Turunkan Berat Badan Sesuai Kebutuhan Tubuh, Begini Perjalanan Diet Sehat Violetta Kencana

Reporter : Mutia Wella Lukitasari
Senin, 1 Maret 2021 13:52
Turunkan Berat Badan Sesuai Kebutuhan Tubuh, Begini Perjalanan Diet Sehat Violetta Kencana
Violetta Kencana turunkan berat badan dengan diet sehat yang dilakukan.

Menurunkan berat badan adalah keinginan banyak orang, karena itu ada berbagai cara diet yang bisa dilakukan. Namun dalam memilih cara diet juga tak bisa sembarangan lho. Tiap orang memiliki ritme dan polanya masing-masing dalam menurunkan berat badan. Lalu, apa dietnya berhasil atau justru stuck?

Redaksi Diadona sangat memahami ini karena kami pun juga mengalami hal yang sama, badan susah langsing saat kerja di rumah, jarang gerak dan berakhir timbangan perlahan mulai miring ke kanan. Karena rasa yang sama, akhirnya Redaksi membuat komunitas #DiaDiet yang akan mengumpulkan para perempuan yang ingin sehat dan langsing bersama. Di sesi awal ini, kita undang Violetta Kencana (@dearkencana) yang dipilih Redaksi untuk jadi nara sumber di acara live #DiaDiet yang digelar, Rabu (24 Februari) lalu.

Nah, bagi kamu yang belum ikutan sharing sessionnya, yuk intip wawancara redaksi dengan perempuan yang akrab disapa Vio ini.

1 dari 5 halaman

Mengawali Diet

Violetta KencanaVioletta Kencana © dok. Violetta Kencana

Dalam wawancara yang dirangkum Diadona.id usai sharing session, Vio mengaku jika ia berhasil menurunkan berat badannya hingga 6 kilogram selama dua bulan.

Awalnya Violetta memutuskan diet karena ia merasa berat badannya tak ideal dengan tinggi badan yang dimilikinya. Meski bagi orang lain ia dianggap tak memiliki berat badan berlebih, namun Vio telah bertekad untuk melakukan diet sehat.

" Karena aku yang terlahir dengan tinggi 175 cm, itu bbku yang dulu kurang ideal. Meski orang bilang bbku ideal, tapi aku tuh punya masalah sama perut aku yang rada menggelambir dan paha aku yang rada besar. Dan tentu sebagai cewek aku pengen selalu tampil cantik gitu, ketika pakai pakaian apapun." ucapnya.

Setelah menetapkan tekad, Vio memfokuskan dietnya pada target. Menurutnya hal ini menjadi penting karena terdapat banyak godaan yang menghampiri selama diet.

" Fokus sama goals aku, jadi ditanemin di dalam pikiran aku kuat-kuat. Pokoknya goals aku harus di bawah 60 kilo." ucap Vio.

Meski godaan makanan akan terus datang, namun fokus dan niat yang kuat dapat membuatnya tahan dengan godaan itu.


" Dan nggak boleh ada pikiran apapun itu, seperti tergoda dengan makanan. Fokus aja sama yang kita lakuin. Jadi intinya goals aku di bawah 60 kilo, dan aku harus mencapai itu." Lanjutnya.

Vio menjalani diet yang memfokuskan pada makanan sehat dan tidak mengonsumsi nasi.

" Kalau aku lebih nyebutnya dietnya fokus nggak makan nasi. Karena aku cuma konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran sama paha ayamnya doang kok." ucapnya.

2 dari 5 halaman

Sempat Menyerah

 

Menjalani diet dengan niat dan fokus yang kuat, Vio mengaku pernah sempat menyerah dalam melakukan hal ini. Diceritakannya, momen ini adalah ketika ia jatuh sakit, jadwal yang biasa dilakukan pun terpaksa tak bisa dilakukan.


" Pernah saat aku lagi sakit, otomatis jadwal aku kan jadinya berantakan ya, jadwal aku yang tadinya work out pagi, makan siang, makan malem, jogging sore. Itu ilang karena aku nggak bisa ngelanjutin." ucapnya.

Momen ini rupanya membuat Vio berniat untuk menghentikan dietnya. Namun adanya dukungan orang yang dicintai nyatanya kembali menguatkan tekat yang dimilikinya.


" Terus otomatis hati aku bilang, ah diet aku gagal, apa berenti aja gitu aku capek. Cuman bunda aku bilang nggak boleh gitu nak, ayo semangat. Terus pacarku bilang ayo beb, gapapa skip sehari, nanti kamu double aja besoknya." jelasnya.

 

" Jadi karena ada dukungan dari orang-orang yang aku cintai, jadi yaudah aku semangat lagi. Toh juga aku mau sehat." tambahnya.

3 dari 5 halaman

Kendala Saat Diet

Violetta KencanaVioletta Kencana © dok. Violetta Kencana

Tak hanya sakit, Vio juga sempat mengalami beberapa kendala yang mengganggu jadwal yang telah dibuatnya. Salah satunya adalah karena kehabisan bahan.

" Kalau aku pribadi, ketika aku kehabisan bahan makanan. Karena aku pernah suatu hari kehabisan bahan sarapan pagi. Jadi aku ke pasar tuh, bisa telat satu jam. Karena aku harus beli dulu bahan makanannya kan.Nah itu sebenernya nggak boleh, tapi kan itu urgent juga kan." ucap Vio.

Kendala yang dialami Vio lainnya adalah kendala yang dialami setiap orang yang melakukan diet. Yup, tergoda dengan makanan! Meski mengaku begitu menginginkan makanan yang didepan mata, Vio memiliki trik tersendiri nih untuk menanganinya.

" Harus pertahankan keinginan, ketika melihat makanan yang mengugugah selera, ketika melihat kue-kue cokelat makanan lezat di depan mata. Kalau aku suka pejamin mata aku, aku bayangin tuh kalau semua makanan ini aku makan. Itu bakal jadi tumpukan lemak di badan aku, jadi aku bakal sedih kalau nggak ada kemajuan alias diet aku bakal di situ-situ aja, stuck gitu. Jadi aku harus ulangin dari awal, dan aku nggak mau."

4 dari 5 halaman

Work Out

Selain mengonsumsi makanan sehat, work out juga jadi salah satu hal penting yang dilakukan Vio. Meyakini tiap tubuh memiliki ketahanannya masing-masing, wanita berusia 26 tahun ini mengaku membiasakan diri terlebih dahulu dengan olahraga ringan.

Ia pun memberikan beberapa step yang dilakukannya dalam berolahraga yang cocok banget untuk pemula.

" Untuk pemula atau kakak-kakak yang mau diet, boleh dicoba saat bangun tidur minum air putih segelas aja. Lalu cobain push up-nya 10, sit up-nya 10, sama harus yang Russian Twist-nya 10, selanjutnya cobain plank sekitar dua menit aja. itu kurang lebih ya semuanya, kalkulasinya nggak nyampe 30 menit kok." jelasnya.

" Lalu sorenya kakak bisa cobain jogging, buat yang pemula ya, minimal 15 menit. Tapi kalau nggak bisa 15 menit yaudah jadi 10 menit aja. Emang awalnya berat, tapi lama kelamaan bakal terbiasa kok" tambahnya.

Sederet hal yang dilakukan ini dapat ditingkatkan seiring berjalannya waktu, dan tubuh yang telah terbiasa.

" Nanti kalau udah terbiasa, bisa ngakalin jumlahnya. Biasanya 10 jadi 20, 20 jadi 30, terserah kakaknya."

5 dari 5 halaman

Berhasil Turun 6 Kg

Violetta KencanaVioletta Kencana © dok. Violetta Kencana

Setelah berbagai usaha, kerja keras dan 'penderitaan' yang di lewatinya, Vio mengaku berhasil turun berat badan sebanyak 6 kg setelah 2 bulan menjalankan diet. Perasaan senang pun benar-benar dirasakannya.

" Dalam kurun waktu dua bulan itu buahin hasil. Dari yang tadi 65 kg itu jadi sekarang itu 59 kg. Dan itu kayak, oh i did it! Seneng banget, yang aku lakuin selama 2 bulan ini, penderitaan untuk tampil lebih cantik dan sehat membuahkan hasil." katanya.

Menjalani diet sehat memang membutuhkan kerja keras dan tekat yang kuat, namun ketika mencapai keberhasilan nampaknya terasa begitu membahagiakan ya, seperti yang dialami Violetta kali ini. Jadi semangat untuk diet nih!

Buat kamu yang juga lagi melawan lemak tubuh, kamu nggak sendirian. Yuk, gabung komunitas #DiaDiet, bersama kita sehat dan langsing selamanya! 

" Kurangi berfikir negatif, perbanyak positif. Karena apa yang aura kita pancarkan dari tubuh dan pikiran akan membuat nyaman orang sekitar."
Violetta Kencana

 

Beri Komentar