7 Cara Membuat Bubur Ayam ala Rumahan Tanpa Ribet dari Berbagai Resep Pilihan, Pasti Enak

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Kamis, 14 Oktober 2021 17:48
7 Cara Membuat Bubur Ayam ala Rumahan Tanpa Ribet dari Berbagai Resep Pilihan, Pasti Enak
Cara membuat bubur ayam hanya sedikit repot di bagian bahan pelengkapnya saja. Tapi worthy banget dengan rasanya yang enak dan bernutrisi

Cara membuat bubur ayam memang cukup ribet. Bukan pada bagian buburnya, namun pada menu lainnya seperti ayam, kuah kuning, cakwe dan lainnya. Meski demikian, nggak ada salahnya kamu tau gimana cara membuat bubur ayam lho. Sajian ini nggak hanya cocok untuk jadi menu sarapan, tapi bisa sebagai menu alternatif saat kamu sedang tak enak badan atau sakit gigi dan butuh makanan bertektur lunak namun bernutrisi.

Bubur ayam sebenarnya merupakan kuliner China. Namun dalam perjalanannya, bubur ayam beradaptasi dengan lidah masyarakat di berbagai daerah. Makanya, hampir setiap daerah di Indonesia resepnya sendiri. Misalnya, bubur ayam Jakarta, bubur ayam Bandung, ataupun bubur ayam China dan Taiwan sebagai kampung halaman dari bubur ayam itu sendiri.

Ada bubur ayam dengan kuah atau tanpa penambahan kuah karena bagian buburnya telah gurih dan dibumbui sendiri. Rasanya ringan dan sederhana cocok dengan selera banyak orang.Bila kamu mengetikkan di mesin pencarian, kamu akan menemukan ribuan resep dan cara membuat bubur ayam yang bikin kamu bingung : mana yang beneran enak nih? Diadona bantu deh dengan menampilkan resep dan cara membuat bubur ayam dari sumber pilihan.

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Bubur Ayam ala Chef Rudy

Cara Membuat Bubur AyamCara Membuat Bubur Ayam © 2021 widiynews.com

Ask the expert, simak yuk cara membuat bubur ayam dari chef Rudy berikut.

Bahan 1:

  • 250 g nasi putih
  • 1.500 ml air

Bahan 2:

  • 1/2 ekor (400 gram) ayam kampung, bagian paha.
  • 2 siung bawang putih halus
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1 sdt ladaku merica bubuk
  • 2 sdm kecap asin light
  • 1 sdm minyak wijen

Bahan 3:

  • 1 sdm minyak wijen
  • 150 g Cheese Stik siap pakai
  • 3 buah cakwe, rajang
  • 3 batang daun bawang, rajang halus bagian hijau
  • 4 sdm bawang goreng
  • kecap asin light secukupnya

Cara membuat bubur ayam

  • Pertama, larutkan bumbu bahan 2 ke dalam wadah.
  • Lumuri ayam dengan semua bahan 2 hingga rata dalam mangkok tahan panas.
  • Selanjutnya, kukus hingga ayam empuk selama 30 menit, lalu angkat. Jangan buang kuah kukusan ayam dalam cara membuat bubur ayam.
  • Potong dadu daging ayam, sisihkan.
  • Lalu rebus semua bahan 1 dengan api sedang, aduk sesekali hingga hampir menjadi bubur.
  • Saring kuah kukusan ayam ke dalam wadah, ambil satu sendok sayur kuah untuk penyajian.
  • Saat bubur cukup halus, tuang kuah yang sudah disaring, masak hingga bubur mengental sesuai dengan kekentalan yang diinginkan.
  • Masukkan minyak wijen ke dalam bubur, aduk hingga rata.
  • Masukkan setengah bagian daging ayam ke dalam bubur, masak sesaat. Matikan api.
  • Untuk penyajian, masukkan bubur ke dalam mangkok, siram dengan kuah kaldu, taburkan potongan cakwe, cheese stik, daging ayam, daun bawang, bawang goreng dan kecap asin sesuai selera.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Bubur Ayam ala Willgoz

Cara Membuat Bubur AyamCara Membuat Bubur Ayam © 2021 Youtube.com/Willgoz Kitchen

Di kanal Youtube miliknya, Willgoz membagikan cara membaut bubur ayam Chinnese yang khas dengan kandungan kuah sedikit. Meski demikian, rasanya tetap gurih dan nikmat.

Bahan minyak bawang

  • 10 siung bawang putih
  • 5 sendok makan minyak goreng
  • 5 sendok makan minyak wijen

Bahan bubur :

  • 300 gram beras
  • 2 liter air
  • 2 sendok makan minyak bawang
  • 1 sendok teh lada
  • 2 iris jahe
  • 1 sendok makan chicken powder
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula
  • 2 sendok makan kecap asin

Bahan ayam kukus :

  • 3 ayam paha (tanpa tulang)
  • 5 sendok makan minyak wijen
  • 1 sendok teh jahe parut halus
  • 2 sendok makan minyak bawang
  • 3 sendok makan kecap asin
  • 1/2 sendok teh lada
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan pelengkap :

  • Cakwe
  • Daun ketumbar
  • Selada keriting
  • Bawang goreng

Cara Membuat Bubur Ayam

  • Pertama, buat minyak bawang putihnya dulu dengan mencincang bawang putih hingga halus. Kemudian panaskan minyak goreng dan minyak wijen secukupnya pada wajan.
  • Selanjutnyam masukkan bwang putih yang udah dicincang dan masak sampai kecoklatan.
  • Lalu masak nasi hingga menjadi bubur. Caranya, masukkan 300 gram beras ke wajan dan tuang 2 liter air di dalamnya. Tambahkan chicken powder, gula, lada, serta garam satu per satu.
  • Masukkan minyak bawang putih da jahe sebagai penambah aroma.
  • Untuk memasak ayam, cuci dulu dagingnya sampai bersih lalu marinasi daging ayam dengan parutan jahe, kecap asin, lada bubuk, dan minyak wijen dalam sebuah wadah lalu marinasi selama 30 menit di lemari pendingin.
  • Setelah dingin, tambahkan daging dengan minyak bawang. Tutupi seluruhnya dengan alumunium foil. Kukus selama kurang lebih 12 menit.
  • Sebagai penyelesaian, tuang bubur ke mangkuk, trus potong daging ayam dan tambahkan sebagai topping. Masukkan juga kacang goreng, potongan cakwe daun ketumbar dan lainnya.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Bubur Ayam Bandung

Cara Membuat Bubur AyamCara Membuat Bubur Ayam © 2021 shutterstock.com

Bubur ayam ini punya khas berupa kuah kuning dan bubur yang kental. Kombinasi kedua bahan tersebut menghasilkan rasa yang creamy dan juga gurih. Ada suwiran ayam lengkap dengan kacang kedelai gorengnya. Yummy banget!

Bahan:

  • 100 gram beras
  • 1,5 liter air
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sendok teh garam halus

Bahan Kuah:

  • 65 ml santan
  • 2 gelas air matang
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus:

  • 1 butir kemiri
  • 4 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1 ruas kunyit

Pelengkap:

  • 200 gram ayam
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 batang daun seledri, iris halus
  • bawang goreng secukupnya
  • kacang kedelai goreng secukupnya

Sambal:

  • 6-7 buah cabai rawit, rebus dan haluskan

Cara Membuat Bubur Ayam Bandung:

  • Cuci bersih beras, lalu masak dengan air, daun salam, dan sedikit garam hingga lunak dan air menyusut. Lama waktu memasak kira-kira satu jam. Segera angkat dari kompor jika sudah matang.
  • Sambil menunggu bubur masak, cuci bersih ayam. Rebus hingga matang, kemudian tiriskan.
  • Goreng ayam hingga permukaannya kering, kemudian suwir-suwir.
    Panaskan sedikit minyak goreng, kemudian tumis bumbu halus bersama daun jeruk, salam, serai, dan lengkuas.
  • Jika bumbu sudah harum, masukkan santan dan air. Masak hingga mendidih.
  • Sajikan bubur ayam hangat di mangkuk. Sajikan bersama kuah dan pelengkap-pelengkapnya.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Bubur Ayam China

Cara Membuat Bubur AyamCara Membuat Bubur Ayam © 2021 366coffee.com

Dibandingkan dengan jenis bubur ayam yang lain, bubur ayam China punya topping yang lebih sederhana. Cocok banget buat kamu yang pengen menikmati lezatnya bubur ayam tanpa ribet.

Bahan:

  • 200 gram beras
  • 150 gram fillet ayam
  • 2.000 ml kaldu ayam
  • 1/2 sendok teh kecap asin
  • garam secukupnya

Pelengkap:

  • 2 batang seledri
  • 2 buah cakue
  • 2 sendok teh tongcai
  • kecap asin secukupnya
  • cabai rawit secukupnya

Cara Membuat Bubur Ayam China:

  • Cincang fillet ayam, kemudian bumbui dengan sedikit kecap asin. Sisihkan.
  • Cuci beras hingga airnya cukup bening, kemudian tiriskan.
  • Masukkan ke dalam panci besar, kemudian tuangi kaldu ayam.
  • Masak hingga mendidih dan mengental. Aduk sesekali agar tidak lengket di dasar panci. Jika air menyusut terlalu banyak sementara beras belum lunak, boleh ditambahkan air lagi.
  • Masukkan daging ayam cincang ke dalam bubur, kemudian masak hingga matang. Setelah bubur matang dan pas kekentalannya, bumbui dengan garam sesuai selera.
  • Tuangkan bubur ke dalam mangkuk. Taburi dengan cakue yang sudah diiris tipis, seledri yang sudah diiris halus, da tongcai.
  • Hidangkan bubur dengan sambal yang terbuat dari kecap asin dan potongan cabai rawit.

 

 

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Bubur Ayam Polos

Cara Membuat Bubur AyamCara Membuat Bubur Ayam © 2021 shutterstock.com/jreika

Bubur ayam polos ini punya cita rasa gurih walaupun tanpa topping. Ini berkat penambahakan kaldu dalam proses dan cara membuat bubur ayam. Hanay dengan tiga bahan sederhana, kamu sudah bisa menyantap bubur ayam berikut.

Bahan (untuk 2-4 porsi):

  • 2000 ml kaldu ayam kampung
  • 200 gram beras
  • garam secukupnya

Cara Membuat Bubur Ayam Polos:

  • Cuci beras hingga airnya cukup bening, kemudian tiriskan.
  • Masukkan ke dalam panci besar, lalu tuangi kaldu ayam.
  • Masak bubur hingga mendidih dan mengental. Aduk sesekali agar tidak lengket di dasar panci.
  • Kamu boleh menambahkan air lagi bila air menyusut terlalu banyak sementara beras belum lunak.
  • Sajikan bubur nasi selagi hangat.

Jadi, cara membuat bubur ayam yang mana nih yang akan kamu coba?

Beri Komentar