17 Menu Sahur Anak Kos yang Praktis, Murah dan Penuh Gizi

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 1 April 2023 11:50
17 Menu Sahur Anak Kos yang Praktis, Murah dan Penuh Gizi
Ada dendeng, oatmeal, sereal, buat kamu yang bingung dengan menu sahur anak kos

Walaupun kamu sedang jadi anak kos, bukan berarti kamu harus makan menu sahur yang seadanya ya! Memang sih tinggal sendiri di perantauan membuat kita sering berada dalam kondisi yang sulit, terutama saat Ramadan.

Dimana sebelumnya kamu merasa aman karena ada yang menyiapkan menu sahur, namun kini kamu harus belajar mandiri. 

Dikutip dari Halodoc, berpuasa membuat kita hanya makan dua kali sehari. Saat itulah tubuh kemudian melakukan penyesuaian dengan pola makan baru tersebut. Makanya, dalam dua kali makan itu kiat harus mengonsumsi tetap sehat.

Tapi saat ngekos, tak sedikit halangan yang membuat kamu mau tak mau makan seadanya saja. Bisa karena keterbatasan uang makan, nggak ada peralatan memasak atau karena malas sebab harus sahur sendirian.

Eits tenang, jangan ambil pusing dan berkecil hati. Kamu tetap bisa kok menyiapkan sendiri menu sahur sederhana yang simpel dan pastinya bikin perut kenyang. Mau tahu gak kira-kira apa aja yang bisa kamu buat sendiri untuk makan sahur?

Yuk intip rangkuman menu sahur yang cocok untuk anak kos di bawah ini!

1 dari 6 halaman

Mie Instan, Makanan Khas Anak Kosan

Mie Instan, Menu Sahur Paling Gampang Buat Anak Kostan © Diadona

Ngomongin menu sahur untuk anak kos, makanan yang satu ini wajib ada! Selain super praktis, mie ini mempunyai beragam rasa yang bisa dipilih sesuka hati.

Mie instan memang enak, tapi jangan makan terlalu banyak ya! Selain itu jangan lupa lengkapi dengan asupan dengan sayur serta protein lainnya.

Nugget yang Murah dan Mudah dDimasak untuk Anak Kos

Nugget yang Mudah Dimasak oleh Anak Kos © Diadona

Nugget, olahan daging ayam yang satu ini bisa menjadi andalan menu makan sahur untuk kamu si anak kos. Cara masaknya yang sangat praktis, membuat kamu tidak perlu butuh waktu lama dalam menyajikannya.

Selain itu, nugget yang sekarang sudah memiliki berbagai macam rasa yang tentunya dapat membuat nafsu makan saat sahur kamu semakin bertambah.

Kalau kamu khawatir nugget yang kamu konsumsi sebagai menu sahur bisa berpengaruh pada kesehatan, kamu bisa membuat nugget sendiri di rumah dengan bahan yang terjamin keamanan dan kebersihannya. 

Sarden, Ikan Kaleng yang Enak dan Mudah Dibuat

Sarden, Ikan Kaleng yang Enak dan Mudah Dibuat © Diadona

Mau makan ikan tapi gak mau ribet masaknya. Eits tenang, sarden bisa menjadi solusi terbaik karena kamu tidak perlu ribet memasaknya. Hanya dengan bermodal rice cooker, kamu sudah bisa menyantap ikan sarden yang lezat.

Selain rasanya yang nikmat dan cara buatnya yang simpel, sarden juga mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh kamu dalam menjalankan ibadah puasa seharian.  

2 dari 6 halaman

Tempe Orek yang Enak dan Tahan Lama

Resep Tempe Orek Garing © Diadona

Akhir bulan dompet menipis. Menu sahur hemat yang satu ini adalah penyelamat untuk anak kos. Tempe orek, selain harganya yang murah dan cara buatnya yang praktis, tempe orek kaya akan protein yang pastinya baik untuk tubuh selama menjalankan puasa.

Disantap dengan nasi putih hangat yakin deh makan sahurmu yang terlihat sederhana ini tetap nikmat untuk disantap. 

Susu, Minuman Penuh Gizi untuk Sahur Anak Kos

Susu, Minuman Penuh Gizi untuk Sahur Anak Kos © Diadona

Sebagai anak kos, pasti kamu seringkali mengkonsumsi makanan yang praktis namun belum tentu mengandung gizi yang baik saat sahur. Untuk menyeimbangkannya, susu bisa menjadi pilihan sumber protein yang baik untuk tubuh.

Jadi ayo minum susu setelah kamu menyantap menu sahur, selain menyehatkan bisa membuat tubuhmu bertenaga dalam menjalankan puasa satu hari full. 

Buah-buahan dan Kurma

Kurma, Menu Ssahur dan Berbuka Anak Kos © Diadona

Menu sahur untuk anak kos lainnya yang bisa kamu konsumsi adalah buah-buahan dan kurma. Pilihlah jenis buah yang mengandung banyak air karena sangat baik untuk dikonsumsi saat sahur.

Kandungan serat yang tinggi pada buah juga baik untuk membantu memelihara pencernaan selama berpuasa. Selain itu, kurma juga termasuk pilihan buah yang cocok untuk disantap saat sahur. Kandungan gula dalam kurma sangat baik dalam menjaga kandungan gula dalam tubuh dan dapat membuat kenyang dalam waktu yang lebih lama. 

3 dari 6 halaman

Sosis dan Nugget

Sosis dan Nugget, Menu Sahur Anak Kos yang Gampang Dibuat. © Diadona

Sosis dan nugget bisa banget menjadi andalan sahur buat kamu anak kos yang gak mau ribet. Olahan daging yang satu ini emang selalu menjadi favorit karena cara buatnya yang sangat mudah dengan hanya menggorengnya.

Eits, tapi kamu jangan sering-sering untuk dijadikan santapan sahur ya. Kalau bisa imbangi dengan makan sayur dan buah-buah agar tubuhmu tetap sehat. 

Dendeng Balado yang Lezat

Dendeng Balado yang Lezat © Diadona

Menu makan sahur yang satu ini biasanya menjadi andalan anak rantau dari tanah Sumatra. Selain rendang, dendeng bisa menjadi pilihan andalan yang bisa kamu coba untuk menjadi menu makan sahur loh.

Olahan daging sapi yang diiris tipis dan lebar kemudian dikeringkan atau digoreng ini jika disantap dengan nasi hangat, rasanya nikmat banget. Walaupun harga daging sapi agak pricey, tapi dendeng cukup worth it karena bisa disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Abon Sapi, Lauk Penglaris Nasi

Abon Sapi untuk Anak Kos © Diadona

Abon menjadi salah satu menu sahur ala anak kos yang paling murah dan mudah untuk disajikan. Abon yang sangat praktis dan dapat disimpan untuk waktu yang lama, membuatnya sangat cocok dijadikan sebagai salah satu menu praktis untuk sahur para anak kos.

Kamu bisa langsung menyantapnya dengan nasi hangat, atau mungkin dengan roti tawar juga nikmat.

4 dari 6 halaman

Oatmeal

Oatmeal Instan © Diadona

Makanan berbahan gandum bisa menjadi andalan kamu sebagai anak kos dalam menjaga kebugaran tubuh kamu selama berpuasa seharian. Cara buatnya yang praktis dan juga bergizi, kandungan karbohidrat kompleks pada oatmeal membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Oatmeal memang terasa hambar, namun kamu bisa mencampurkannya dengan buah-buahan dan madu agar semakin nikmat dan sehat. 

Sereal

Sereal untuk Sahur Anak Kos © Diadona

Kamu telat bangun sahur? Tenang jangan panik. Salah satu menu sahur yang menjadi favorit anak kos dan bisa kamu coba ialah sereal.

Cara penyajiannya sangat mudah dan tidak butuh waktu lama. Sehingga kamu dapat menghemat waktu jika telat bangun saat sahur dan tidak sempat membuat makanan lainnya. 

Oat dan Pisang

Oat dan Pisang untuk Menu Sahur Anak Kos © Diadona

Mau makan sehat pas sahur tapi gak mau ribet? Menu yang satu ini cocok banget karena kamu gak perlu waktu lama dalam membuatnya dan pastinya sehat banget.

Oat dan pisang, dua perpaduan yang baik dan dapat diandalkan buat kamu si anak kos. Kandungan baik dalam oat dan buah pisang bisa membantumu menjadi tenaga serta gula darah selama seharian penuh berpuasa.

5 dari 6 halaman

 Martabak Mie

 Martabak Mie yang Lezat dan Mengenyangkan © Diadona

Mi instan selalu menjadi penolong anak kos di berbagai situasi seperti saat sahur. Tapi apakah kamu tidak bosan dengan menyantapnya dengan cara yang itu-itu saja.

Yuk coba buat kreasi martabak mie dengan campuran telur ayam, atau kamu juga bisa menambahkan pelengkap seperti sayuran, bakso atau bahkan sosis. Yakin deh kamu makanmu jadi tambah lahap dan pastinya lebih sehat, namun tetap praktis.

Oat dan Kurma

Oat dan Kurma © Diadona

Oat dapat bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol serta menjaga kadar gula darah dalam kondisi normal. Sedangkan kurma memiliki kandungan glukosa yang baik sebagai cadangan energi saat akan menjalankan berpuasa.

Perpaduan dari dua bahan makanan ini sangat cocok menjadi pilihan menu makan sahur buat kamu si anak kos, karena cara buatnya yang simpel dan pastinya bisa membuat kamu kenyang lebih lama. 

Roti Bakar

Roti Bakar untuk Sahur Anak Kos © Diadona 

Selain nasi, kamu juga bisa banget loh menjadikan roti bakar sebagai menu sahur. Sama-sama mengandung karbohidrat, roti juga cocok dijadikan pengganti nasi buat anak kos terutama saat kamu bangun telat.

Tapi ingat, jangan mengkonsumsi roti terlalu banyak. Sebetulnya mengkonsumsi roti tidak disarankan saat sahur, karena akan menyebabkan kadar gula darah naik dan membuat kita lebih cepat lapar. 

6 dari 6 halaman

Bubur instan

Bubur Instan untuk Sahur Anak Kost © Diadona

Ini dia pilihan lain untuk mengkonsumsi makan siap saji untuk anak kos saat sahur selain mie instan. Dibandingkan mie instan, bubur instan dinilai lebih mudah dicerna dan lebih sehat untuk disantap.

Dikombinasikan dengan bahan makanan sumber protein lainnya seperti telur dan sayuran, membuat santapan sahur mu semakin sehat karena gizinya lebih lengkap. 

Pasta Instan

Pasta instan untuk Sahur © Diadona

Masih seputar makanan siap saji alias instan. Salah satu menu sahur buat kamu si anak kos yang mudah banget untuk dibuatnya adalah pasta instan.

Harganya yang cukup terjangkau dan mudah untuk dicari, makanan yang satu ini bisa kamu jadikan referensi selain mie instan. Rasanya yang lezat dan pastinya bisa buat kamu tahan kenyang lebih lama. 

Di antara 17 daftar menu sahur untuk anak kos di atas, mana yang menarik untukmu? Atau kamu punya rekomendasi menu sahur untuk anak kos lainnya yang bisa kamu share untuk teman-teman seperjuangan di perantauan? Share di kolom komentar ya!

Editor : Husnul Khotimah

Beri Komentar