Terkenal Keras, Yuk Simak Cara Mengolah Ayam Kampung Agar Lebih Empuk dan Gurih

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 5 Maret 2021 15:20
Terkenal Keras, Yuk Simak Cara Mengolah Ayam Kampung Agar Lebih Empuk dan Gurih
Ayam kampung memiliki rasa yang lebih gurih, namun punya tekstur yang lebih keras. Yuk simak cara mengolahnya agar lebih empuk saat disantap!

Daging Ayam merupakan salah satu bahan makanan yang cukup populer. Daging Ayam banyak dijual di pasaran dengan harga yang beragam.

Nah, di pasar sendiri ada beberapa jenis daging ayam yang dijual, mulai dari ayam boiler sampai ayam kampung.

Ayam kampung punya harga yang sedikit lebih mahal dengan ukuran yang lebih kecil, namun punya rasa yang lebih gurih.

Salah satu permasalahan yang didapat ketika mengolah ayam kampung adalah tekstur ayam kampung yang cukup keras ketimbang ayam boiler. Oleh karena itu, perlu cara khusus untuk mengolah ayam kampung agar daging yang dihasilkan bisa empuk ketika diolah.

Bagaimana caranya? Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya!

1 dari 7 halaman

1. Pilih Ayam Kampung yang Lebih Muda

Ilustrasi Ayam Kampung © Diadona

Jika ingin mendapatkan olahan ayam yang lebih empuk dan nikmat, kamu bisa pilih ayam kampung yang lebih muda. Selain lebih empuk, ayam kampung muda jauh lebih lezat.

2 dari 7 halaman

2. Rebus dengan Potongan Tebu

Ilustrasi Tebu © Diadona

Agar ayam kampung bisa lebih cepat empuk dan lunak, kamu bisa merebusnya menggunakan potongan tebu. Melansir dari selerasa, merebus daging ayam kampung dengan potongan tebu akan membuat ayam kampung cepat empuk dan lunak.

3 dari 7 halaman

3. Air Kelapa

Ilustrasi Air Kelapa © Diadona

Jika kamu biasa merebus daging ayam kampung dengan air biasa, kamu bisa mencoba merebus air ayam kampung dengan air kelapa. Rebusan air kelapa dipercaya bisa membuat daging ayam kampung jadi lebih empuk dan lunak. Selain itu, air kelapa akan menambah cita rasa.

4 dari 7 halaman

4. Pepaya Muda

Kamu juga bisa menambahkan pepaya muda ketika merebus daging ayam kampung. Caranya cukup mudah, masukkan potongan pepaya muda ke dalam rebusan daging ayam kampung. Potongan pepaya muda dipercaya bisa bikin daging ayam kampung jadi lebih empuk. Selain itu, pepaya muda tak akan memengaruhi rasa daging dan kaldu.

5 dari 7 halaman

5. Rebus dengan Panci Presto

Cara ini adalah cara yang lebih mudah untuk membuat ayam kampung lebih empuk. Namun, merebus dengan panci presto harus memperhatikan durasinya. Jangan terlalu lama, karena jika merebus daging ayam kampung dalam panci presto terlalu lama, maka daging ayam kampung akan hancur.

Kamu bisa merebus daging ayam kampung selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, kamu bisa mengolahnya sesuai selera.

6 dari 7 halaman

6. Direndam

Ilustrasi Ayam Kampung © Diadona

Jika kamu ingin membuat ayam kampung goreng, kamu bisa merendamnya lebih dulu dalam campuran bumbu. Selain bikin cepat empuk, merendam akan membuat daging ayam kampung lebih gurih dan lezat.

Beri Komentar