5 Resep Olahan Ayam dari Bumbu Padang, China hingga Bumbu Madu Buat Inspirasi Menu Harianmu

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 20 Mei 2022 23:41
5 Resep Olahan Ayam dari Bumbu Padang, China hingga Bumbu Madu Buat Inspirasi Menu Harianmu
Resep olahan ayam in bikin kamu nggak bingung mau mengolah ayam dengan cara apa lagi

Daging ayam merupakan jenis protein hewani yang banyak dikonsumsi karena murah dan mudah didapat serta gampang diolah. Resep olahan ayam tersedia dalam berbagai macam, mulai dari digoreng, dikukus, rebus, dipanggang atau dibakar. Ayam bisa dimasak dengan bumbu merah, bumbu dasar kuning, bumbu oriental dan masih banyak lagi.

Tapi tetep saja nih kadang kita stuck dan bingung trus mencari cari resep olahan ayam di internet, kan? Diadona punya daftarnya nih! Pantengin ya!

1 dari 5 halaman

Resep Olahan Ayam Kecap Mentega

Resep Olahan AyamResep Olahan Ayam © shutterstock.com

Resep olahan ayam kecap mentega adalah salah satu sajian andalan restoran chinnese. Gurihnya mentega dan kecap manis serta asin berpadu menghasilkan cita rasa oriental.

Bahan yang dibutuhkan

  • 1 ekor daging ayam
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 ruas jahe, potong sebesar korek api
  • 1 sendok makan mentega
  • 1 sendok makan minyak wijen
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 1 butir jeruk nipis
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Cara membuat :

  • Cuci bersih daging ayam, lumuri dengan air perasan jeruk nipis, diamkan beberapa saat. Bilas daging ayam hingga bersih kemudian potong daging menjadi agak kecil.
  • Panaskan wajan dan lelehkan mentega. Kemudian tumis bawang putih hingga tercium aroma wangi. Tambahkan jahe, dan tumis hingga jahe layu.
  • Masukkan daging ayam, aduk-aduk dan masak hingga daging berubah warna.
  • Tambahkan kecap asin, kecap manis, gula, garam, dan air. Adik-aduk hingga merata.
  • Tambahkan minyak wijen. Aduk-aduk dan masak hingga bumbu meresap dan daging empuk. Angkat dan sajikan..
  • Ayam kecap mentega siap disantap!

2 dari 5 halaman

Resep Olahan Ayam Bumbu Padang

Resep Olahan AyamResep Olahan Ayam © resep.us

Resep olahan ayam bumbu padang dibuat dari bumbu dasar oranye untuk masakan seperti gulai atau pepes. Rasanya pedas dan gurih dari cabai merah, cabai rawit dan campuran rempah.

Bahan yang dibutuhkan

  • 4 potong paha ayam
  • 1 lembar daun kunyit
  • 150 ml santan kelapa
  • 1 buah jeruk nipis
  • 3 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 4 siung bawang putih
  • 1 cm kunyit
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya
  • 8 siung bawang merah
  • 1 ½ sendok teh ketumbar
  • 1 ruas jahe
  • 2 ruas lengkuas
  • 4 buah cabai merah
  • 3 butir kemiri
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat :

  • Bersihkan daging ayam, kemudian lumuri dengan air perasan jeruk nipis, dan diamkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih.
  • Bersihkan dan haluskan bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, kemiri, dan cabai merah. Panaskan minyak dan tumis bumbu halus.
  • Tambahkan kunyit, daun salam, dan daun jeruk ke dalam tumisan. Dan tumis hingga tercium aroma wangi.
  • Tuang kaldu bubuk dan santan. Aduk-aduk hingga merata.
  • Masukkan daging ayam, aduk-aduk merata dan masak hingga bumbu meresap dan daging menjadi empuk.
  • Kemudian panggang ayam ke atas teflon atau pemanggang. Setelah di balik-balik beberapa saat, angkat dan sajikan.
  • Ayam panggang bumbu padang siap menemani makan kalian!

3 dari 5 halaman

Resep Olahan Ayam Kuah Santan

Resep Olahan AyamResep Olahan Ayam © Simple Rudy TV,

Memasak ayam dengan kuah santan memberikan cita rasa gurih dan sedap.

Bahan yang dibutuhkan :

  • 1 ekor ayam, potong-potong menjadi 10-12 bagian
  • 7 siung bawang putih
  • 7 butir bawang merah
  • 5 buah cabai merah
  • 5 buah cabai rawit
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • ½ sendok teh ketumbar bubuk
  • 3 butir kemiri
  • 1 bungkus kaldu ayam
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai
  • 600 ml santan kelapa
  • 700 ml air
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Minyak secukupnya

Cara membuat :

  • Cuci bersih daging ayam, bila perlu cuci dengan menggunakan air jeruk nipis. Kemudian presto ayam selama 15 menit.
  • Jika ayam sudah matang, goreng daging ayam hingga setengah matang tanpa dibumbui. Tiriskan dan sisihkan.
  • Untuk kuah santan pedas, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kemiri, kunyit, jahe, merica dan ketumbar.
  • Panaskan minyak dan tumis bumbu halus. Tumis hingga aroma wangi sudah tercium, tambahkan sedikit air dan tumis kembali.
  • Tambahkan daun jeruk dan serai. Kemudian masukkan air dan tunggu hingga mendidih.
  • Masukkan ayam yang telah digoreng, aduk-aduk hingga tercampur merata.
  • Masukkan santan, kemudian masak kembali hingga mendidih dan bumbu merasuk.
  • Ayam kuah santan pedas siap disajikan!.

4 dari 5 halaman

Resep Olahan Ayam Madu

Resep Olahan AyamResep Olahan Ayam © cookinwithmima.com

Perpaduan rasa manis dan gurih dari resep olahan ayam madu satu ini cocok banget buat teman makan siang kalian nih.

Bahan yang dibutuhkan :

  • 600 gram sayap ayam, potong jadi 2
  • 2-3 sendok makan air perasan lemon
  • 2 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok makan bawang putih bubuk
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan fiber cream
  • Penyedap secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • ½ buah bawang bombai iris
  • 100 ml air
  • ½ sendok teh tepung maizena, campurkan dengan air
  • 1 sendok teh kecap asin
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 3 sendok makan air perasan lemon
  • 4 sendok makan madu

Cara membuat :

  • Bersihkan daging ayam kemudian beri perasan lemon, diamkan dan bilas dengan air bersih.
  • Campurkan daging ayam dengan kecap asin, bawang putih bubuh, minyak wijen, merica bubuk, penyedap rasa dan fiber cream. Aduk-aduk hingga rata dan simpan di dalam kulkas dalam wadah tertutup selama 2 jam.
  • Keluarkan sayap dari kulkas kemudian goreng dengan minyak panas api kecil hingga matang, angkat dan sisihkan.
  • Untuk saus madu, tumis bawang bombay terlebih dahulu, kemudian tambahkan campuran tepung maizena dan air, kecap asin, perasan lemon, kecap manis, dan madu ke dalam wajan dan didihkan dengan api kecil.
  • Setelah mendidih, masukkan ayam, aduk-aduk hingga rata. Tunggu hingga bumbu meresap, dan sajikan
  • Ayam saus madu siap disantap bersama nasi hangat!

5 dari 5 halaman

Resep Olahan Ayam Popcorn

Resep Olahan AyamResep Olahan Ayam © savoryexperiments.com

Chicken popcorn selain enak untuk menjadi camilan, juga bisa menjadi teman makan yang nikmat banget loh. Gimana sih resep olahan ayam yang satu ini?

Bahan yang dibutuhkan :

  • 500 gram ayam filet, potong menjadi dadu
  • 2 cup tepung terigu
  • 1 sendok makan tepung tapioka
  • ½ sendok teh bawang putih bubuk
  • ½ sendok teh lada
  • ¼ sendok teh kayu manis bubuk
  • ½ sendok teh cengkeh tumbuk
  • ¼ sendok teh pala bubuk
  • 1 bungkus kaldu bubuk
  • Yogurt/susu

Cara membuat :

  • Tuang tepung terigu, tepung tapioka, bawang putih bubuk, lada, kayu manis, cengkeh, pala bubuk, dan kaldu bubuk. Aduk-aduk rata kemudian masukkan potongan ayam, beri wadah penutup dan kocok wadahnya sampai ayam terlapis dengan rata.
  • Lalu rendam potongan ayam dalam yoghurt atau susu selama 15 menit. Kemudian saring ayam.
  • Masukkan kembali potongan ayam ke dalam wadah yang berisi tepung pelapis sebelumnya. Tutup dan kocok wadahnya kembali sampai semua potongan ayam terlapisi dengan rata. Tiriskan ayam dari tepung.
  • Panaskan minyak dan goreng hingga berubah berwarna menjadi kecoklatan, angkat kemudian tiriskan.
  • Chicken Popcorn siap disantap!

Buat teman makan nasi nanti, Diazens mau nyoba resep olahan ayam yang mana nih? Langsung aja dicoba di rumah ya!

Penulis: Syafna Nadya Fatmaturrida

Beri Komentar