10 Manfaat Jus Mangga untuk Diet dan Ibu Hamil

Reporter : Sheila Fathin N
Kamis, 8 April 2021 19:28
10 Manfaat Jus Mangga untuk Diet dan Ibu Hamil
Jus mangga memiliki kandungan gizi yang luar biasa. Kandung kalium yang ada pada mangga merupakan elemen mini terpenting untuk kesehatan pembuluh darah jantung

Manfaat jus mangga dikenal sebagai pembangkit tenaga vitamin C, beta karoten, kalium, zat besi dan banyak nutrisi lain yang membantu melawan infeksi, serta menjaga tubuh secara keseluruhan. Buah mangga dikenal sebagai buah tropis yang memiliki rasa enak dan nikmat. Tidak hanya enak, tapi jus mangga juga bagus untuk kesehatan mata dan menjaga kecantikan kulit.

Kira-kira Diazen tahu nggak kalau jus mangga ini punya banyak sekali manfaat? Kalau belum tahu simak baik-baik ya artikel di bawah ini.

1 dari 2 halaman

Manfaat Jus Mangga untuk Diet

Manfaat Jus ManggaManfaat Jus Mangga © 2021 jcomp on freepik

Untuk mendapatkan badan yang ideal yang perlu kamu lakukan adalah merubah pola makan dan hidup kamu. Apabila sebelumnya kamu suka sekali jajan makanan yang berlemak dan enggan makan buah dan sayur. Ada baiknya kamu segera merubah pola hidup kamu.

Salah satu buah yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan badan yang ideal adalah buah mangga. Buah mangga ini bisa kamu olah menjadi jus. Manfaat jus mangga juga tidak akan hilang kok. Apalagi kamu mengonsumsi jus mangga saat sedang melakukan diet. Pastikan kamu tahu manfaat jus mangga saat menjalani diet.

Mengatasi Metabolisme Tubuh

Kunci diet sukses terletak pada proses metabolisme yang lancar atau tidak. Apabila proses metabolisme tidak lancar dan cenderung stuck, maka kamu akan mendapati tubuh kamu tidak nyaman dan berat badan kamu akan stuck juga. Sehingga, proses diet kamu tidak berjalan lancar. 

Ada baiknya memasukkan  jus mangga sebagai konsumsi harian kamu saat diet. Hal ini dikarenakan jus mangga memiliki serat dan kadar air yang bagus untuk mengatasi masalah pencernaan. Karena diketahui juga banyak mengonsumsi serat bagus untuk membantu proses metabolisme.

Membantu Menjaga Kadar Kolesterol

Manfaat jus mangga mengandung banyak vitamin C, serat dan pektin tingkat tinggi. Dari semua nutrisi yang didapat akan membantu kamu untuk mengendalikan kadar kolesterol kamu saat sedang melakukan diet. 

Mencegah Anemia saat Diet

Biasanya beberapa orang akan sedikit kaget dengan perubahan pola hidup dan makan saat sedang melakukan diet. Beberapa mungkin ada yang mengalami lelah, pusing dan lain sebagainya. Untuk mencegah hal itu terjadi dan agar badan kamu tetap bugar, kamu bisa mengkonsumsi jus mangga sebagai asupan nutrisi setelah berolahraga. 

Manfaat jus mangga untuk diet juga bagus untuk mencegah anemia karena kandungan zat besinya yang tinggi. Kekurangan zat besi bisa membuat kamu anemia. Selain itu, dengan mengonsumsi jus mangga kamu juga tidak akan merasa lapar.

Menjaga Imunitas Tubuh

Merubah pola hidup kamu menjadi lebih baik tentunya akan berdampak baik bukan? Secara tidak langsung racun-racun yang ada dalam tubuh kamu pun hilang. Apalagi jika kamu menambah jus mangga untuk konsumsi harian kamu. Manfaat jus mangga yang tinggi akan vitamin C dan A ini bagus sekali untuk menjaga imunitas tubuh kamu. Jadi kamu nggak gampang sakit-sakitan saat sedang menjalankan diet.

Mengontrol Tekanan Darah

Kalium sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama orang yang sedang melakukan diet. Manfaat jus mangga yang perlu kamu ketahui adalah memiliki kalium yang tinggi. Kalium sendiri adalah mineral tubuh yang mengendalikan fungsi sel saraf dan otot, terutama otot jantung. 

Saat berolahraga, otot jantung akan dipompa terus-menerus. Sehingga dengan mengonsumsi jus mangga akan membantu kamu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mengatur tekanan darah.

2 dari 2 halaman

Manfaat Jus Mangga untuk Ibu Hamil

Manfaat Jus ManggaManfaat Jus Mangga © 2021 Yanalya on Freepik

Kebanyakan Ibu hamil suka sekali dengan makanan cenderung gurih, berair, da lezat. Mangga sendiri adalah buah yang banyak disukai oleh ibu hamil. Terkadang ibu hamil juga suka menjadikan buah mangga sebagai jus. Namun, beberapa ibu hamil masih ada yang ragu untuk mengonsumsi jus mangga karena takut terjadi apa-apa dengan bayinya. 

Maka dari itu, kamu bisa menemukan jawaban atas manfaat jus mangga pada artikel ini.

Membantu Perkembangan Janin

Manfaat jus mangga sangat bagus untuk ibu hamil. Mangga sendiri merupakan sumber asam folat yang penting untuk perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang. Ibu hamil yang mengonsumsi jus mangga dapat mencegah cacat tabung saraf yang bisa terjadi pada awal kehamilan. 

Vitamin A untuk Perkembangan Bayi

Jus mangga mengandung banyak vitamin, salah satunya adalah vitamin A. Vitamin A dapat membantu pembentukan gigi dan tulang bayi. Selain itu vitamin A juga penting untuk mata dan pengembangan sistem kekebalan dan membantu perkembangan jantung, paru-paru dan ginjal. 

Mencegah Pre-eklampsia

Pre-eklampsia adalah keadaan di mana terjadi pada masa usia kehamilan 20 minggu yang membuat komplikasi menjadi serius dan bisa berdampak bagi ibu dan bayi. Jus mangga mengandung magnesium yang bertindak sebagai obat alami sebagai pencegah dari pre-eklampsia. Sementara vitamin E dalam buah ini membantu untuk membangaun otot janin.

Menyeimbangkan Cairan Tubuh

Saat volume darah meningkat selama masa kehamilan, tubuh ibu hamil membutuhkan mineral yang sangat banyak. Sedangkan jus mangga mengandung elektrolit seperti kalium, kalsium, magnesium dan natrium yang bagus untuk menjaga keseimbangan cairan. Yang mana, manfaat jus mangga juga bisa dikonsumsi oleh ibu hamil untuk menyemimbangkan cairan tubuhnya. 

Mencegah Terjadinya Morning Sickness

Rasa dari buah mangga sendiri mampu mencegah mual di pagi hari. Vitamin B6 dalam buah ini juga berperan penting dalam meredakan mual yang terjadi pada pagi hari. 

Manfaat jus mangga sangat bagus sekali untuk kondisi seseorang yang sedang melakukan diet dan ibu hamil. Selain rasanya yang enak, jus buah mangga juga bisa sangat mengenyangkan jika diolah dengan berbagai macam buah lainnya. 

Beri Komentar