Resep Keciput Wijen Renyah Anti Gagal, Camilan Lebaran Gurih dan Dijamin Anti Melempem

Reporter : Arifina
Rabu, 3 April 2024 13:00
Resep Keciput Wijen Renyah Anti Gagal, Camilan Lebaran Gurih dan Dijamin Anti Melempem
Renyah, gurih, legit, nikmat banget!

Resep keciput wijen renyah anti gagal bisa kamu jadikan referensi untuk membuat menu camilan praktis dan simple. Jajanan jadul satu ini biasanya juga dihadirkan untuk suguhan Lebaran lho!

Berbentuk bulat atau memanjang dengan taburan wijen, keciput wijen menjadi salah satu kudapan yang banyak diminati. Apalagi dengan teksturnya yang renyah dengan cita rasa gurih, legit, dan aroma wangi wijen membuat olahan camilan satu ini begitu menggugah selera.

Kue keciput dibuat dari bahan utama tepung beras ketan, telur, dan wijen. Saat ini, olahan jajanan Lebaran satu ini banyak hadir dengan berbagai varian.

 

1 dari 7 halaman

Resep Keciput 1 Kg © Diadona

Mulai dari bentuknya yang bulat hingga memanjang, kemudian variasi warna-warni yang semakin membuat kue keciput menarik untuk disantap. Nah, pembuatannya sendiri ternyata tidak begitu sulit lho!

Namun, membuat keciput wijen yang renyah sempurna anti gagal memang cukup tricky. Sebab, jika salah dalam mengolahnya justru menjadikan jajanan tradisional ini cepat melempem dan tidak lezat dinikmati.

Tapi dengan beberapa tips berikut kamu bisa membuat keciput wijen renyah anti gagal untuk dinikmati sendiri atau disuguhkan kepada tamu. Simak resepnya berikut!

 

2 dari 7 halaman

Resep Keciput Wijen Renyah Anti Gagal

Tepung ketan dan wijen seakan menjadi bahan utama dari menu kudapan renyah satu ini. Pastikan menggunakan bahan-bahan berkualitas agar rasanya lebih lezat ya!

Bahan-Bahan:

  • 500 gram tepung ketan
  • 2 butir telur
  • 100 gram tepung tapioka
  • 100 gram margarin
  • 3 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 200 gram wijen
  • Air
  • Minyak goreng

 

3 dari 7 halaman

Cara Membuat Keciput Wijen Renyah Anti Gagal

Resep Keciput Wijen Renyah Anti Gagal © Diadona

Siapkan telur, gila, garam dan margarin dalam wadah. Kocok hingga tercampur menggunakan whisk atau mixer sebentar saja.

Kemudian, campurkan adonan telur dan margarin dengan tepung ketan dan tepung tapioka. Untuk adonan yang lebih halus, ayak dahulu tepung terigu dan tepung tapioka ya.

Aduk-aduk sampai adonan tercampur sempurna. Aduk sambil menambahkan air sedikit demi sedikit hingga dirasa adonan pas sempurna.

 

4 dari 7 halaman

Selanjutnya, uleni juga adonan hingga kalis dan tidak terlalu lembek. Pastikan tidak lengket ditangan agar adonan mudah dibentuk.

Bentuk adonan: ambil sedikit saja, lalu bentuk menjadi bulatan kecil. Kamu juga bisa membentuk kue keciput wijen dengan model lainnya, seperti memanjang biasa seperti stick.

Berikutnya, baluri adonan yang sudah dibentuk dengan wijen putih. Lakukan proses pembentukan kue keciput hingga adonan habis.

 

5 dari 7 halaman

Resep Keciput 250 Gram © Diadona

Panaskan minyak goreng di wajan, lalu goreng kue keciput dengan api sedang. Lakukan proses penggorengan dengan api sedang hingga kue berwarna kuning keemasan.

Angkat kue keciput, tiriskan dan biarkan dingin hingga uap panasnya menghilang. Masukkan ke toples kedap udara agar terjaga kerenyahannya.

Kue keciput wijen renyah anti gagal siap dinikmati. Kamu bisa menyetoknya untuk sehari-hari ataupun suguhan tamu lho!

 

6 dari 7 halaman

Tips Membuat Keciput Wijen Renyah Anti Gagal

  • Pastikan menggunakan tepung ketan berkualitas.
  • Gunakan margarin yang dingin agar adonan lebih mudah dibentuk.
  • Jangan mengaduk adonan terlalu lama agar keciput tidak alot.
  • Air dingin ditambahkan sedikit demi sedikit untuk mengatur kekenyalan adonan. Adonan jangan terlalu lembek.
  • Setelah matang, angkat keciput dan dinginkan sepenuhnya sebelum disimpan dalam wadah kedap udara. Ini untuk menjaga keciput tetap renyah.

Itulah resep keciput wijen renyah anti gagal yang bisa kamu recook di rumah. Sajikan sebagai teman nonton drama Korea, atau teman minum teh hangat di rumah. Selamat mencoba!

Beri Komentar