Seperti Ini Lho Permen Dalgona yang Jadi Inspirasi Terciptanya Kopi Viral

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 11 April 2020 14:00
Seperti Ini Lho Permen Dalgona yang Jadi Inspirasi Terciptanya Kopi Viral
Dari permen pinggir jalan, kini menjadi minuman viral yang jadi kegemaran warganet.

Dalgona Coffee memang sedang viral di media sosial. Dengan diterapkannya WFH ini membuat para warganet yang sedang #dirumahaja berbondong-bondong membuat Dalgona Coffee dan mengunggahnya di media sosial. Namun, sebelum adanya Dalgona Coffee seperti sekarang, ternyata Dalgona adalah permen Tradisional khas Korea lho. Seperti apa sih bentuknya? Yuk kita simak.

1 dari 2 halaman

Permen Dalgona © Diadona

Dilansir dari Kimchimari, permen Dalgona muncul pertama kali pada tahun 1960-an di kota Busan. Permen ini kemudaian populer dan dikenal orang Korea pada 1970-an. Permen ini menjadi makanan pinggir jalan yang digemari anak-anak.

Permen ini juga punya nama lain Ppogi. Permen Dalgona dibuat dengan menggunakan bahan utama seperti gula dan minyak yang dimasak di atas api kecil hingga lumer dan menjadi karamel yang legit. Karamel ini kemudian ditambahkan sedikit soda kue dan diaduk hingga adonan mengental dan lengket.

Setelah teksturnya sedikit mengeras, adonan dalgona dipipihkan dan dicetak sesuai dengan keinginan. Hmm, mirip sama permen gulali ya kalau di Indonesia.

2 dari 2 halaman

Permen Dalgona © Diadona

Tahun 1970 - 1990 permen dalgona mencapai puncak popularitasnya. Untuk harganya sendiri pada zaman itu, permen Dalgona dijual dengan harga 50 sampai 100 won. Itu sekitar Rp 700 - Rp 1.300

Nah, permen Dalgona ini ternyata adalah cikal bakal terbentuknya Dalgona Coffee. Asal usul Dalgona Coffee muncul dari banyaknya orang yang nyebut rasa kopi ini mirip kayak permen Dalgona. Paduan bubuk kopi dan gula ini ternyata menghasilkan rasa yang mirip dengan permen Dalgona.

Nah, sekarang udah tahu kan permen Dalgona seperti apa. Ada yang pernah nyobain belum?

Beri Komentar