Cara Menanam Pepaya California dari Biji Agar Cepat Berbuah

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 23 September 2020 19:52
Cara Menanam Pepaya California dari Biji Agar Cepat Berbuah
Meski mudah tumbuh, namun cara menanam pepaya dari biji membutuhkan perhatian dan langkah-langkah yang tepat.

Banyak orang mengira kalau cara menanam pepaya sangatlah mudah karena cenderung mudah tumbuh. Memang benar, dengan media tanah berhumus campur pasir, drainase yang baik dan sinar matahari yang cukup, maka pepaya dijamin bisa tumbuh dengan subur.

Kecuali kamu menggunakan cara menanam pepaya dengan tunas langsung, menanam pepaya dengan biji harus melalui proses yang panjang. Tapi, termasuk mudah bila kamu memperhatikan setiap langkahnya.

Tertarik mencoba?

1 dari 3 halaman

Cara Menanam Pepaya California

Cara Menanam Pepaya © Diadona

Pepaya california ini adalah salah satu jenis yang paling favorit dan mulai banyak ditanam oleh petani. Alasannya, pepaya california bisa mendatangkan keutungan yang melipah. Buahnya nggak terlalu besar, berkulit hijau tebal dan mulus, lonjong, dengan bdaging buah berwarna kuning, manis dan tebal.

Dikutip dari laman Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan kota Pontianak, cara menanam pepaya california bisa kamu lakukan melalui langkah-langkah berikut ini:

Penyemaian Bibit

Benih tanaman pepaya didaptkan dari biji yang diambil dari buah yang udah matang dan sehat. Caranya? Dengan memotong 1/3 bagian buah pangkal dan mengambil biji dari 2/3 dari buah di bagian ujung untuk dijadikan benih.

Persiapan dan Pengolahan Lahan

Cara menanam pepaya selanjutnya yakni dengan mempersiapkan lahan biar sesuai dengan pertumbuhan tanaman pepaya. Caranya dengan membersihkan lahan dari gulma serta menyiapkan drainase dengan baik.

Membuat Bedengan

Bedengan dibuat menyesuaikan kondisi lahan, misalnya lebar 1 - 1.5 meter dengan jarak antar bede 1 m dan arah bedengan disesuaikan dengan aliran air. Nah, cara menanam pepaya dilakukan dengan membuat lubang tanam di tengah bedengan, di mana jarak antara libang sekitar 2.5 - 2.75

Menanam

Cara menanam pepaya california bisa dilakukan dengan dua cara, yakni dengan benih yang udah ditanam atau menggunakan bibit. Benih langsung ditanama sebanyak 2-3 biji per lubang tanam. Sedangkan bila menggunakan bibit, maka dilakukan pemindahan bibit berumur 1-1,5 bulan dari polybag.

Cara menanam pepaya dilakukan di malam hari dan disarankan menanam dua bibit sekaligus. Kenapa? Sebagai cadangan kalau bibit mati atau mengganti bbit yang tidak sukses.

 

2 dari 3 halaman

Cara Menanam Pepaya © Diadona

Pemberian Pupuk

Pupuk yang digunakan sebagai cara menanamp pupuk yaitu abu bekas bakaran kayu sawmil. Pupuk ini ditaburkan 3 - 4 hari sebelum menanam. Sedangkan pupuk susulan berupa NPK diberikan sebanyak 100kg/Ha.

Pemeliharaan

Meliputi memberikan pupuk, menyiangi gulma, dan pembumbunan untuk mengubur batang yang udah tinggi biar nggak mudah roboh.

Panen

Pepaya bisa dipanen setelah berumur 8-9 bulan setelah buah terlihat matang, yakni memiliki semburat kuning kemerahan sekitar 25 persen pada kulit buah di bagian ujung. Pemanenan dilakukan dengan cara emotong tangkai buah dengan pisau. Usahakan agat buah nggak luka atau bonyok dan juga jatuh. Kalau sudah tinggi, buah dipetik dengan menaiki tangga.

3 dari 3 halaman

Cara Menanam Pepaya California dari Biji

 

Cara menanam pepaya dilakukan secara generatif dengan biji. Kayak yang udah Diadona jelaskan, caranya yakni dengan mengambil biji pada buah yang sudah matang. Ets, tapi ada berbagai hal yang musti diperhatikan lho!

Dikutip dari Andrafarm, menanam pepaya melalui bijinya harus mengikuti tahap-tahap berikut:

Perendaman Biji Pepaya

  • Biji pepaya direndam dengan air hangat (40-50 derajat celcius) selam kurang lebih 4 jam
  • Sebaiknya menggunakan air kemasan atau air matang
  • Biji yang mengapung sebaiknya direndam, sedangkan biji yang tenggekam baru digunakanBiji yang tenggelam diambil dengan saringan trus cuci dengan air bersih
  • Tiriskan biji trus biarkan di udara terbuka

Germinasi Benih

  • Pertama, siapkan tisu/kapas untuk wadah germinasi
  • Lembabkan dengan air sprayer halus
  • Sekali lagi, gunakan air matang yaituAmbil beberapa benih trus letakkan di atas wadah
  • Tutup dengan tissue yang udah dilembabkan
  • Masukkan ke kantong plastik trus tutup rapat
  • Kantong plastik diletakkan di tempat yang mendapatkan sinar matahari
  • Biji pepaya biasanya udah berkecambah setelah seminggu sampai dua minggu.
  • Kecambah yang sudah berukuran 1 - 2.5 sentimeter segera pindahkan ke media semai

Penyemaian Benih Pepaya

  • Wadah penyemaian bisa berupa tray, nampan atau kaleng bekasjangan lupa untuk memberikan lubang di bagian bawah untuk sirkulasi air
    isi media semai sekitar 3/4 nya sehari sebelum semai
  • Media semai terdiri dari tanah : pasir/sekam/ kompos dnegan perbandingan 1:1:1
  • Cara menanam pepaya selanjutnya dilakukan dengan memasukkan benih pepaya yang udah bertunas ke media semua. Letakkan di kedalam 1.1 - 2.4 cm
  • Ingat ya, sebagian tunasnya kudu muncul ke permukaan
  • Semprotkan air menggunakan sprayer
  • Media tanam harus diletakkan di bawah sinar matahai langsung
  • Perhatiakan media agar nggak terlalu kering atau basah
  • Kalau media kering, semprotkan air halus 1-2 kali sehari
  • Kalau tunas sudah punya 4-6 helai daun, bisa langsung dipindahkan ke tanah.

Cara menanam pepaya harus kamu ikuti sesuai dengan petunjuk biar berhasil. Kan sayang kalau bibit atau tunasnya mati di tengah proses.

Beri Komentar