8 Resep Macaroni Schotel Panggang dan Kukus yang Praktis dan Ekonomis, Rasanya Lezat dan Ngeju Banget!

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 27 Juni 2022 14:39
8 Resep Macaroni Schotel Panggang dan Kukus yang Praktis dan Ekonomis, Rasanya Lezat dan Ngeju Banget!
Ada beragam resep macaroni schotel yang udah direcook oleh banyak orang jadi dijamin kelezatannya

Campuran antara bahan nabati seperti kornet, sosis dan ayam serta keju dan susu membuat sajian ini terasa gurih banget dan kaya gizi. Macaroni schotel coock banget buat sarapan atau makan malam, untuk makan berat atau sekedar camilan.

Makaroni schotel yang populer di Indonesia awalnya berasal dari Belanda, sebab kata 'schotel' adalah bahasa Belanda yang berarti sajian. Nggak hanya dipanggang, macaroni schotel juga bisa dimasak dengan cara dikukus. Namun apapun teknik memasaknya nih, macaroni schotel tetap akan memiliki cita rasa yang lembut dengan rasa yang ngeju banget!

Berapa lama mengukus macaroni schotel?

Umumnya macaroni shcotel dikukus selama 15-20 menit, lebih cepat daripada versi yang dipanggang. Macaroni schotel yang dikukus biasanya memiliki rasa yang lebih basah dan tektus yang lebih lembut. Hanya saham macaroni ini nggak seharum versi panggang.

Saat mengukus, jangan lupa lapisi permukan panci kukusan dengan serbet untuk mencegah uap air kukusan jatuh ke hidangan. Setelah melapisi dengan serbet bersih, baru deh tutup kukusan dengan rapat.

Banyak orang mengira kalau membuat macaroni shcotel cukup sulit dengan bahan-bahan yang mahal, membuat sajian ini terkesan mahal. Padahal nggak juga lho! Sudah banyak resep macaroni shootel bertebaran di internet dengan hasil rasa yang patut kamu coba, serta dengan beragam isian dari yang ekonomis hingga premium.

Dikutip dari berbagai sumber, yuk simak resep macaroni schotel yang telah Diadona rangkum berikut ini.

1 dari 8 halaman

Resep Super Cheesy Macaroni Schotel Tintin Rayner

Resep Macaroni Schotel Tintin RaynerResep Macaroni Schotel Tintin Rayner © Tintin Rayner

Untuk kamu yang suka keju, resep macaroni schotel super ngeju dari Tintin Rayner ini wajib banget kamu cobain! Begitu keluar dari oven kamu sudah bisa langsung mencium aroma yang gurih banget!

Bahan :

  • 200 gram macaroni elbow rebus tiriskan beri minyak, aduk rata
  • 140 gram keju parut (boleh campur dengan cheddar, mozza atau edam)
  • 3 buah sosis sapi, potong kecil
  • 4 butir telur utuh
  • 320 ml susu cair full cream
  • garam, pala, merica sesuai selera
  • 1 buah wortel potong dadu kecil
  • 1 butir bawang bombay ukuran sedang

Bahan Untuk Saus Putih :

  • 160 gram keju parut (boleh pake cheddar, mozarella / edam)
  • 300 cc susu cair
  • 2 sendok makan tepung segitiga
  • 2 sendok makan butter

Cara membuat :

  • Tumis bawang bombay dengan 2 sendok makan butter sampai harum, lalu masukkan sosis, wortel, dan aduk sampai matang.
  • Masukkan macaroni rebus dan keju lalu aduk asal rata saja
  • Selanjutnya segera tuangkan campuran susu dan telur, lalu bumbu pala, garam, merica dan kaldu bubuk, gula sesuai selera, kemudian masak lagi sekitar 5 menitan supaya meresap
  • Untuk membuat saus putih, panaskan butter, masukkan tepung terigu, aduk cepat supaya tidak menggumpal. Segera tuangi susu serta keju. Masak di api kecil sampai mengental dan keju larut
  • Untuk memanggangnya, tuang macaroni ke pyrex atau wadah aluminium, lalu siram dengan saus putih. Taburkan sedikit keju parut, oregano/parsley sesuai selera, siap dipanggang.
  • Panggang macaroni di suhu 180 derajat sekitar 40 menit sampai harum matang

2 dari 8 halaman

Resep Macaroni Schotel Xanderskitchen

Resep Macaroni Schotel XanderskitchenResep Macaroni Schotel Xanderskitchen © Xanderskitchen

Karena resep macaroni schotel dari Xanderskitchen ini gampang banget, kamu bisa membuatnya untuk sarapan dan bekal. Nggak ribet dan isiannya tak harus sesuai dengan respe berikut, kamu bisa sesuaikan dengan bahan yang tersedia di kulkas.

Bahan :

  • 200 gram macaroni
  • 1/2 buah bawang bombay cincang
  • 2 siung bawang putih cincang
  • 5 buah sosis sapi, iris bulat
  • 100 gram jamur kancing, iris
  • 3 lembar smoked beef, potong kotak
  • 2 batang wortel potong kotak kecil
  • 500 ml susu cair
  • 5 butir telur kocok
  • 180 gr keju cheddar, sebagian parut sebagian potong kotak kecil
  • secukupnya garam
  • secukupnya gula
  • secukupnya pala
  • secukupnya merica

Bahan untuk saus keju :

  • 1 sdm mentega
  • 2 sdm terigu
  • 200 ml susu cair
  • 100 gram keju , parut sisakan sebagian untuk taburan
  • secukupnya garam
  • secukupnya merica

Cara membuat :

  • Rebus macaroni dalam air. Tambahkan sedikit minyak dan rebus sampai matang. Jangan sampai lembek ya!
  • Tumis bawang bombay, bawang putih sampai wangi lalu masukkan sosis, smoked beef, wortel, jamur. Aduk rata.
  • Tambahkan susu cair, telur kocok, garam, gula, merica, pala ke dalam tumisan. Aduk rata. Masukkan keju dan aduk lagi
  • Tuang ke dalam pinggang yg telah dioles mentega. Panggang selama 30 menit.
  • Selanjutnya buat saus keju dengan memanaskan mentega, masukkan terigu, aduk sampai menggumpal. Tambahkan susu dan keju beri garam, merica. Aduk sampai mendidih. Angkat.
  • Tuang saus keju di atas macaroni yang udah dipanggang tadi, taburkan keju parut, oven lagi sampai matang. Resep macaroni schotelnya sudah selesai dan sajian siap dihidangkan.

3 dari 8 halaman

Resep Macaroni Schotel ala Chef Yuda

Resep Macaroni SchotelResep Macaroni Schotel © Macaroni schotel ala Chef Yuda Bustara (Dok. Chef Yuda Bustara

Nah kalau resep macaroni schotel ini merupakan resep dari chef Yuda. Tak berbeda jauh dari resep lainnya tapi tentu saja harus kamu coba!

Bahan :

  • 250 gram macaroni
  • 50 gram mentega
  • 1 sendok makan atau sdm tepung
  • 250 ml susu cair
  • 500 gram bawang bombay, potong dadu
  • 30 gram daging asap potong kotak
  • 300 gram kornet
  • 75 gram keju cheddar parut
  • Garam merica secukupnya
  • 4 Butir telur ayam
  • Sejumput pala bubuk
  • 3 gram daun parsley

Cara membuat :

  • Rebus makaroni lalu tiriskan dan sisihkan.
  • Lelehkan margarin dan tumis bawang putih, bawang bombay hingga harum dan lembut, masukkan tepung masak hingga matang dan aroma tepung seperti masak kue.
  • Masukkan susu perlahan sambil diaduk sampai adoann jadi kental. Aduk terus ya agar tidak menggumpal.
  • Bumbui dengan lada, garam, kemudian pala sesuai selera, tambahkan keju parut.
  • Campurkan macaroni ke dalam saus putih.
  • Masukkan telur, kornet dan daging asap, aduk rata.
  • Tuangkan dalam loyang dan pinggan tahan panas.
  • Taburi dengan keju parut dan peterseli.
  • Panggang selama kurang lebih 45 menit dalam oven dengan suhu 175 derajat celcius hingga warna kecoklatan.

4 dari 8 halaman

Resep Macaroni Schotel Panggang Praktis dengan Keju Melt

Biar kejunya makin lumer dan ngasih penampilan yang emnarik pada macaroni schotel kamu, gunakan keju quick melt di bagian atasnya. Intip resep dari Youtube Luvita Ho berikut ini ya!

Bahan :

  • 2 cangkir macaroni
  • 4 lembar smoked beef, di potong kecil-kecil
  • 1/2 bawang bombay
  • 2 sdm mentega tawar
  • 2 sdm tepung serba guna (tepung terigu) di
  • 500 ml Susu cair
  • 100 gram keju easy melt
  • 50 gram keju parut
  • garam dan Lada
  • mozarella untuk atasnya

5 dari 8 halaman

Resep Macaroni Schotel JTT

Resep Macaroni SchotelResep Macaroni Schotel © justtryandtaste.com

Buat kamu pecinta masak-memasak pasti nggak asing dengan blog Just Try and Taste yang selalu ngasih resep pilihan yang dijamin enak. Saking banyaknya pembaca yang antusias dengan resep terbarunya, resep-resep di blog tersebut sampai dibukukan lho!

Bikin macaroni schotel dari beragam resep para chef tentu tak lengkap tanpa menjajal resep dari Endang Indriani, tokoh inspiratif di balik blog tersebut. Kamu harus cobain!

Bahan & bumbu tumisan daging:

  • 1 sendok makan minyak untuk menumis
  • 2 buah bawang bombay, cincang halus
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 4 batang daun bawang, rajang halus
  • 450 gram daging sapi cincang
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh garam

Bahan & bumbu saus putih:

  • 3 sendok makan mentega/margarine
  • 3 sendok makan tepung terigu serba guna
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 buah pala parut
  • 600 ml susu cair
  • 200 gram cream cheese
  • 150 gram keju cheddar parut kasar
  • 1 sendok teh kaldu bubuk
  • 1 1/2 sendok makan gula pasir

Bahan lainnya:

  • 350 gram macaroni kering
  • 6 butir telur, kocok lepas

Topping:

  • 200 gram keju mozarella parut kasa

Lebih lengkap tentang cara membuatnya bisa kamu intip langsung di blognya berikut ini ya!

6 dari 8 halaman

Resep Macaroni Schotel Teflon

Resep Macaroni SchotelResep Macaroni Schotel © shutterstock.com

Nggak punya oven atau kukusan nggak boleh menghilangkan niat kamu untuk mencoba sajian yang satu ini. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan teflon lho!

Bahan-bahan:

  • 250 gram makaroni
  • 125 gram kornet
  • 250 ml susu cair
  • 2.5 sdm mentega
  • 1.5 buah bawang bombay, cincang halus
  • 2.5 siung bawang putih, cincang halus
  • 2.5 lembar smoked beef
  • 2 buah sosis, potong tipis
  • 1 buah keju cheddar, parut
  • 0.5 buah melted cheese
  • lada bubuk secukupnya
  • garam secukupnya

Cara membuat :

  • Pertama, didihkan air, tambahkan sedikit minyak dan masukkan macaroni. Rebus sampia melunak. angkat dan sisihkan.
  • Tumis bawang bombay dan bawang putih di teflon. Masukkan pula kornet, smoked beef, dan potongan sosis.
  • Masukkan setengah takaran makaroni ke wajan, tambahkan setengah takaran susu cair, aduk sampai rata.
  • Kalau rasanya sudah sesuai selera, tambahkan lagi sisa makaroni dan susu cair ke dalam wajan. Aduk lagi sampai matang dan mengental, lalu matikan kompor.
  • Untuk memasaknya, masukkan macaroni di teflon yang sudah dipanaskan trsu masak selama 20-30 menit. Matikan kompor bila sajian sudah matang.

7 dari 8 halaman

Resep Macaroni Schotel Ekonomis

Resep Macaroni Schotel EkonomisResep Macaroni Schotel Ekonomis © Keyla's Kitchen

Macaroni schotel mungkin identik dengan sajian mewah karena bahan-bahannya yang mahal. Tapi ada juga resep macaroni schotel versi ekonomis dengan rasa yang tak kalah endeus dari Kheyla's Kitchen berikut ini.

Bahan :

  • 150 gram macaroni
  • 1 buah bombai kecil
  • 1 sdm margarin
  • 3 buah sosis sapi
  • 50 gram kornet
  • 150 ml susu full cream
  • 50 gram cheddar (parut)
  • 2 butir telur
  • Secukupnya parsley, pala bubuk, gula, garam , merica
  • Secukupnya cheddar parut, mozarella, parsley

Cara membuat:

  • Panaskan oven dan rebus air untuk memasak macaroni samnpai matang. Potong bawang bombay, iris sosis dan parut keju serta kocok lepas telur.
  • Panskan margarin dan tumis bawang bombay ssampai wangi, masukkan sosis dan tumsi sebentar
  • Tambahkan susu cair dan bumbu lainya, aduk sampai rata. Tambahkan keju dan parsely lalu aduk dan matikan api.
  • Masukkan telur yang telah dikocok lepas, aduk cepat agar tidak menggumpal. Tambahkan macaroni, aduk, masukkan di loyang. Tambahkan parutan keju cheddar dan keju parsley.
  • Panggang di oven bersuhu 180 derajat selama 30 menit atau sesuaikan oven masing-masing.

8 dari 8 halaman

Resep Macaroni Schotel Goreng

Resep Macaroni Schotel GorengResep Macaroni Schotel Goreng © Instagram/@banususanto

Selain dikukus dan dioven, ada juga nih resep macaroni schotel goreng? Eits, bukan begitu sih. Setelah dikukus, macaroni schotel dipotong lalu dilapisi dengan tepung panir lalu digoreng. Cocok banget nih buat bekal atau camilan anak-anak di sekolah karena bentuknya yang simple.

Bahan :

  • 250 gram makaroni, rebus lalu tiriskan
  • 250 gram daging sapi cincang
  • 2 buah wortel, parut kasar
  • 3 butir telur ayam, kocok lepas
  • 300 ml susu
  • 50 gram keju parut
  • 1/2 butir bawang bombay, cincang halus
  • 1 sdm mentega
  • 1 sdm tepung terigu
  • garam, gula, dan lada bubuk secukupnya
  • 1 putih telur untuk bahan pencelup

Cara membuat :

  • Tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan daging dan masak sampai matang.
  • Masukkan wortel dan susu ke tumisan. Tambahkan garam, gula, dan lada lalu aduk sampai rata.
  • Masukkan makaroni, keju, dan tepung terigu, adukkembalis ampia rata dan tepung tidak menggumpal. Kalau sudah, matikan api dan biarkan dingin.
  • Panaskan kukusan. Masukkan telur ke dalam adonan makaroni dan seklai lagi, aduk sampai rata yah! Selanjutnya masukkan makaroni ke loyang yang sudah dilapisi kertas roti dan diolesi minyak goreng.
  • Kukus sampai matang. Setelah matang, biarkan dingin, lalu potong-potong sesuai selera.
  • Celupkan makaroni ke putih telur. Goreng hingga matang. Angkat dan tiriskan.

Sebenernya sih secara umum resep macaroni schotel tak jauh beda dengan yang lain. Hanya saja tentu setiap chef memiliki kekhasan sendiri-sendiri dalam sajian mereka, tinggal kamu harus mencari tahu mana yang cocok dengan seleramu. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar