8 Tips Masak Tanpa Merusak Gizi Makanan, Sehat dan Tak Pelu Khawatir Kekurangan Nutrisi

Reporter : Arifina
Rabu, 21 Februari 2024 14:17
8 Tips Masak Tanpa Merusak Gizi Makanan, Sehat dan Tak Pelu Khawatir Kekurangan Nutrisi
Ini nih tips agar masakan tetap bergizi dan menyehatkan!

Tips masak tanpa merusak gizi makanan perlu menjadi perhatian agar olahan hidangan yang dibuat tetap menyehatkan buat keluarga. Jika selama ini kamu hanya berfokus pada hidangan yang lezat semata, maka hal itu kiranya bisa diubah agar bisa memasak untuk tetap mempertahankan nilai gizinya.

Nah, proses memasak yang sehat memang butuh acuan yang tapat. Sehingga, kamu bisa mendapati olahan masakan yang tetap lezat dan sehat.

1 dari 9 halaman

Tips Masak Tanpa Merusak Gizi Makanan © Diadona

Makanan sehat tidak hanya bergantung pada bahan-bahan yang digunakan, tetapi juga pada cara memasaknya. Saat memasak, seringkali nutrisi dalam makanan dapat hilang atau berkurang jika tidak diperhatikan dengan baik.

Memasak makanan dengan cara yang salah bukan tidak mungkin dapat merusak kandungan vitamin, mineral, dan zat gizi penting lainnya. Karena itu penting untuk mengetahui seperti apa tat cara memasak yang tepat agar nutrisi pada bahan makanan tetap terjaga nih!

Berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber, tips masak tanpa merusak gizi makanan!

2 dari 9 halaman

Masak dengan Microwave

Microwave menjadi salah satu alat memasak yang paling tepat untuk masakan sehat. Hal ini karena penggunaan dari microwave yang singkat dan tak memakan waktu.

Memasak dengan singkat dinilai mampu mengurangi tingkat kerusakan nutrisi dari makanan. Sehingga, microwave tidak hanya digunakan untuk menghangatkan makanan semata tapi juga buat mengolah masakan.

Penelitian menyebut, memasak sayuran yang paling tepat pun menggunakan microwave lho! Seperti, brokoli hijau jika dimasak dengan alat ini akan mempertahankan kandungan vitamin C lebih optimal.

3 dari 9 halaman

Masak Hidangan dengan Dipanggang

Proses memasak dengan memanggang memang tak selalu dilakukan. Tapi, jika ingin hasil masakan lebih sehat kamu bisa menggunakan metode ini.

Nah, alih-alih mengolah sajian masakan seperti daging dengan kuah bersantan, kamu bisa menggantinya dengan dipanggang saja. Selain lebih sehat, memanggang daging juga akan mempertahankan cita rasanya tetap segar dan empuk.

Namun, pastikan saat memanggang masakan kamu tidak menggunakan minyak ya. Sehingga kelebihan lemak yang ada dalam makanan tidak keluar, dan hasil masakan lebih menyehatkan.

4 dari 9 halaman

Gunakan Metode Memasak Rebus

Tips Masak Tanpa Merusak Gizi Makanan © Diadona

Ingin hidangan yang kamu sajikan untuk keluarga lebih sehat? Maka kamu bisa mengguunakan metode memasak rebus ini.

Merebus menjadi salah satu cara yang mudah dan tepat untuk mempertahankan kandungan gizi pada bahan makanan. Ini adalah cara yang lebih sehat daripada menggoreng, karena lebih sedikit minyak yang digunakan dan nutrisi dalam makanan lebih baik dipertahankan.

Namun, dalam proses perebusan makanan ini perlu diperhatikan dengan tepat. Seperti, saat akan merebus makanan dianjurkan untuk mendidihkan ari rebusan terlebih dahulu.

Sehingga proses memasak bahan makanan tidak terlalu lama, dan sayuran yang direbus akan tetap mempertahanklan nutrisinya dengan optimal.

5 dari 9 halaman

Lakukan Metode Mengukus

Cara ini hampir sama dengan teknik perebusan masakan. Memasak dengan mengukus akan lebih baik karena tanpa menggunakan minyak.

Dengan mengukus masakan, maka tingkat kematangannya juga lebih merata. Nutrisi yang terkandung pada bahan makanan juga tidak akan hilang.

Selain itu, untuk sayuran akan lebih optimal dalam mempertahankan nilai gizinya jika proses dimasaknya dengan cara pengukusan lho!

6 dari 9 halaman

Gunakan Panci Tekan

Panci tekan juga bisa dijadikan pilihan untuk metode memasak yang sehat. Pengunaan jenis panci ini untuk olahan masakan juga lebih efisien krena menghmat waktu.

Memasak dengan panci tekan cocok untuk olahan daging, buah, dan kacang-kacangan. Singkatnya proses pengolahan dengan panci jenis ini menjadikan bahan makanan yang diolah akan tetap mempertahankan nilai gizinya.

Selain itu, waktu maemasak yang singkat menjadikan makanan tidak kehilangan cita rasa yang khas dari bahan-bahan yang dimasak lho!

7 dari 9 halaman

Masak dengan Cara Menumis

Menumis masakan juga menjadi salah satu cara untuk mempertahankan nilai gizi pada bahan makanan. Nah, dalam prosesnya gunakan sedikit minyak dan tumis sebentar saja agar vitamin dan mineral tidak rusak.

Penggunaan sedikit minyak bertujuan untuk tidak menambah jumlah lemak atau kalori pada makanan. Sehingga, hasil masakan bisa dijamin kandungan nutrisinya.

Kamu juga bisa menumis dengan memanfaatkan minyak zaitun murni. Jenis minyak ini lebih sehat karena merupakan sumber lemak tidak jenuh tunggal.

8 dari 9 halaman

Masak dengan Air Fryer

Di zaman melek teknologi saat ini sudah banyak alat-alat yang dihadirkan untuk mengolah masakan dengan sehat. Salah satunya, air fryer yang banyak beredar di pasaran.

Alat ini bisa dimanfaatkan untuk pengolahan masakan tanpa minyak. Sehingga, kandungan gizi pada makanan tetap terjaga.

Alih-alih menggoreng makanan di minyak panas, kamu bisa memanfaatkan air fryer ini untuk hasil masakan yang lebih sehat ya!

9 dari 9 halaman

Jangan Dimasak

Ini bisa menjadi salah satu cara memakan makanan yang sehat dengan mudah. Ya, kamu bisa menerapkan pola makan makanan mentah (raw food).

Pola makan seperti ini saat ini cukuppopuler. Mereka mengklaim, cara ini menjadi yang paling sehat dalm mengkonsumsi makanan.

Sebab, kandungan vitamin, serat, mineral, dan enzim pada sayurang tidak hilang. Prosesnya pun benar-benar mudah, karena kamu juga tidak perlu repot untuk memasak bahan makanan.

Namun, tetap harus diperhatikan dengan tepat dan konsultasi kepada ahlinya sebelum menerapkan pola yang satu ini ya!

Itulah tips masak tanpa merusak gizi makanan. Dengan tips-tips tersebut, hasil olahan masakanmu dijamin lebih sehat lho! Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar