Resep Tahu Kekinian untuk Camilan dan Lauk, Enak dan Ramah di Kantong

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 22 April 2022 18:44
Resep Tahu Kekinian untuk Camilan dan Lauk, Enak dan Ramah di Kantong
Deretan resep tahu berikut ini bikin kamu bisa masak enak dengan bahan baku yang murah meriah

Meskipun murah, tahu adalah salah satu bahan makanan yang sangat enak dengan kandungan gizi tak kalah dengan bahan mahal lainnya. Bukan cuman sumber kalori dan protein, tahu mengandung antioksidan yang membantu buat mencegah berbagai jenis penyakit. Sayangnya, resep tahu biasanya cuman itu-itu aja sehingga membuat orang jadi bosan dengan makanan satu ini.

Tahu dibuat dari sari kacang kedelai yang diproses sedemikian untuk menghasilkan endapan lalu dipres dan dicetak. Tahu nggak cuman buat lauk pendamping maknaan, tapi juga camilan hingga kerupuk lho. Deretan resep tahu berikut ini bikin kamu nggak akan bingung lagi bikin sajian terbaik dari bahan makanan yang satu ini.

1 dari 4 halaman

Resep Tahu Walik

Resep TahuResep Tahu © instagram.com/miss_kuliner

Sebenarnya sih resep tahu walik sama aja dengan tahu bakso goreng lainnya. Hanya saja bedanya nih tahu goreng kulit bakalan dibalik sehingga bagian kulit berada di bagian dalam.

Bahan isi:

  • 300 gram daging ayam
  • 3 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 butir telur
  • 7 sdm tepung tapioka
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt garam (sesuai selera)

Bahan lain:

  • 12 buah tahu pong, potong segitiga, lalu balik
  • 2 batang daun bawang, rajang
  • 1 buah wortel, serut

Cara membuat:

  • Chopper daging ayam, bawang putih, dan bawang merah sampai halus, lalu masukkan semua sisa bahan isi, chopper lagi sampai tercampur rata.
  • Masukkan adonan dalam wadah, tambahkan irisan daun bawang dan serutan wortel, aduk rata.
  • Tes rasa dengan cara mengukus sedikit adonan.
  • Bila rasa sudah pas, isi tahu walik dengan adonan sesuai selera, lakukan sampai selesai.
  • Kukus tahu walik yang sudah diisi selama 10 menit, angkat.
  • Panaskan minyak, goreng tahu walik sampai tahu bagian luarnya kering kecokelatan, angkat, tiriskan.
  • Sajikan tahu walik dengan cabai rawit hijau.

2 dari 4 halaman

Resep Tahu Cabe Garam

Resep TahuResep Tahu © tastemade.com

Seperti namanya, resep tahu cabe garam ini menonjolkan rasa dari bahan tersebut. Sajian ini biasanya ada di resto chinesse food dan cocok banget disantap dengan berbagai jenis sayur.

Bahan :

  • 350 gram tahu sutra atau tahu putih
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 sdt sichuan pepper atau lada hitam (atau campur keduanya),
  • 2 sdm minyak sayur
  • 2 buah cabai merah, iris
  • 1/4 kepala brokoli, potong kecil
  • 100 gram taoge
  • 2 sdt kecap asin rendah garam
  • Garam secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya
  • Minyak wijen untuk drizzling
  • Segenggam daun ketumbar, petik daunnya

Cara membuat :

  • Tiriskan tahu dari air dalam bungkusnya dengan menggunakan tisu dapur dan taruh di wadah. Tutupi dengan menggunakan talenan ringan selama 10 sampai 20 menit. Proses ini dapat membuat tahu lebih gurih dan keras saat matang nanti.
  • Potong tahu menjadi dua bagian atau sesuai selera.
  • Campur tahu dengan tepung maizena, lada bubuk, dan garam. Aduk perlahan-lahan supaya tepungnya tercampur dan tidak tahu tidak rusak.
  • Panaskan satu sendok minyak dalam wajan. Tumis cabai dan brokoli selama beberapa menit hingga lunak.
  • Masukkan taoge dan kecap asin, masak kurang lebih selama 1 sampai 2 menit. Taburi dengan sedikit minyak wijen. Sisihkan.
  • Panaskan sisa minyak menggunakan wajan antilengket. Goreng tahu yang sudah dilapisi tepung selama 5 menit atau sampai setiap sisinya garing.
  • Sajikan di atas sayuran yang sudah ditumis dan beri daun ketumbar di atasnya.

3 dari 4 halaman

Resep Tahu Gejrot

Resep TahuResep Tahu © asianfoodnetwork.com

Pengen ngemil tapi cuman ada tahu di kulkas? Coba eksekusi resep tahu gejrot ini deh.

Bahan-bahan:

  • 10 buah tahu pong
  • 1 1/2 sdm gula jawa
  • 1 sdt asam jawa
  • 1 sdm kecap
  • 250 ml air
  • garam secukupnya
  • Bahan yang dihaluskan
  • 2 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5-10 buah cabai rawit hijau

Cara membuat:

  • Siapkan tahu goreng yang sudah dipotong-potong.
  • Siapkan panci, rebus air sampai mendidih. Masukkan gula jawa dan asam jawa. Masak sampai kembali mendidih sambil terus diaduk, saring.
  • Ulek kasar bawang merah, bawang putih, cabe rawit hijau, dan garam. Siram dengan air gula jawa.
  • Sajikan tahu dengan siraman air gula jawa yang sudah dibuat.

4 dari 4 halaman

Resep Tahu Aci

Resep TahuResep Tahu © Cookpad /Aditya Damayanti

Kalau kamu sedang tak punya stok daging ayam untuk bikin tahu walik, maka cobain aja resep tahu aci ini.

Bahan:

  • Tahu putih secukupnya, potong dadu sesuai selera
  • 10 sdm tepung sagu
  • 1 sdm tepung terigu serbaguna
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 2 batang daun bawang, rajang
  • 80 ml air mendidih

Pelapis:

  • 1 sdm tepung sagu

Cara membuat:

  • Campurkan tepung sagu, tepung terigu serba guna, garam, kaldu ayam bubuk, bawang putih bubuk, dan daun bawang. Tuang air mendidih, aduk menggunakan sendok kayu atau spatula asal rata.
  • Ambil satu potong tahu, beri satu sisi tahu dengan tepung sagu sebagai perekat antara tahu dan adonan aci.
  • Ambil adonan aci sesuai selera, tempelkan pada tahu. Lakukan hingga adonan habis.
  • Goreng dengan minyak panas, gunakan api sedang hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  • Tahu aci goreng siap disajikan dengan sambal kecap.

Resep tahu yang beragam dan enak bikin kamu nggak akan kehabisan ide mengolah bahan makanan yang satu ini. 

Penulis : Firda Zalfa

Beri Komentar