8 Sayur yang Bisa Dimakan Mentah dan Lebih Sehat Timbang Dimasak

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 5 Oktober 2022 11:39
8 Sayur yang Bisa Dimakan Mentah dan Lebih Sehat Timbang Dimasak
Dengan dimakan mentah, nutrisi yang ada pada deretan syuran di bawah ini tetap terjaga kestabilannya

Di tengah gempuran makanan dan minuman kekinian dengan kandungan gula dan garam tinggi, masih bantak lho orang yang aware banget dengan apa yang mereka konsumsi. Ini dibuktikan dengan banyaknya bisnis makanan sehat dan untuk diet yang biasanya terdiri dari makanan minim proses dan sayur yang bisa dimakan mentah.

Sayuran punya manfaat yang tinggi buat eksehatan. Kandungan seratnya melancarkan pencernaan, punya nutrisi seperti vitamin, zat besi dan lainnay yang penting banget buat tubuh kamu. Untuk mendapatkan nutrisinya secara optimal dan tak rusak terkena panas, sayuran kerap dimakan mentah. Tapi aman nggak sih?

Nah intip dulu deh ulasan Diadona yang dikutip dari berbagai sumber berikut ini.

1 dari 6 halaman

Selada

Sayur yang Bisa Dimakan MentahSayur yang Bisa Dimakan Mentah © unsplash.com

Urutan pertama dalam daftar sayur yang dimakan mentah adalah selada. Kamu pernah lihat selada diolah mejadi tumis atau direbus nggak sih? Selain jadi isian burger, sandwich, kebab dan juga sayur untuk lalapan. Sayuran ini populer banget karena warna, tekstur dan aromanya yang menyegarkan makanan.

Selada punya banyak kandungan gizi dan mineral. Nilai kalorinya sangat rendah sementara selada punya kandungan vitamin A dan C yang yang tinggiu yang justru akan berkurang ketika dimasak.

2 dari 6 halaman

Brokoli

Sayur yang Bisa Dimakan MentahSayur yang Bisa Dimakan Mentah © unsplash.com

Apakah kamu tahu kalau brokoli tuh termasuk dalam sayuran yang bisa dimakan mentah? Ya, bisa sih bisa yah tapi enak nggak sih? Tertarik mencobanya?

Brokoli adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Setiap 90 gramnnya nih udah bisa mencukup 90 - 108 % kebutuhan harian vitamin C Angka Kecukupan Gizi. Tapi kalau ditumis nih, kandungan vitamin C nya menurun sampai 38 persen lho dikutip dari jurnal berikut ini . Penelitian lain nyebutin kalau proses pemasakan lain seperti mengukus, menggoreng dan lainnya menurunkan kandungan vitramin C-nya secara signifikan.

Meskipun merupakan sayur yang bisa mentah, kamu tentu ragu melakukannya karena nggak familiar dengan rasanya. Solusinya nih kamu bisa melakukan blanshing untuk membuat nutrisinya tak banyak hilang serta tampilannya tetap cantik.

Brokoli juga kaya akan senyawa tumbuhan alami sulforaphane. Uniknya nih tubuh kita lebih mudah menyerap sulforaphane dari brokoli mentah daripada brokoli yang dimasak. . Tapi memasak brokoli nggak selalu bikin semua nutrisinya menurun kok sebab aktivitasnya antioksidannya justru meningkat.

3 dari 6 halaman

Bawang

Sayur yang Bisa Dimakan MentahSayur yang Bisa Dimakan Mentah © Unsplash

Berkat kandungan aliasinnya, bawang jadi sayuran yang bisa dimakan mentah dengan manfaat kesehatan yang mengagumkan. Allicin dapat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dan mungkin menawarkan perlindungan terhadap kondisi seperti penyakit jantung dan kanker, dilansir dari Healthline. Saat dimasak, alliasin akan menurun secara signfikan.

Eits, tapi bukan berarti karena kelebihan yang ditawarka, kamu jadi mengonsumsinya secara sembarangan ya! Mereka yang punya GERD disarankan buat membatasi konsumsinya biar nggak sakit perut karena senyawa tertentu di dalam bawang putih mentah bisa mengiritasi saluran cerna.

Seledri

Seledri biasa dicampurkan untuk memberi cita rasa khas pada sayuran, misalnya sayur sop. Asalkan seledri nggk engandung pestisida, ini adalah sayuran yang bisa dimakanmentah. Seledri mengandung vitamin A, C, K dan juga asam folat yang bagus banget buat tubuh kamu.

4 dari 6 halaman

Kubis

Sayur yang Bisa Dimakan MentahSayur yang Bisa Dimakan Mentah © unsplash.com

Kubis dalam bentuk mentah biasa disajikan dalam salad. Kayak banyak sayuran silangan lainnya, kubis memiliki kalori yang rendah tapi punya banyak nutris seperti vitamin dan juga mineral. Nah meskipun kubis biasa dimakan mentah dalam salad, banyak orang yang memasaknya karena nggak mau dengan rasa pahit yang biasa muncul di sayuran satu ini.

Namun, memasak tidak hanya mengurangi kepahitan. Ini juga dapat menyebabkan beberapa kehilangan nutrisi. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Chemistry di tahun 2014 menemukan kalau kubis varietas ungu mentah memiliki jumlah antioksidan, vitamin, dan mineral yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yang dikukus, digoreng, direbus atau microwave.

Tapi gimana nih kalau kamu nggak suka kubis yang dimakan mentah? pilihan paling bagus adalah dengan mengukusnya. Saat dikukus, jumlah antioksidan dan vitamin C yang ada pada kubis tersisa lebih banyak daripada kubis dengan proses pemasakan yang lain.

5 dari 6 halaman

Mentimun

Sayur yang Bisa Dimakan MentahSayur yang Bisa Dimakan Mentah © unsplash.com

Rasanya yang segar dan teksturnya yang renyah bikin hampri semua orang memakannay dalam kondisi mentah. Bukan cuman buat acar atau lalapan, mentimun juga bisa jadi camilan yang menyegarkan.

Sayur Bit

Sayur bit kehilangan 25 persen kandungan asam folatnya, vitamin dan mineral lainnya ketika dimasak, dikutip dari The Healthy. pada dasarnya nih sayur bit mengandung berbagai nutrisi sehat seperti vitamin esensial, kalsium, zat besi, potasium, dan protein. 

6 dari 6 halaman

Kembang Kol

Sayur yang Bisa Dimakan MentahSayur yang Bisa Dimakan Mentah © unsplash.com

Seperti halnya brokoli, kembang kol masuk dalam daftar sayuran yang bisa dimakan mentah. Kandungan protein kembang mentah 30% lebih banyak ketimbang kembang kol yang dimasak, begitu pulanutrisi lainnya.

Tapi perlu dicatat nih walaupun kembang kol bisa dimakan mentah, bukan berarti ini bagus buat semua orang. Dikutip dari Health Digest, Bagi sebagian orang, kandungan serat kembang kol yang tinggi, seperti sayuran silangan lainnya, dapat menyebabkan sakit perut dan juga kembung. Untuk mengurangi masalah pencernaan yang mungkin timbul, cobalah dalam jumlah kecil, kunyah dengan baik, dan kalau sistem kamu tidak terbiasa, jangan makan semuanya sekaligus dalam jumlah banyak.

Diantara sayur yang bisa dimakan mentah di atas, mana yang biasa kamu makan dengan cara dimasak?

Beri Komentar