9 Inspirasi Rumah American Style yang Klasik, Elegan, dan Mewah

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 12 Desember 2023 13:16
9 Inspirasi Rumah American Style yang Klasik, Elegan, dan Mewah
Bagi kamu yang pengen punya rumah American Style, berikut inspirasinya!

Inspirasi rumah bergaya Amerika mencerminkan keragaman budaya dan sejarah arsitektur ala hunian Amerika Selatan. Dari rumah-rumah yang klasik hingga rumah bergaya Victoria penuh dengan ornamen banyak diminati oleh penghuni rumah untuk menciptakan citra unik ala kehidupan Amerika. Gaya-gaya ini tidak hanya mencerminkan warisan sejarah, namun juga memadukan sentuhan modern untuk menciptakan sebuah hunian yang nyaman dan fungsional. 

Beberapa ciri khas dari inspirasi rumah American Style melibatkan pemakaian bahan-bahan tradisional seperti kayu, batu bata, dan batu. Dengan memiliki desain atap yang cukup beragam mulai dari atap tumpang tindih hingga atap dengan pitch tinggi berfungsi untuk menambahkan karakteristik yang unik. Ruangan di dalam rumah American Style seringkali didesain dengan konsep terbuka yang luas sehingga menciptakan suasana hangat dan ramah.

Interior rumah american style seringkali menggunakan detail ornamen yang kuat dengan untuk menggambarkan keindahan yang autentik. Jendela-jendela besar, teras berukuran luas dan dekorasi artistik pada eksterior rumah menjadi daya tarik visual yang kuat. Kamu tertarik untuk menerapkan hunian ala American style? Berikut ini telah kami rangkumkan sejumlah inspirasinya. Yuk, cari yang sesuai dengan preferensimu!

 

1 dari 9 halaman

Rumah American Style Bernuansa Klasik Sederhana

Rumah American Style © Diadona

Inspirasi rumah american style yang pertama dengan model klasik sederhana dan menggabungkan karakteristik tradisional Amerika. Desain rumah tersebut mengedepankan bentuk yang minimalis dan fungsional. Ciri khas rumah tersebut menggunakan atap tumpang tindih untuk menciptakan sentuhan yang tradisional dengan pilihan dekorasi rumah bernuansa putih atau beige.

Jendela berukuran besar seringkali digunakan untuk memberikan aliran cahaya alami masuk ke dalam rumah. Pilih jendela dengan warna putih netral agar menciptakan sentuhan yang modern dan kontras dengan desain eksterior rumah.

 

2 dari 9 halaman

Rumah American Style Bergaya Cottage

Rumah American Style © Diadona

Rumah american style bergaya cottage memadukan daya tarik ala pedesaan dengan elemen arsitektur Amerika. Gaya rumah ini menekankan kenyamanan, kehangatan dan keindahan yang sederhana, cocok untuk penghuni yang ingin memiliki hunian ala pedesaan.

Desain cottage biasanya memiliki skala ukuran rumah yang kecil untuk menciptakan kesan yang intim dan nyaman. Terkadang penggunaan atap gable tumpang tindih dengan dormer atau bahan alami juga dipakai untuk menambahkan sentuhan arsitektur yang menarik.

3 dari 9 halaman

Rumah American Style Ala Victorian

Rumah American Style © Diadona

Jika kamu ingin menghadirkan hunian dengan keanggunan, inovasi arsitektur dan menambah unsur sejarah, maka Rumah American Style Ala Victorian dapat menjadi jawabannya. Ciri khas rumah Victorian Amerika melibatkan atap tumpang tindih yang tinggi dengan mansard roof, jendela berlapis dengan susunan yang elaboratif, dan fasad yang didekorasi dengan trim kayu rumit.

Pilih furnitur rumah yang selaras, seperti pintu masuk yang dihiasi panel kayu atau penggunaan desain kaca artistik pada pintu dan jendela.

4 dari 9 halaman

Rumah American Style Bergaya Little Castil

Rumah American Style © Diadona

Rumah american style bergaya colonial mencerminkan unsur sejarah kastil yang kuat. Dekorasi rumah tersebut memiliki keanggunan sederhana yang menghormati tradisi arsitektur Eropa. Ciri utama dari rumah Colonial adalah atap yang terbuat dari kayu dengan kemiringan moderat.

Beberapa rumah Colonial dilengkapi dengan fasad rumah bata merah dengan jendela yang yang ditempatkan secara simetris di sekitar pintu masuk. Kamu dapat melengkapi area pintu masuk dengan tangga berbahan kayu untuk menciptakan kesan autentik yang kuat. 

 

5 dari 9 halaman

Rumah American Style Bergaya Cape Cod

Rumah American Style © Diadona

Rumah american style berikutnya adalah bergaya Cape Cod yang cukup ikonik digunakan pada arsitektur Amerika dengan menggambarkan kehangatan dan kesederhanaan. Ciri khas utama rumah ini terdapat pada atap dengan pitch yang tinggi sehingga memiliki kemiringan curam.

Atap ini seringkali memiliki dormer kecil untuk memberikan cahaya tambahan dan karakter visual. Pintu masuk seringkali berada di tengah rumah dengan jendela di kedua sisinya yang tersusun secara sistematis. Jika terdapat lahan kosong, kamu dapat memanfaatkan penerapan teras kecil di depan rumah.

 

6 dari 9 halaman

Rumah American Style Mid Century Modern

Rumah American Style © Diadona

Apakah kamu mendambakan hunian ala Amerika yang modern futuristik? Rumah American Style Mid Century Modern tentu menjadi pilihan tepat. Desain rumah mid century seringkali memakai penggunaan kaca atau jendela besar untuk memaksimalkan masuknya cahaya alami keluar masuk ruangan.

Pergola atau atap datar melebar seringkali digunakan untuk menciptakan hunian dengan ruang terbuka. Jika kamu memiliki lahan hunian yang luas, cobalah untuk memanfaatkan teras untuk menciptakan kesan alami yang rindang di sekitar rumah.

 

7 dari 9 halaman

Rumah American Style Ala Georgian

Rumah American Style © Diadona

Rumah american style ala georgian sangat cocok untuk diterapkan jika kamu ingin menghadirkan nuansa mewah nan berkelas pada rumah. Cobalah memakai penggunaan bahan-bahan dengan kualitas tinggi seperti batu bata merah atau batu alam yang menciptakan tampilan kuat dan tahan lama. Rumah tersebut memiliki ciri khas jendela yang ditempatkan secara sistematis di kedua sisi pintu masuk dengan penerapan fasad yang simetris. Gunakan elemen interior dengan palet warna klasik seperti putih, coklat seperti warna kayu atau abu-abu agar menciptakan kombinasi yang serasi.

 

8 dari 9 halaman

Rumah American Style Bergaya Craftsman

Rumah American Style © Diadona

Rumah American style bergaya craftsman sangat populer diterapkan pada hunian Amerika Utara di abad ke-19. Rumah tersebut menonjolkan penggunaan bahan-bahan alami seperti batu bata, kayu, dan batu alam. Berbeda dengan rumah American style lainnya, rumah craftsman melakukan pemasangan atap yang lebih rendah dan jendela yang terpasang secara horizontal. Untuk menciptakan kesan craftsman yang kuat, biasanya penghuni rumah menerapkan pintu depan dengan detail ornamen seperti panel kayu.

 

9 dari 9 halaman

Rumah American Style Bernuansa Ranch Style

Rumah American Style © Diadona

Inspirasi rumah American style yang terakhir adalah bergaya Ranch Style. Rumah ini mulai populer diterapkan pada hunian Amerika Serikat pada pertengahan abad ke-20. Rumah ranch style seringkali memiliki tata letak satu lantai tanpa tangga untuk menciptakan ruang terbuka yang mudah diakses.

Ciri khas rumah ini biasanya terdapat pada area atap yang rendah dengan sentuhan garis-garis bersih. Jendela berukuran besar seringkali membentang sepanjang dinding untuk memaksimalkan konsep terbuka dengan memanfaatkan cahaya alami. 

Itulah sejumlah inspirasi rumah American Style yang dapat dijadikan referensi menarik untuk menciptakan hunian ala Barat. Bagaimana Diazen, sangat terlihat menarik dan autentik bukan?

 

Editor: An Nisa Maulidiyah

 

 

Beri Komentar