandakan bahwa bakteri yang berbahaya telah masuk ke dalam yogurt.

5 dari 9 halaman

Jangan Simpan Yogurt di Bagian Pintu Kulkas

Pastikan kamu menyimpan yogurt di dalam lemari es atau kulkas. Namun, jangan letakkan yogurt pada bagian pintu kulkas agar suhunya tetap stabil.

Simpan di bagian belakang kulkas yang jauh dari pintu kulkas. Suhu yang rendah dapat membantu memperlambat adanya pertumbuhan bakteri, sehingga akan menjaga kesegaran dan kualitas yogurt.

Saat kamu menyimpan dalam lemari es dan terdapat makanan lain yang berbau menyengat, pastikan wadah yogurt telah tertutup rapat dan kedap udara. Agar tekstur, aroma, dan rasa yogurt tetap enak saat akan dimakan.

6 dari 9 halaman

Jangan Campur dengan Bahan Lain

Jika ingin mengonsumsi yogurt dengan aneka topping, seperti potongan buah, madu, ataupun selai. Sebaiknya tidak untuk mencampurnya terlebih dahulu lalu disimpan. Hal ini karena akan mempengaruhi kualitas yogurt karena tercampur bahan lain saat disimpannya.

Bahan tambahan seperti buah potong yang mengandung air akan mempengaruhi tekstur yogurt menjadi lebih encer atau berair. Selain itu, bahan tambahan tersebut juga akan mempengaruhi jangka waktu simpan yang semakin pendek.

7 dari 9 halaman

Hindarkan dari Paparan Matahari Langsung

Tips Menyimpan Yogurt agar Awet © Diadona

Agar kualitas yogurt tetap terjaga saat disimpan, sebaiknya yogurt tidak diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Simpan yogurt di tempat yang gelap atau di dalam kulkas.

Terutama jika yogurt disimpan dalam wadah yang terbuka atau transparan. Suhu yang lebih tinggi akan lebih cepat menumbuhkan bakteri yang dapat merusak tekstur, aroma, dan rasa yogurt. Hal tersebut menyebabkan kualitas dan kesegaran yogurt saat akan dikonsumsi menurun.

8 dari 9 halaman

Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Sebelum mengonsumsi atau menyimpan yogurt, perhatikan tanggal kadaluarsa pada kemasan. Pastikan untuk mengonsumsinya sebelum tanggal kadaluarsa tersebut, hal ini menjaga kualitas dan keselamatan makanan untuk tubuh.

Diare, mual dan muntah menjadi beberapa gejala yang terjadi akibat mengonsumsi yogurt yang telah melewati tanggal kadaluwarsa. Maksimal konsumsi yogurt sekitar 1-3 minggu sebelum jatuh pada tanggal kedaluwarsa.

Dengan beberapa tips menyimpan yogurt agar awet di atas dapat membantu kamu menjaga dan memperpanjang masa simpan. Sehingga yogurt tetap memiliki rasa yang enak dan tekstur yang segar. Semoga bermanfaat!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar