14 Tanda Kedutan Mata Kiri, Kanan Bagian Bawah dan Atas sesuai Mitos atau Fakta Kesehatan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 27 Februari 2021 14:32
14 Tanda Kedutan Mata Kiri, Kanan Bagian Bawah dan Atas sesuai Mitos atau Fakta Kesehatan
Tanda kedutan mata kanan sering dikaitkan dengan hal-hal keberentungan. Nah, kalau di mata kiri?

Tanda kedutan mata sering kali dikaitkan dengan kejadian tertentu. Misalnya nih, akan menangis atau akan mendapatkan rezeki. Padahal bila ditinjau dari sisi medis, penyebab dari mata kedutan tersebut bisa karena iritasi dan kelelahan mata.

Kedutan adalah kejang otot-otot kelopak mata yang berulang dan nggak sengaja. Kedutan biasanya terjadi di kelopak atas tetapi juga bisa muncul di kelopak mata bawah.

Healthline menyebut kalau kedutan yang terjadi biasanya ringan dan terasa kayak tarikan lembut di kelopak mata. Lama kedutan nggak bsai diprediksi. Ada yang berlangsung selama beberapa waktu aja tapi ad juga yang hilang muncul selama beberapa hari.

1 dari 4 halaman

Tanda Kedutan di Mata Kiri Atas

Tanda Mata Kedutan © Diadona

Tanda kedutan mata dkiri atas disebut berhubungan dengan beberapa hal menurut Primbon Jawa, yakni

Keinginan Terwujud

Tanda kedutan di mata kiri katanya sih menandakan bahwa keinginan atau cita-cita lamamu akan segera terkabul.

Barang yang Hilang akan Ditemukan

Katanya sih kalau mengalami kedutan di mata kiri maka tandanya barang yang hilang akan ditemukan.

Bertemu dengan Saudara atau Teman Lama

Kedutan di mata kiri? Wah, bisa jadi kamu akan bertemu dengan saudara atau teman lama. Eh, atau pacar lama?

2 dari 4 halaman

Tanda Kedutan di Mata Kiri Bawah

Tanda Mata Kedutan © Diadona

Namun tanda kedutan mata kiri bagian abwah juga biosa karena hal-hal yang kurang beruntung, misalnya nih :

Akan Terkena Musibah

Kesialan akan musibah konon akan menghampiri bila kamu merasakan tanda kedutan mata di sebelah kiri bawah. Ini juga sangat mungkin terjadi pada keluargamu.

Akan Kehilangan Sesuatu

Bila kedutan di mata kiri atas bisa menandakan kamu akan menemukan barang yang telah lama hilang, sebaliknya, bila terjadi di bagian mata kiri bawah maka pertanda kamu akan hilangan sesuatu.

Bakalan Berkelahi dengan Seseorang

Tahan emosi dan tenangkan pikiran saat kamu merasakan tanda kedutan mata kiri bawah. Ada mitos yang mengatakan kalau itu pertanda kamu akan berkelahi dengan seseorang.

3 dari 4 halaman

Tanda Mata Kanan Kedutan

Nah gimana kalau kedutan terjadi di mata sebelah kanan? Dikutip dari laman Indospiritual.com, dalam primbon Jawa, tanda kedutan mata di sebelah atas yang kamu rasakan bisa menjadi pertanda akan datangnya keberuntungan.

Bisa karena ada keberuntungan di karier, asmara atau yang lainnya.

Tapi balik lagi nih, kamu nggak harus mempercayai hal-hal tersebut kok. Apalagi bila ternyata kedutan tersebut berlangsung selama beberapa waktu. Wah, bisa jadi itu karena kondisi medis tertentu yang perlu penanganan segera lho.

 

4 dari 4 halaman

Tanda Kedutan Mata Secara Medis

Tanda Mata Kedutan © Diadona

Kedutan di mata mengacu pada sesuatu yang sebenarnya berkaitan dengan medis. Melansir laman All About Vision, tanda mata kedutan bisa bisa karena:

Stres

Sangat mungkin stres adalah penyebab mata kedutan. Untuk menghindarinya, coba deh lakukan hal-hal yang menyenangkan untuk mengurangi stres.

Kurang Tidur

Kurang tidur karena stres atau karena alasan lain bisa jadi akar masalah kedutan. Untuk mengembalikan performa tubuh, coba untuk mengejar waktu tidur dan mengembalikan lagi jadwal tidur yang teratur.

Ketegangan Mata

Ketegangan mata, terutama karena terlalu lama melihat ke layar komputer atau ponsel, juga jadi penyebab mata kedutan secara umum.

Ikuti aturan 20-20-20 saat kamu menggunakan peangkat digital. Yakni setiap 20 menit alihkan mata dari layar untuk melihat benda yang berada di jarak 20 kaki selama 20 detik. Cara ini bakalan mengurangi kelelahan penyebab mata kedutan.

Merokok

Sebuah jurnal menyebut kalau rokok adalah penyebab kedutan, dengan risiko berbanding lurus dengan jumlah rokok yang dikonsumsi.

Kafein

Terlalu banyak kafein bisa bikin mata kedutan lho karena sistem saraf jadi berkedut. Tapi sebuah penelitian sempat membuktikan kalau kafein justru bisa mengurangi kedutan, meski hal tersebut tidak terjadi secara signifikan.

Alkohol

Jalur alkohol sebagai penyebab kedutan yakni karena alkohol meningkatkan permeabilitas neuron. Saat konsumsi alkohol maka akan terjadi ketidak seimbangan ion. Atau mungkin juga berhubungan dengan efek membran alkohol pada saraf perifer pada otot yang berfungsi saat mata berkedip.

Peradangan

Peradangan kelopak mata, yang disebut blepharitis, dapat menyebabkan kelopak mata menjadi merah, bersisik, dan gatal. Kondisi itu juga membuat kamu lebih peka terhadap cahaya.

Mata Kering

Saat mata kering, maka gerakan mengedip bertujuan untuk menyebarkan pelumas mata. Maka mungkin ada kaitannya antara mata kering sebagai penyebab mata kedutan dengan respon alami mata untuk melumaskannya.

Tanda mata kedutan bisa jadi cuma karena hal-hal yang ringan seperti mata tegang, mata kering yang tidak membutuhkan perawatan medis darurat. Nah kalau kedutan tersebut udah mengganggu aktivitas kamu sehari-hari, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter ya!

Beri Komentar