6 Tips Memasak Kaki Kambing, Empuk Sempurna dan Bebas Bau Prengus

Reporter : Arifina
Senin, 26 Juni 2023 19:07
6 Tips Memasak Kaki Kambing, Empuk Sempurna dan Bebas Bau Prengus
Ini tips memasak kaki kambing biar matangnya tepat dan nggak bau.

Kaki kambing menjadi salah satu bahan masakan yang cukup diminati masyarakat Tanah Air, khususnya di momen perayaan Idul Adha. Berbagai menu hadir dengan bahan utama kaki kambing yang menggungah selera.

Sayangnya, memasak kaki kambing agar empuk sempurna dan bebas bau prengus tidaklah mudah. Butuh trik khusus agar hasil masakanmu sedap dan enak saat disantap.

Nah, berikut diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips memasak kaki kambing!

1 dari 6 halaman

Jangan Dicuci

Tips Memasak Kaki Kambing © Diadona

Menghilangkan bau prengus pada kaki kambing ternyata bukan dengan dicuci. Cukup bersihkan darah dan kotoran yang masih menempel pada kaki kambing dengan lap basah.

2 dari 6 halaman

Bersihkan Bagian Bulu Kaki Kambinh dengan Dibakar

Tips Memasak Kaki Kambing © Diadona

Kaki kambing biasanya masih terdapat bulu-bulu yang bikin risih dan memunculkan bau. Cara membersihkannya, bakar di atas api sambil diputar perlahan.

Tapi, saat proses membersihkan bulu ini jangan terlalu lama biar tidak gosong dan justru membakar bagian daging yang menempel pada kaki kambing ya!

3 dari 6 halaman

Rendam dengan Air Hangat

Tips Memasak Kaki Kambing © Diadona

Setelah melalui proses pembersihan bulu-bulu pada kaki kambing, kamu bisa memotongnya sesuai selera. Kemudian, rendam pada air hangat selama 30 menit.

Cara ini untuk benar-benar me,buat bulu-bulu pada kambing yang masih tersisa rontok. Kamu juga dapat menggunakan pisau agar bulunya hikang dengan sempurna.

4 dari 6 halaman

Rebus Pada Panci Presto

Tips Menghilangkan Bau Daging Kambing © Diadona

Sebelum memulai mengolah kaki kambing menjadi menu masakan, maka sebaiknya rebus dahulu pada air mendidih. Lakukan selama perebusan selama 2-3 jam dengan panci presto.

Air rebusan pertama bisa dibuang, lalu ganti dengan air rebusan baru yang dicampur dengan aneka bumbu. Rebus hingga tekstur dagingnya empuk ya!

5 dari 6 halaman

Rebus Berulang Tanpa Panci Presto

Tips Memasak Kaki Kambing © Diadona

Jika tidak memiliki panci presto, maka kamu bisa merebus kaki kambing secara berulang. Tambahkan rempah-rempah saat proses merebusnya agar bau prengus menghilang dan lebih sedap.

Setelah dirasa empuk, maka tiriskan daging dan dipotong sesuai selera. Kaki kambing siap diolah menjadi gulai, kare dan menu masakan lainnya sesuai selera nih!

6 dari 6 halaman

Masak dengan Banyak Bumbu

Tips Memasak Kaki Kambing © Diadona

Kaki kambing biasanya kerap dijadikan olahan sup, karo dan gulai. Namun, memasaknya tidak bisa asal agar menghilangkan bau prengus.

Gunakan bumbu yang banyak saat proses memasak kaki kambing. Seperti, bawang merah, bawang putih, kunyit, serai, daun salam, dan lengkuas. Tambahkan pula rempah-rempah, seperti pala bubuk, cengkih, atau lada.

Selain mendulang rasa yang nikmat, bau prengus pun juga hilang lho!

Itulah sederet tips memasak kaki kambing yang bisa kamu coba di rumah. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar