11 Tips Membuat Puding Agar Lembut, Enak dan Sederhana

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 2 Mei 2023 19:29
11 Tips Membuat Puding Agar Lembut, Enak dan Sederhana
mulai dari menggunakan air susu, tambahkan dnegan kuning telur, roti tawar dan banyak lainnya sebagai tips membuat puding agar lembut

Puding adalah satu sajian yang paling gampang dibikin, tapi pastikan kamu tahu gimana tips membuat puding agar lembut. Sebab kelembutan puding merupakan salah satu penentu kualitas dari makanan ini.

Bila tak dimasak dengan benar, puding bisa jadi terlalu lembek dan cepat berair. Puding yang berair memang nggak akan mengubah rasa, tapi bisa mempengaruhi tekstur dan juga penampilan. Puding yang enak biasanya ditandai dengan rasanya yang enak, memiliki tekstur yang lembut namun juga kokoh.

Nah, kali ini Diadona punya tips membuat puding agar lembut buat Diazens. Yuk, kepoin tipsnya di bawah!



 

1 dari 5 halaman

Tips Membuat Puding Agar Lembut © Diadona

Ditambah dengan Roti Tawar

Tips membuat puding lembut yang pertama yakni dengan menambahkan roti tawar pada adonan puding.  Kamu hanya perlu memblender roti tawar dengan air sampai benar-benar halus. Setelah itu, tinggal dicampur ke dalam adonan puding, deh.

Tambahkan Kuning Telur

Diazens pasti sering menemukan resep puding yang menggunakan kuning telur, kan? Ternyata, menambahkan kuning telur bisa bikin tekstur puding jadi lembut, lho! Ini disebabkan karena kandungan lemak yang tinggi pada kuning telur.

Tapi, menambahkan kuning telur ke dalam adonan puding agar puding jadi lembut nggak bisa sembarangan ya, Diazens.

Pertama-tama, kocok telur sampai rata dan masak puding sampai benar-benar mendidih. Selanjutnya, matikan api kompor dan tuang 1 sendok sayur adonan puding ke dalam telur, lalu aduk cepat. Tuang 1 sendok adonan puding lagi lalu aduk terus sampai mangkuk terasa panas.

Kemudian, tuang ke dalam adonan puding yang ada di panci. Nyalakan api dan aduk terus sampai mendidih. Kalau pakai cara ini dijamin berhasil deh, asalkan berhati-hati dalam proses penambahannya. 

Campur Bubuk Agar-Agar dan Jelly

Melalui video di akun TikTok yang diunggahnya, @mari.eattt membagikan tips membuat puding agar lembut yakni dengan mencampur bubuk agar-agar dan jelly. Mencampurkan bubuk agar-agar dan jelly bisa mempengaruhi hasil akhir puding, lho!

Kalau kamu hanya menggunakan jelly, tekstur puding jadi terlalu kenyal. Sementara kalau hanya menggunakan agar-agar, tekstur puding jadi terlalu padat. Nah, biar hasilnya pas kamu bisa pakai perbandingan 1:1 untuk keduanya.

@mari.eattt tips rahasia buat puding coklat super lembut plus vla vanilla nya !🤤 #JajananTikTok #fypシ ♬ LULLABY WALTZ - Marcel Coulomb

2 dari 5 halaman

Tips Membuat Puding Agar Lembut © Diadona

Tambahkan Tepung Maizena

Selain mencampur bubuk agar-agar dan jelly, menambahkan tepung maizena juga bisa bikin tekstur puding jadi halus. Dikutip dari Fimela, nggak cuma bikin tekstur puding lebih halus, tepung maizena juga bisa bikin adonan puding jadi lebih kental dan memiliki tekstur yang lembut.

Tips satu ini pasti bikin hasil puding buatan kamu jadi selembut sutra.

Ganti Air dengan Susu

Diazens, kamu pasti menggunakan air untuk melarutkan bubuk puding? Mulai sekarang coba ganti air dengan susu, deh.

Menambahkan susu pada adonan puding bisa bikin teksturnya jadi silky, lho! Nggak cuma itu, susu juga bisa memberi rasa manis yang pas. Kamu cuma perlu mengganti takaran air yang tertera di bungkus puding dengan susu. Mudah, kan?

3 dari 5 halaman

Tips Membuat Puding Agar Lembut - Aduk Terus Selama Dimasak © Diadona

Bila Menggunakan Santan, Masak Puding dengan Api Sedang

Beberapa puding menggunakan santan sebagai campuran agar rasanya lebih gurih. Selain itu santan juga membuat puding jadi lebih lembut karena kandungan lemaknya.

Kalau kamu ingin menggunakan santan sebagai campuran puding, masak puding dengan api sedang, ya! Kalau dimasak dengan api besar, nantinya santan jadi mudah pecah dan merusak rasa puding.

Aduk Terus Selama Dimasak

Ini nih tips paling penting ketika membuat puding. Jangan lupa untuk terus mengaduk adonan puding ya, Diazens!

Aduk perlahan secara berkala agar puding nggak menggumpal dan gosong. Pastikan adonan puding yang kamu buat nggak ada yang menggumpal ya agar hasil akhirnya jadi lembut.

4 dari 5 halaman

Tips Membuat Puding Lembut - Masak dengan Api Kecil © Diadona

Masak Puding dengan Api Kecil

Untuk mendapatkan tekstur puding yang lembut, masak puding dengan api kecil. Kamu bisa memasak puding dengan api sedang sampai berbuih, setelah itu lanjutkan dengan api kecil.

Adonan puding hanya perlu diaduk selama dua menit lalu matikan api kompor. Terlalu lama memasak puding di atas api bisa bikin puding gosong dan berkerak, lho!

Ambil dan Buang Buih yang ada di Puding

Setelah adonan puding matang, waktunya lanjut ke tahap pencetakan. Eits, sebelum itu ambil dan buang buih ketika hendak menuang adonan ke cetakan. Buih yang ada pada puding inilah yang merusak tampilan puding dan bikin tekstur puding jadi nggak lembut

5 dari 5 halaman

Tips Membuat Puding Lembut - Jangan Simpan Puding di Freezer © Diadona

Saring Puding Sebelum Dicetak

Setelah adonan puding matang, jangan buru-buru dituang ke dalam cetakan. Nggak cuma membuang buih yang ada di puding, kamu juga perlu untuk menyaring adonan puding. Tujuannya agar puding nggak menggumpal dan tekstur puding tetap lembut.

Jangan Simpan Puding di Freezer

Kalau puding sudah dicetak, langkah terakhir adalah menyimpan puding. Dikutip dari Brilio Food, kamu bisa menyimpan puding di dalam kulkas, tapi jangan ditaruh pada bagian freezer ya, Diazens.

Tujuannya agar puding yang kamu buat teksturnya tetap lembut dan warnanya tetap cantik.Sebab suhu yang terlalu dingin akan membuat kandungan air dalam puding jadi seperti es. 

Tips membuat puding lembut di atas mana nih yang udah kamu praktikkan?

Editor : Shellta Zanneti Mallarangi

Baca Juga: 11 Resep Puding Roti Tawar Panggang dan Kukus, Dessert Lembut yang Gampang Dibuat 20 Cara Membuat Puding Oreo Simple yang Lumer dan Mudah! 5 Cara Membuat Puding Susu Lembut Enak Aneka Rasa 9 Resep Puding Labu Kuning, Camilan Sehat, Lezat dan Gampang Dibuat 6 Resep Puding Sutra Buah Super Lembut, Sederhana dan Segar

Beri Komentar