6 Tips agar Pisau tidak Berkarat, Awet Tahan Lama, Dijamin Bersih dan Tajam Sempurna

Reporter : Arifina
Rabu, 13 Desember 2023 19:47
6 Tips agar Pisau tidak Berkarat, Awet Tahan Lama, Dijamin Bersih dan Tajam Sempurna
Begini nih tips agar pisau tak mudah berkarat dan awet tahan lama.

Tips agar pisau tidak berkarat penting untuk diperhatikan. Pisau merupakan salah satu alat dapur yang amat penting dan sering digunakan untuk memasak sehari-hari.

Pisau yang tajam dan bersih dapat membuat pekerjaan memasak menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Namun, seringkali kita mengalami masalah karat pada pisau, terutama jika tidak dirawat dengan baik.

1 dari 8 halaman

Tips Merawat Pisau Dapur © Diadona

Karat dapat membuat pisau menjadi tumpul dan tidak nyaman digunakan. Kondisi tersebut akan mengurangi keefektifan pisau dalam memotong bahan-bahan masakan, juga dapat mengancam keamanan makanan yang kita siapkan lho!

karena itulah merawat pisau dengan tepat perlu untuk dilakukan. Nah, agar pisau tak gampang berkarat, berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips agar pisau tidak berkarat yang benar dan tepat!

2 dari 8 halaman

Cuci Pisau dengan Tepat Usai Digunakan

Seringkali seseorang setelah menggunakan pisau hanya diletakkan begitu saja. Padahal, itulah yang akan menyebabkan berkarat karena kondisi pisau yang masih ada noda-noda dari bahan makanan.

Karena itu, sesaat setelah menggunakan pisau, sebaiknya cuci dengan bersih. Lakukan pencucian dengan air mengalir.

Namun, untuk hasil yang lebih maksimal cuci pisau dengan air hangat dan sabun pencuci yang lembut. Pastikan juga untuk membersihkan sisa makanan dan minyak dengan menyikat bagian pisau yang bergerigi.

Jangan biarkan pisau terendam dalam air terlalu lama, karena hal ini dapat menyebabkan korosi.

 

3 dari 8 halaman

Keringkan Pisau dengan Cepat

Setelah dicuci bersih, jangan berlama-lama membiarkan pisau begitu saja. Melainkan, sesegera mungkin keringkan pisau dengan lap bersih dan kering.

Kelembaban menjadi faktor utama penyebab karatan pada pisau. Pastikan pisau benar-benar kering sebelum disimpan.

Hindari mengeringkan pisau dengan cara menggosokkannya satu sama lain, karena hal ini dapat merusak tepi pisau.

4 dari 8 halaman

Gunakan Alat Pengasah yang Tepat

Tips agar Pisau tidak Berkarat © Diadona

Pengasahan yang tepat dapat membantu mencegah pisau dari karat. karena itu, kamu perlu menggunakan alat pengasah yang sesuai dengan jenis pisau yang dimiliki.

Beberapa pisau mungkin memerlukan asahan rutin, sedangkan untuk jenis lain mungkin memerlukan perawatan lebih intensif. Hindari menggunakan alat pengasah yang kasar, karena hal itu justru dapat merusak pisau.

5 dari 8 halaman

Perhatikan Penggunaan Talenan

Talenan menjadi salah satu hal yang penting dalam perawatan pisau agar tidak berkarat. Maka, gunakanlah jenis talenan yang tepat dalam menggunakan pisau.

Kamu bisa menggunakan jenis talenan kayu atau plastik untuk membantu mencegah pisau berkarat. Hindari menggunakan telenan yang terbuat dari granit atau marmer karena dapat membuat pisau menjadi tumpul.

6 dari 8 halaman

Simpan Pisau dengan Benar

Proses penyimpanan pisau penting pula diperhatikan untuk mencegah karatan lho! menggunakan telenan yang terbuat dari granit atau marmer karena dapat membuat pisau menjadi tumpul.

Cara ini untuk mencegah kerusakan dan karat pada pisau. Hindari menyimpan pisau dalam wadah tertutup. Sebab, hal tersebut justru akan menyebabkan penumpukan kelembaban dan memunculkan karat.

7 dari 8 halaman

Hindarkan dari Alat-alat Lainnya

Tips Merawat Pisau Dapur © Diadona

Untuk mencegah pisau berkarat salah satu yang harus dilakukan adalah menghindarkan dari alat makan lainnya. Jangan letakkan piasu bersamaan di tempat alat makan seperti sendok dan garpu.

Sebab, jika pisau bergesekan dengan alat-alat tersebut justru akan menyebabkan karat. Selain itu, hindari penggunaan pisau untuk memotong bahan-bahan yang dapat menyebabkan korosi, seperti bahan-bahan asam atau berkarat.

Itulah tips agar pisau tidak berkarat. Dengan mengikuti cara-cara di atas, kamu bisa mendapati pisau yang tetap taja,, bersih, dan bebas karat. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar