Resep Pisang Goreng Crispy Pontianak, Gurih, Legitnya Cocok Jadi Teman Ngeteh Sore Hari Nih!

Reporter : Arifina
Kamis, 2 Mei 2024 13:00
Resep Pisang Goreng Crispy Pontianak, Gurih, Legitnya Cocok Jadi Teman Ngeteh Sore Hari Nih!
Rasa manis, gurih, dan krenyesnya bikin nagih banget lho!

Resep pisang goreng crispy Pontianak bisa menjadi pilihan untuk menyajikan olahan camilan yang lezat. Gorengan yang satu ini cukup popular dan banyak diminati oleh hampir semua kalangan.

Pisang goreng menjadi salah satu camilan klasik yang digemari banyak orang. Di Indonesia, gorengan legit ini memiliki banyak variasi dan hampir di setiap daerah menyediakan jajanan satu ini, tak terkecuali jenis pisang goreng crispy Pontianak.

Sebenarnya, pisang goreng Pontianak ini hampir sama dengan pada umumnya. Tapi, pembedanya adalah pada tekstur yang dihasilkan lebih renyah di luar dengan kremesan yang khas.

 

1 dari 6 halaman

Resep Pisang Goreng Crispy Pontianak © Diadona

Selain itu, bentuk dari olahan pisang khas Pontianak ini berbentuk kipas yang terbuka. Orang di daerah sana terbiasa menikmati jajanan jadul satu ini dengan sambal.

Rasanya yang manis gurih, membuat pisang goreng crispy Pontanak ini cocok dinikmati sebagai camilan teman minum teh atau kopi. Kamu bisa menjumpai jajanan gorengan satu ini di pinggir jalan.

Tapi, biar lebih nikmat dan bisa kamu kreasikan dengan aneka topping rasa menarik. Misalnya, sirup strawberry, glaze, coklat cair, keju, dan yang lainnya. Nah, coba buat sendiri di rumah untuk sajian camilan keluarga dengan resep berikut yuk!

 

2 dari 6 halaman

Resep Pisang Goreng Crispy Pontianak

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat varian pisang goreng satu ini tidak sulit dijumpai di pasaran lho! Gunakan jenis pisang kapok agar cita rasa yang dihasilkan lebih nikmat.

Jangan lupa bahan membuat kremesan untuk membuat tekstur kerenyahan mirip dengan pisang goreng crispy Pontianak ya!

Bahan-Bahan:

  • 10 buah pisang kepok
  • Minyak goreng

Bahan Pencelup:

  • 125 gram tepung terigu serbaguna
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdm tepung beras
  • 2 sdm gula halus
  • 250 ml air matang

Bahan Kremesan:

  • 125 gram tepung sagu
  • 3 sdm tepung beras
  • 1 butir kuning telur
  • 1/4 sdt garam
  • 20 gram gula merah halus
  • 1/2 sdt baking powder
  • 300 ml air

 

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Pontianak

Resep Pisang Goreng Crispy Pontianak © Diadona

Siapkan pisang, kupas dan cuci bersih terlebih dahulu. Lalu, potong-potong menjadi berbentuk kipas terbuka, sisihkan.

Siapkan bahan pencelup, campurkan tepung terigu serbaguna, tepung beras, garam, gula halus, dan ai. Aduk-aduk sampai mencapai kekentalan yang pas.

Kemudian, campurkan bahan kremesan, tepung sagu, tepung beras, kuning telur, garam, gula merah halus, baking powder dan air. Aduk-aduk hingga rata, lalu tambahkan baking powder. Aduk Kembali sampai tercampur sempurna.

 

4 dari 6 halaman

Panaskan minyak di wajan, lalu tuangkan adonan kremesan ke dalamnya dengan Gerakan melingkar. Kecilkan api agar kremesan tidak gosong.

Ambil 1 buah pisang yang telah dibentuk kipas, lalu celumpak ke adonan pencelup. Kemudian, masukkan pisang ke dalam adonan kremesan yang digoreng.

Lipat kedua sisi kremesan, goreng hingga kuning keemasan dan matang ya. Lakukan proses ini hingga semua pisang habis.

Sajikan pisang goreng crispy Pontianak dengan sambal sebagai camilan bisa, ataupun teman minum teh hangat atau kopi.

 

5 dari 6 halaman

Tips agar Pisang Goreng Crispy Pontianak Anti Gagal

Resep Pisang Goreng Crispy Pontianak © Diadona

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membuat sajian pisang goreng crispy Pontianak renyah sempurna dan lezat. Di antaranya sebagai berikut:

  • Pilih jenis pisang kapok yang sudah masak dari pohon dan tidak lembek.
  • Pastikan adonan tepung tidak terlalu encer atau terlalu kental. Adonan yang terlalu encer akan membuat pisang goreng tidak renyah, sedangkan adonan yang terlalu kental akan membuat pisang goreng keras.
  • Pastikan minyak sudah cukup panas sebelum memasukkan pisang ke dalamnya, dan goreng dengan api sedang agar matang sempurna.
  • Untuk variasi rasa, kamu bisa menambahkan bubuk kayu manis atau keju parut ke dalam adonan tepung. Bisa juga membuat glaze untuk tampilan luarnya, taburan keju, oreo, dan aneka rasa lainnya juga semakin menarik dan lezat lho!

Mudah sekali bukan membuatnya? Itulah resep pisang goreng crispy Pontianak yang bisa kamu recook di rumah. Selamat mencoba dengan kreasi yang kamu inginkan ya!

Beri Komentar