Agar Tak Alot, Begini Cara Menggoreng Ayam yang Benar

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 3 Maret 2021 16:20
Agar Tak Alot, Begini Cara Menggoreng Ayam yang Benar
Gimana sih cara masak ayam goreng biar gak alot? Daripada bingung, yuk simak tipsnya!

Siapa nih pecinta Ayam? Bagi kamu pecinta kuliner berbahan ayam, pasti udah nggak asing lagi dengan ayam panggang, ayam bakar, dan juga ayam goreng.

Nah kalau mendengar ayam goreng, pasti bagi kamu pecinta ayam pasti udah sering banget mengonsumsinya. Namun, sering kali kita mendapati ayam goreng yang terlalu alot saat kita konsumsi.

Gimana sih agar ayam goreng yang kita masak tak alot? Melansir dari berbagai sumber, yuk simak tips menggoreng ayam agar tidak alot!

1 dari 4 halaman

1. Jangan Terlalu Lama Digoreng

Ilustrasi Ayam Goreng © Diadona

Satu hal pertama kali kita lakukan ketika hendak menggoreng ayam adalah diungkep terlebih dahulu dengan bumbu. Proses ini sebenarnya secara tak langsung sudah mematangkan ayam.

Nah, ketika memasaknya, kamu nggak perlu menggorengnya dalam waktu yang lama. Cukup goreng ayam dengan minyak panas, api besar sebentar, lalu angkat.

Jika terlalu lama digoreng justru akan membuat tekstur ayam goreng lebih keras.

2 dari 4 halaman

2. Jangan Menggoreng Ayam Dua Kali

Ilustrasi Ayam Goreng © Diadona

Seringkali, ketika ada ayam goreng sisa yang hendak kita hangatkan lagi, kita cenderung menggorengnya lagi. Cara ini justru membuat ayam makin keras, lho.

Maka dari itu, jangan terlalu banyak menggoreng ayam sehingga meninggalkan sisa.

Jika memang ada sisa ayam goreng, kamu bisa mengolahnya jadi makanan lain seperti nasi goreng ayam suwir atau sejenisnya.

3 dari 4 halaman

3. Perhatikan Jenis Ayam Yang Akan Digoreng

Ilustrasi Ayam Goreng © Diadona

Di pasaran, yang paling sering kita jumpai adalah ayam boiler dan ayam kampung. Ayam Kampung memiliki tekstur yang lebih alot, namun dagingnya lebih gurih.

Jika kamu ingin ayam yang lebih lunak dan tebal, kamu bisa memilih ayam boiler. Hanya saja, rasanya lebih tawar, dan perlu bumbu yang beragam untuk mengolah ayam boiler.

Beri Komentar