7 Tips Memasak Kerang Kupas, Anti Bau Amis dan Empuknya Pas

Reporter : Arifina
Selasa, 23 Januari 2024 19:50
7 Tips Memasak Kerang Kupas, Anti Bau Amis dan Empuknya Pas
Begini nih tipsnya biar kerang kupas yang dimasak tak bau amis lagi!

Tips memasak kerang kupas kiranya perlu menjadi perhatian untuk mengolah makanan seafood satu ini. Kerang kupas bisa dijadikan berbagai menu masakan yang lezat, karenanya menjadi salah satu masakan favorit masyarakat Tanah Air.

Di antara menu masakan dari olahan kerang kupas ini adalah, oseng kerang kupas, tumis kerang kupas pedas, kerang kupas saus padang, kerang kupas kecap dan masih banyak lainnya. Namun, mengolah berbagai masakan dengan bahan utama kerang kupas memang cukup tricky.

Jika kamu salah dalam pengolahannya, hasil masakan yang dibuat akan terasa kurang lezat dan bau amis. Nah, agar masakan kerang kupas terasa enak dan tidak bau amis, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Apa saja? Simak yang berikut!

1 dari 7 halaman

Pilih Kerang Kupas yang Segar

Tips Memasak Kerang Kupas © Diadona

Memilih bahan baku yang segar adalah kunci utama dalam memasak hidangan seafood. Termasuk, saat kamu ingin memasak olahan kerang kupas nih!

Pilihlah kerang kupas yang masih segar dan berkualitas. Hal itu bisa dilihat dari kerang kupas yang memiliki cangkang tertutup rapat dan bersih dari kerak atau kotoran.

Kerang kupas yang segar memiliki tekstur daging yang tebal dan tidak kenyal. Hindari kerang yang sudah terbuka, karena ini bisa menjadi tanda kerang sudah mati dan tidak layak dikonsumsi.

2 dari 7 halaman

Cuci Bersih Kerang dengan Baik

Sebelum memasak, hal yang harus diperhatikan adalah proses pembersihan kerang kupas. Bersihkan kerang kupas dengan menyikatnya di bawah air mengalir.

Cara ini untuk menghilangkan kotoran dan pasir yang menempel. Pastikan kotoran atau pasir yang mungkin menempel pada cangkangnya benar-benar bersih ya.

Proses pembersihan ini juga akan membantu menghilangkan zat-zat asing yang dapat mempengaruhi rasa hidangan pada olahan kerang kupas lho!

3 dari 7 halaman

Rendam Kerang dalam Air Garam

Untuk hasil yang lebih bersih maksimal, kamu bisa memanfaatkan air garam untuk merendam kerang kupas. Selain membuat lebih bersih, cara ini juga untuk menghilangkan bau amis pada kerang kupas.

Rendam kerang dalam air garam selama beberapa jam sebelum dimasak. Lalu bilas dengan air mengalir untuk memastikan kotoran atau pasir yang mungkin masih tertinggal di dalam kerang benar-benar bersih.

Pastikan untuk mengganti air garam setiap beberapa jam untuk memastikan kebersihan kerang.

4 dari 7 halaman

Rebus dengan Rempah-Rempah

Tips Memasak Kerang Kupas © Diadona

Proses berikutnya, rebuslah kerang kupas dengan bumbu rempah-rempah. Perebusan ini juga cukup ampuh untuk menghilangkan bau amis karena memunculkan aromatik yang nikmat.

Rebus kerang dengan bumbu aromatik seperti jahe, serai, daun salam, dan daun jeruk. Pastikan mendidihkan air terlebih dahulu sebelum proses perebusan kerang kupas ya!

Setelah air mendidih masukkan keemapat bahan tersebut dan tunggu sebentar. Lalu, masukkan kerang kupas dan rebus hingga matang.

5 dari 7 halaman

Jangan Overcook

Proses merebus kentang kupas tidak disarankan dilakukan terlalu lama. Setelah kerang dimasukkan ke dalam campuran rempah-rempah, cukup tunggu sekitar 10 menit atau paling lama 15 menit sampai kerang terbuka semua.

Jangan merebus kerang terlalu lama karena akan membuat teksturnya menjadi keras dan kering. Alih-alih mendapatkan rasa yang empuk, merebus terlalu lama akan menjadikan kerang terasa alot saat digigit.

Jika waktu merebusnya sudah pas, dan daging sudah terasa lunak maka segera angkat dan tiriskan kerang kupas.

6 dari 7 halaman

Hindari Kerang yang Tidak Terbuka Setelah Direbus

Ini menjadi salah satu hal yang penting sebelum mengolah kerang kupas menjadi masakan yang lezat. Perhatikan, apakah bagian cangkang kerang telah terbuka atau masih tertutup.

Jika kamu masih mendapati kerang yang tidak terbuka setelah direbus, maka buanglah. Hal tersebut bisa menjadi tanda jika kerang tidak layak dikonsumsi.

Besar kemungkinan cangkang kerang yang tidak terbuka saat proses perebusan itu tanda sudah mati bahkan sebelum dimasak.

7 dari 7 halaman

Olah sebagai Menu Masakan Sesuai Selara

Tips Memasak Kerang Kupas © Diadona

Usai kerang ditiriskan dari perebusan, maka kamu sudah bisa untuk mengolahnya menjadi berbagai macam hidangan. Namun, perhatikan beberapa hal berikut sebelum mengolahnya ya.

Jika kamu berkeinginan memasak kerang kupas menjadi tumisan, sebaiknya gorenglah terlebih dahulu. Goreng kerang kupas sebentar saja sebelum ditumis. Dengan cara ini, maka kerang akan lebih renyah dan tidak mudah hancur.

Namun, apabila kamu ingin mengolah kerang kupas menjadi sup, maka kamu bisa menambahkan kaldu ikan atau kaldu ayam. Hal ini untuk menambah cita rasa masakan yang lebih nikmat.

Itulah beberapa tips memasak kerang kupas yang dijamin anti bau amis dan lezat. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar