11 Tips Menghilangkan Bau Daging Kambing, Makin Nikmat saat Disantap

Reporter : Arifina
Rabu, 21 Juni 2023 19:07
11 Tips Menghilangkan Bau Daging Kambing, Makin Nikmat saat Disantap
Ini nih cara menghilangkan bau daging kambing!

Daging kambing banyak menjadi sajian menu di perayaan Hari Raya Idul Adha. Namun, seringkali masih banya masyarakat yang dibuat pusing dengan bau prengus dari daging kambing.

Bau khas daging kambing tersebut dapat menjadi penghalang bagi beberapa orang untuk menikmati hidangan ini. Namun, dengan beberapa tips sederhana, kamu dapat menghilangkan bau tersebut dan mengolah daging kambing yang lezat dan sedap.

Nah, berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips menghilangkan bau kambing! Apa saja?

1 dari 11 halaman

Lumuri dengan Garam

Tips Menghilangkan Bau Daging Kambing © Diadona

Tips pertama untuk menghilangkan bau pada daging kambing adalah melumurinya dengan garam. Dengan cara ini, daging mampu menghilangkan sebagian darah yang tersisa dan membuat bau.

Caranya mudah, cukup lumuri garam pada setiap sisi daging. Lalu, diamkan selama sekitar 1 jam, bilas sebelum dimasak sesuai menu yang kamu inginkan ya!

2 dari 11 halaman

Masak Pakai Rempah-Rempah

Saat memasak daging kambing kamu bisa menggunakan rempah-rempah untuk membantu menghilangkan bau prengus. Seperti, jahe dan kunyit.

Kedua bahan masakan tersebut akan mengurangi bau tidak sedap pada daging kambing. Selain itu, cara ini juga akan membuat daging lebig empuk.

3 dari 11 halaman

Rebus dengan Lobak

Tips Menghilangkan Bau Daging Kambing © Diadona

Cara merebus daging kambing juga bisa memengaruhi akan bau yang dimunculkan. Gunakan lobak saat merebus kambing selama setengah jam.

Lobak memiliki kadar kolin paling rendah, yang mampu megurangi bau tidak sedap pada daging kambing.

4 dari 11 halaman

Gunakan Kacang Hijau

Kacang hijau juga salah satu bahan yang ampuh untuk menghilangkan bau prengus pada kambing. Caranya merebus daging dengan kacang hijau.

Takaran yang bisa menjadi acuan, 1 kg daging kambing rebus dengan 5 gram kacang hijau. Rebus selama 15 menit, angkat dan tiriskan, lalu olah sesuai selera.

5 dari 11 halaman

Melumuri Daging Kambing dengan Jeruk Nipis

Tips Menghilangkan Bau Daging Kambing © Diadona

Jeruk nipis juga ampuh untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Caranya, kamu bisa memarinasi daging kambing dengan perasan jeruk nipis.

Lumuri di seluruh permukaan daging dengan air perasan jeruk nipis, lalu diamkan selama 30-60 menit sebelum dimasak ya!

6 dari 11 halaman

Rebus dengan Tebu atau Cuka

Tebu dan cuka menjadi salah satu bahan yang ampuh menghilangkan bau pada daging kambing. Caranya, saat merebus daging kambing maka campurkan dengan bahan-bahan tersebut.

Masing-masing gunakan takaran untik 1 kg daging kambing dengan tebu 200 gram. Sementara, bila menggunakan cuka maka takarannya adalah 50 gram saja.

7 dari 11 halaman

Potong Bagian Lemak Berlebih pada Daging

Tips Menghilangkan Bau Daging Kambing © Diadona

Lemak pada daging kambing yang bersisa justru memunculkan bau yang tidak sedap. Karena itu, sebaiknya lakukan pemotongan pada lemak-lemak yang masih menempel.

Semakin sedikit lemak yang menempel pada daging, semakin sedikit pula aroma tidak sedap pada daging yang muncul.

8 dari 11 halaman

Marinasi dengan Nanas

Buah nanas juga ampuh menghilangkan bau pada daging kambing. Caranya. lakukan marinasi dengan memotong nanas menjadi beberpa bagian atau diparut dan dihaluskan.

Lalu, lumurkan pada setiap sisi daging dan biarkan selama 10-30 menit. Jangan terlalu lama karena akan membuat adging kambing mudah hancur saat dimasak.

9 dari 11 halaman

Baluri dengan Bawang Putih

Tips Menghilangkan Bau Daging Kambing © Diadona

Bawang putih juga bisa dijadikan pilihan utuk menghilangkan bau pada daging kambing. Caranya, haluskan bawang putih lalu lumurkan ke seluruh bagian daging kambing hingga merata.

Diamkan selama kurang lebih satu jam sebelum diolah menjadi masakan ya!

10 dari 11 halaman

Rendam dengan Susu

Merendam daging kambing dengan susu juga bisa menghilangkan bau prengus. Potong-potong dahulu daging kambing yang akan dimasak.

tuangkan susu secukupnya hingga daging terendam, diamkan selama 2-3 jam di dalam kulkas. Setelah itu, daging bisa dioleh deh!

11 dari 11 halaman

Bungkus Daun Pepaya

Cara ini bisa dilakukan dengan menyiapkan beberapa lembar daun pepaya. Lalu, bungkus daging kambing dengan daun tersebut.

Kandungan enzim pada daun pepaya akan menghilangkan bau prengus dan menjadikan daging lebih empuk lho!

Itulah sederet tips menghilangkan bau daging kambing. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar