Resep Cara Membuat Tape Ketan Hitam, Putih, Merah, dan Hijau Menggunakan Daun Katuk

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 22 Januari 2020 19:28
Resep Cara Membuat Tape Ketan Hitam, Putih, Merah, dan Hijau Menggunakan Daun Katuk
Siapa sih yang nggak tahu olahan ini. Yap, tape ketan merupakan olahan makanan dengan proses fermentasi yang menghasilkan rasa manis dan segar. Simak resep cara membuat tape ketan di bawah ini!

Jika kamu pencinta olahan makanan fermentasi yang manis dan segar, maka kamu wajib mencoba memakan olahan tape ini. Secara umum tape memiliki dua jenis bahan yang bisa dibuat yaitu singkong dan ketan. Tape ketan sering kita jumpai di beberapa toko oleh-oleh.

Jika kamu biasanya membeli tape ketan, maka nggak ada salahnya kamu mencoba membuat olahan tape ini di rumah. Proses pembuatannya sangat sederhana. Secara umum, cara membuat tape terdapat pada kebersihan alat yang digunakan dan proses fermentasi yang berjalan dalam kurun waktu tertentu yaitu 3 hari. Yuk langsung saja simak resep cara membuat tape ketan yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 5 halaman

Cara Membuat Tape Ketan Hitam

Ilustrasi Tape Ketan © Diadona

Salah satu olahan tape yang wajib kamu coba adalah tape ketan hitam. Rasa manis dan tekstur khas dari tape ketan hitam membuat lidah nggak bisa berhenti ngunyah. Yuk kita buat sendiri olahan menu tape ketan hitam dengan melihat resep cara membuat tape ketan di bawah ini.

Bahan:

- 150 gram ketan hitam
- 100 gram ketan putih
- 1 butir ragi instan

Cara membuat tape ketan hitam:

  1. Cuci bersih ketan dan rendam dengan air semalam. Tiriskan ketan lalu masukkan dalam panci dan tambahkan dengan air kurang lebih 5 cm diatas ketan. Masak hingga mendidih dan aduk ketan agar matangnya merata.
  2. Kukus ketan dalam kukusan selama kurang lebih 30 menit hingga matang. Angkat ketan dan letakkan dalam nampan yang sudah dialasi plastik. Tunggu hingga benar-benar dingin.
  3. Hancurkan ragi dan ayak agar ukurannya rata. Taburkan diatas ketan hingga merata. Siapkan wadah dan penutupnya. Alasi dengan daun singkong, masukkan ketan yang sudah diberi ragi dan tutup dengan rapat. Diamkan ketan selama 1-2 hari(jangan dibuka tutup). Tape ketan siap dinikmati.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Tape Ketan Putih

Ilustrasi Tape Ketan © Diadona

Selain tape ketan hitam olahan tape yang nggak kalah enak adalah tape ketan putih ini. Kamu tentunya bisa membuat tape ketan putih di rumah. Yuk simak resep cara membuat tape ketan putih di bawah ini.

Bahan:

- 1 kg beras ketan
- 8 gram ragi tape
- 300 ml air kukusan beras tape
- 2 sdm gula pasir atau sesuai selera

Cara membuat tape ketan putih:

  1. Cuci beras ketan paling tidak 3 kali hingga bersih dan airnya bening lalu tiriskan. Siapkan kukusan dan lapisin dengan alas, bisa memakai daun pisang atau kain usahakan jangan langsung ditempatkan pada penyaring kukusan. Tuangkan beras ketan yang sudah tiris dan siap dikukus.
  2. Masak beras ketan selama 15 menit hingga menjadi setengah matang. Cirinya ketika di sentuh dengan ujung jari ketan terasa empuk dan padat serta warnanya sudah berubah menjadi lebih transparan.
  3. Matikan api dan siapkan wadah yang cukup besar untuk menampung beras ketannya, aduk aduk hingga tidak menggumpal. Ambil air bekas kukusan beras ketan bukan dari air rebusan lain karena ini sudah steril, lalu guyurkan pada beras ketannya.

    Aduk hingga rata dan air meresap ke dalam ketan, fungsi air ini adalah untuk membasahi ketan sehingga matang saat dikukus kedua kalinya. Cek kembali sisa air kukusan, tambahkan supaya air tidak kurang saat pengukusan.
  4. Kukus kembali beras ketan selama 30 menit saja dan gunakan api besar, pada tahap ini ketan tidak boleh bersentuhan lagi dengan tangan, bila mau ngecek matangnya cukup ambil dengan sendok karena kontaminasi bakteri dari tangan akan membuat fermentasi menjadi gagal.
  5. Sambil menunggu ketan yang sedang dikukus, lembutkan ragi dengan gula pasir menggunakan punggung sendok hingga halus, sisihkan. Ketika ketan selesai dikukus tempatkan pada wadah yang berongga supaya uap bisa keluar dengan bebas dan ketan menjadi tiris juga cepat dingin. Aduk perlahan supaya uap panasnya hilang dan cepat dingin.
  6. Taburkan campuran ragi dan gula pasirnya setengah ukuran dulu. Aduk perlahan hingga ragi rata dan taburi kembali dengan sisa ragi, aduk lagi. Tempatkan pada wadah tertutup, lalu masukan kedalam kukusan yang sudah bersih.
  7. Lapisi dengan berlapis lapis kain, pakai kain lap dapur yang bersih hingga memakai 5 lembar, gunanya memastikan panas hasil fermentasi tidak menyebar kemana mana sehingga suhu terjaga dengan baik dan membuat tape ketan mampu matang sempurna.
  8. Terakhir tutupi dengan tutup kukusan (dandang) dan taruh ditempat yang adem dan tidak kena cahaya ( saya kolong meja) dan diamkan selama 3 harian. Seger dan nikmat saat disantap dalam keadaan dingin.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Tape Ketan Hijau

      View this post on Instagram

Bismillah.... Assalamuallaikum... . . Panasnya cetar ya makkkk...pengennya yg seger"....kpn itu bikin tape ketan makk... bikin tape ketan itu gampang2 susah ya makk...klo kematengan ketannya jd lembek ky bubur...kurang matang,berasa makan beras... kdg udh berair tp rasanya nggak manis khas tape ???????? . . Tape Ketan . . Bahan : -1 Liter beras ketan putih -2 ragi tape . -6 sdm gula pasir -3 lbr daun pandan -pewarna hijau -400 ml air panas . . Cara : ????????Cuci bersih beras,rendam min 3 jam,setelah direndam cuci lagi,tiriskan ????????panaskan air untuk mengukus,masukkan daun pandan,kukus beras ketan sampai setengah matang ????????pindahkan ketan ke dlm wadah ????????campur air panas (mendidih) 400 ml dengan pewarna hijau secukupnya ????????siramkan campuran air dan pewarna ke dlm ketan,aduk rata,tutup,diamkan 15 menit ????????kukus kembali ketan sampai matang ????????taruh ketan diatas nampan yg sudah diberi daun pisang/plastik,biarkan sampai ketan benar2 dingin ????????beri taburan ragi (dihancurkan dgn sendok sampai bnr2 halus) sampai rata ????????taburkan jg gula pasir dgn merata ????????simpan diwadah tertutup (beserta daun pisang/plastiknya),simpan ditempat yg suhunya hangat ????????biarkan hingga 3 hari . . #reseptape #reseptapeketan #reseptapeketanhijau #reseptapeketanhijauenak #bakingcookingpemula #yukmasak #doyancooking

A post shared by Indri (@nindriany17) on

Kamu tentunya juga bisa membuat tape dengan warna hijau dari pewarna makanan yang membuat tampilan tape semakin menggoda. Warna hijau tape yang menyegarkan akan semakin nikmat dalam keadaan dingin. Yuk langsung saja simak resep cara membuat tape ketan hijau yang telah Diadona ulas di bawah ini.

Bahan:

- 1 liter beras ketan putih
- 2 ragi tape .
- 6 sdm gula pasir
- 3 lbr daun pandan
- pewarna hijau
- 400 ml air panas

Cara membuat tape ketan hijau:

  1. Cuci bersih beras dan rendam minimial 3 jam kemudian cuci lagi hingga benar-benar bersih. Panaskan air untuk mengukus, masukkan daun pandan, kukus beras ketan sampai setengah matang.
  2. Pindahkan ketan ke dalam wadah. Campur air panas (mendidih) 400 ml dengan pewarna hijau secukupnya. Siramkan campuran air dan pewarna ke dalam ketan, aduk rata, tutup, diamkan 15 menit.
  3. Kukus kembali ketan hingga matang. Taruh ketan di atas nampan yang sudah diberi daun pisang/plastik. Biarkan hinga ketan benar-benar dingin.
  4. Tambahkan taburan ragi yang sebelumnya telah dihancurkan dengan sendok sampai benar-benar halus. Aduk dan campur hingga rata. Taburkan juga gula pasir dengan merata lalau simpan di wadah tertutup (beserta daun pisang / plastiknya). Simpan di tempat dengan suhun hangat hingga 3 hari.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Tape Ketan Hijau Daun Katuk

Ilustrasi Tape Ketan © Diadona

Jika kamu ingin membuat olahan berbeda dari menu tape ketan, maka kamu bisa membuat tape ketan dengan daun katuk di bawah ini. Penasarankan bagaimana cara memebuat tape ketan ini? Yuk simak selengkapnya dalam resep cara membuat tape ketan hijau daun katuk di bawah ini.

Bahan:

- 450 kg beras ketan putih
- 50 gram daun katuk
- 2 butir ragi haluskan

Cara membuat tape ketan daun katuk:

  1. Cuci beras ketan hingga bersih dan rendam semalaman. Kukus beras ketan agar menjadi lunak dan siapkan daun katuk untuk diambil sarinya. Setelah beras ketan menjadi aron, angkat dan taruh di wadah lalu siram dengan air katuk. Aduk merata dan diamkan beberapa saat.
  2. Kemudian kukus lagi ketan sampai matang. Setelah itu angkat dan dinginkan. Hancurkan ragi dan ayak agar benar-benar halus dan taburkan di atas ketan lalu ratakan. Bentuk bulat-bulat sampai adonan ketan habis. Setelah itu masukkan ke dalam wadah yang telah disediakan dan tutup rapat lalu diamkan semalaman. Simpan di dalam lemari pendingin.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Tape Ketan Merah

Ilustrasi Tape Ketan © Diadona

Resep di bawah ini adalah cara membuat tape ketan merah yang tentunya bisa kamu buat sendiri di rumah. Langsung saja simak resep selengkapnya di bawah ini.

Bahan:

- 1/2 kg beras ketan
- Daun pisang untuk pembungkus secukupnya
- 2 gelas air bersih
- 2 butir ragi
- 2 sdm gula

Cara membuat tape ketan merah :

  1. Cuci beras ketan hingga bersih. Rendam ketan pada malam sebelumnya supaya empuk. Jika selesai direndam pada keesokan harinya, ambil dan tiriskan. Kukus beras ketan hitam sampai menjadi setengah matang.
  2. Jika menginginkan lebih cepat dan mudah, bisa di masak terlebih dahulu dengan sedikit air, baru setelah matang, beras ketan kemudian diangkat dan dikukus. Siapkan air panas sebanyak 2 gelas. Pada saat beras ketan dikukus dan mengeluarkan uap panas, siram dengan air panas 2 gelas tadi (posisi kukusan masih berada diatas kompor), sambil diaduk-aduk hingga semua beras ketan terkena air panas secara merata.
  3. Teruskan mengukus hingga ketan menjadi matang. Angkat beras ketan dan taruh dalam nampan atau tampah yang besar, lalu diratakan. Biarkan beras ketan yang sudah diratakan dalam nampan tadi sudah benar-benar menjadi dingin. Sambil menunggu beras dingin, haluskan raginya. Ambil wadah berukuran sedang, beri alas daun pisang yang rapi/menutupi seluruh permukaan wadah. Setelah diber alas daun pisang, masukkan lapisan pertama beras ketan, ratakan dengan baik, lalu taburi atasnya dengan ragi yang sudah dihaluskan tadi hingga rata.
  4. Tambahkan lagi lapisan yang kedua beras ketan, taburi ragi lagi diatasnya dan gula halus. Lakukan proses ini seterusnya hingga bahan habis. Tambahkan daun pisang untuk menutupi permukaan bakal tape tersebut dengan baik dan benar-benar rapat(bisa menggunakan 2 lapis daun pisang atau ditambah dengan kain serbet yang bersih).
  5. Tutup kembali wadah dengan tutupnya hingga rapat, diamkan selama 3 hari 2 malam. Taruh wadah bakal tape tersebut di tempat yang hangat. Jika sudah 3 hari hari dan meskipun hanya sekedar menengok, jangan pernah dibuka sebelum jatuh tempo karena proses fermentasi bisa terganggu.

Itulah tadi beberapa resep cara membuat tape ketan dengan rasa manis yang tentunya mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Bagaimana pengalaman kamu dalam memakan olahan tape ketan ini? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar