Resep Sosis Solo Ayam, Camilan Lezat yang Juicy dan Gurih Banget!

Reporter : Arifina
Senin, 5 Februari 2024 12:00
Resep Sosis Solo Ayam, Camilan Lezat yang Juicy dan Gurih Banget!
Sosis solo ayam cocok banget jadi sajian camilan mengenyangkan nih!

Resep sosis solo ayam bisa kamu jadikan sebagai variasi pilihan camilan di rumah buat keluarga. Sosis solo merupakan salah satu jajanan tradisional Indonesia yang cukup populer.

Rasanya yang lezat dan teksturnya yang juicy dan gurih di dalam membuat sosis solo disukai banyak orang. Camilan ini cocok dinikmati kapan saja, baik sebagai cemilan sore hari atau sebagai pelengkap hidangan utama.

1 dari 6 halaman

Resep Sosis Solo Ayam © Diadona

Berisikan daging ayam yang lembut dan dibumbui dengan rempah-rempah pilihan, sosis solo ayam biasanya juga dijadikan suguhan untuk acara khusus. Cara membuat menu camilan tradisional satu ini ternyata didaklah sulit.

Diperlukan beberapa bahan-bahan utama seperti ayam yang telah disuwir-suwir dan dibumbui, dan kulit luarannya. Untuk membuatnya, tak jauh berbeda dengan cara pengolahan lumpia.

Kamu bisa menggunakan teflon atau wajan walik yang biasa untuk membuat crepe. Berikut resep sosis solo ayam yang bisa kamu recook di rumah!

2 dari 6 halaman

Resep Sosis Solo Ayam

Untuk membuat sosis solo ayam, kamu memerlukan bahan-bahan untuk isiannya, bahan kulit, dan bumbu-bumbu halus.

Bahan Isian:

  • 150 gram dada ayam (rebus dan suwir-suwir)
  • 1 bungkus santan instan (65 ml), encerkan dengan air hingga 130 ml
  • Merica bubuk
  • Garam dan gula pasir secukupnya
  • 3 lbr daun jeruk

Bahan Bumbu Halus:

  • ½ sdm ketumbar
  • 3 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri

Bahan Kulit Sosis:

  • 1 butir telur
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 150 gr tepung terigu
  • 350 ml air
  • Garam dan merica bubuk secukupnya

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Sosis Solo Ayam

Resep Sosis Solo Ayam © Diadona

Pertama-tama buat untuk isian sosis solo terlebih dahulu. Blender semua bahan bumbu halus. Lalu, panaskan minyak di wajan dan tumis hingga harum.

Dalam proses penumisan tersebut, tambahkan daun jeruk untuk memperdalam aroma. Selanjutnya, masukkan daging ayam dan tumis terus hingga bumbunya meresap.

Tuangkan secara bertahap santan, lakukan hingga daging ayam kering. Proses pemaskan ini harus dilakukan dengan api sedang cenderung kecil.

Tambahkan bumbu-bumbu, seperti garam, merica, dan gula. Jangan lupa, koreksi rasa ya. Angkat, sisihkan.

4 dari 6 halaman

Langkah pembuatan kulit sosis solo ayam, kocok telur dengan bawang putih halus. Tambahkan garam dan merica, beri air, lalu aduk-aduk hingga rata.

Masukkan tepung sedikit-demi sedikit sambil diaduk rata hingga adonan tidak bergerindil. Bila diperlukan, lakukan penyaringan.

Tahapan pengolahan, siapkan teflon dan panaskan dengan olesan minya tipis. Lalu, dadar adonan telur di atasnya dengan api kecil. Lakukan, hingga adonan habis.

5 dari 6 halaman

Ilustrasi Sosis Solo © Diadona

Kemudian, saatnya membentuk sosis solo ayam. Ambil satu per satu adonan kulit yang sudah jadi, lalu beri isian dan rekatkan dengan larutan maizena. Lakukan sampai semua kulit adonan habis.

Langkah selanjutnya, siapkan wajan, beri minyak dan panaskan terlebih dahulu. Lalu, goreng sosis solo ayam hingga kecoklatan, tiriskan.

Sosis solo ayam siap disajikan dengan cabe hijau atau cocolan saus. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar