10 Resep Ayam Bumbu Rujak dengan Kuah Santan atau Dibakar, Mudah, Sedap dan Gurih dari Perpaduan Bumbu Rempah

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 14 Juni 2022 12:00
10 Resep Ayam Bumbu Rujak dengan Kuah Santan atau Dibakar, Mudah, Sedap dan Gurih dari Perpaduan Bumbu Rempah
Resep ayam bumbu rujak adalah salah satu olahan ayam yang harus kamu cobain!

Namanya memang bumbu rujak, tapi resep ayam bumbu rujak dimasak dengan bumbu tradisional berwarna merah yang khas. Rasanya pedas dan nagih banget, terasa sedap dari berbagai olahan bumbu rempah.

Tapi mengapa makanan ini disebut dengan ayam bumbu rujak ya? Kemungkinan karena sajian ayam bumbu rujak mengeluarkan aroma buah dan segar di lidah, atau karena konsistensi kuahnya yang mirip dengan bumbu rujak daripada gulai dan soto.

Umumnya nih resep ayam bumbu rujak menggunakan santan. Hanya saja tak sedikit yang memodifikasinya tanpa tambahan bahan tersebut dengan berbagai alasan, mulai dari kesehatan hingga selera. Diadona udah ngumpulin banyak banget resep makanan ini dari berbagai sumber yang tak diragukan kelezatannya. Baca dan pratikkan yuk!

1 dari 10 halaman

Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak Devina Hermawan

Resep Ayam Bumbu RujakResep Ayam Bumbu Rujak © cookpad.com/Devina Hermawan

Kalau kamu suka atua sedang belajar masak, resep-resepnya Devina Hermawan harus masuk dalam daftar re-cookmu, termasuk resep ayam bakar bumbu rujaknya.

Bahan marinasi

  • 1 ekor ayam broiler @800 gr
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica

Bahan bumbu halus

  • 6 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 5 butir kemiri sangrai
  • 2 cm jahe, iris
  • 3 cm kunyit, iris
  • 4 cm lengkuas, iris
  • 3 saset terasi
  • Minyak

Bahan giling

  • 11 buah cabai merah
  • 12 cabai merah keriting
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 2 buah tomat merah

Bahan lainnya

  • 2 batang serai
  • 3 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 2 sdm gula merah sisir
  • 2-4 sdm air asam jawa
  • 100 ml santan
  • 300 ml air
  • 1/2 sdt garam
  • 1-2 sdm gula
  • 1 sdt kaldu bubuk / penyedap

Pelengkap

  • Timun
  • Kemangi
  • Jeruk limau

Cara membuat:

  • Potong ayam menjadi 6 bagian kemudian marinasi dengan perasan jeruk nipis, garam dan merica, aduk rata, diamkan selama 30 menit
  • Blender bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, terasi dan minyak hingga halus
  • Untuk cabai giling, rebus cabai merah dan cabai keriting selama 5 menit, bilas dengan air
  • Blender tomat lalu masukkan cabai merah, cabai keriting dan cabai rawit, blender kasar, sisihkan
  • Tumis bumbu halus hingga wangi kemudian masukkan serai, daun salam dan daun jeruk, tumis hingga minyak keluar
  • Masukkan cabai giling, aduk rata lalu masukkan ayam, aduk kembali
  • Masukkan air asam jawa, gula merah, santan dan air, aduk rata
  • Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk, aduk rata, lalu ungkep selama 25-30 menit di api sedang kecil
  • Masukkan ayam ke dalam air fryer lalu panggang di suhu 200 derajat 10 menit
  • Masukkan ayam ke dalam bumbu, aduk rata
  • Ayam bumbu rujak siap disajikan

2 dari 10 halaman

Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak

Resep Ayam Bumbu RujakResep Ayam Bumbu Rujak © Cookpad.com/Susan Mellyani

Dari penampilannya saja, resep ayam bakar bumbu rujak dari Susan Mellyani ini nampak sanggat menggoda selera.

Bahan:

  • 1 ekor ayam potong2
  • 2 sdm air asam jawa
  • 3 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 batang sereh geprek
  • 1 keping gula merah
  • 500 ml santan kekentalan sedang
  • Secukupnya garam,kaldu bubuk

Bumbu halus

  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri sangrai
  • 2 cm kunyit
  • 1 jempol jahe
  • 8 buah cabe merah kriting (sesuai selera)
  • 10 buah cabe rawit merah (sesuai selera)

Cara membuat :

  • Cuci bersih ayam lalu tusuk2 badan ayam dgn garpu,beri air perasan jeruk nipis dan lumuri garam,diamkan krg lbh 10 menit
  • Tumis bumbu halus hingga harum, masukan daun salam, daun jeruk dan sereh, tumis hingga bumbu matang
  • Tuang santan, beri gula, garam, kaldu bubuk dan air asam jawa, aduk hingga mendidih lalu lakukan tes rasa.
  • Jika ayam sudah empuk dan air surut, panggang ayam di teflon sambil diolesi sisa bumbu, bolak balik hingga matang,atu bisa juag dioven di suhu 200 derajat selama 45 menit

3 dari 10 halaman

Resep Ayam Bumbu Rujak Manis

Resep Ayam Bumbu RujakResep Ayam Bumbu Rujak © Instagram/@mus_cook

Nah kalau resep ayam bumbu rujak ini cenderung manis karena ditambah dengan kecap.

Bahan:

  • 2 ekor ayam pejantan dipotong jadi 4 bagian
  • 1 gula aren atau Jawa ukuran besar
  • 1 lengkuas digeprek
  • 1 serai digeprek
  • 5 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 4 sdm kecap manis
  • Garam
  • Lada
  • Kaldu jamur secukupnya
  • 800 ml air
  • Minyak secukupnya untuk menumis bumbu halus

Bumbu halus:

  • 8 siung bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 6 kemiri
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 sdt jintan
  • 1 sdm terasi bakar
  • 10 cabai merah keriting
  • 3 sdm air asam Jawa
  • 50 ml air

Cara membuat:

  • Tumis dahulu lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk hingga wangi.
  • Masukkan bumbu halus, aduk rata hingga harum
  • Masukkan ayam lalu tumis bersama bumbu halusnya. Masak kurang lebih 10 menit.
  • Masukkan air, aduk rata. Masukkan gula aren dan kecap manis, aduk rata dan diamkan hingga mendidih. Masak dengan api kecil agar bumbu meresap sempurna bersama ayam
  • Masukkan garam, lada, dan kaldu jamu. Aduk rata dan koreksi rasanya.
  • Masak hingga air menyusut.
  • Angkat dan dinginkan sebentar.
  • Siapkan teflon khusus grill.
  • Beri minyak sedikit dan panggang ayamnya. Olesi juga dengan bumbu.
  • Angkat dan sajikan selagi hangat.

4 dari 10 halaman

Resep Ayam Bumbu Rujak Pete

Resep Ayam Bumbu Rujak PeteResep Ayam Bumbu Rujak Pete © Instagram/@vanescelia

Yang suka pete harus banget cobain resep bumbu rujak yang ini deh!

Bahan:

  • 1 ekor ayam (marinasi dengan sejumput garam dan perasan jeruk nipis)
  • 50 gr pete
  • 10 cabai rawit, belah jadi 2
  • 5 bawang merah, iris
  • 3 lembar daun jeruk
  • sedikit irisan gula merah dan asem Jawa (larutkan dengan 2 sdm air)
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm kecap manis

Bumbu halus:

  • 5 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 kencur kecil
  • Minyak goreng

Cara membuat:

  • Goreng ayam hingga kering. Sisihkan.
  • Tumis bumbu halus, masukkan semua bahan lain kecuali kecap manis.
  • Setelah pete layu, masukkan ayam lalu tuang kecap manis.

5 dari 10 halaman

Resep Ayam Kuah Bumbu Rujak

Resep Ayam Bumbu RujakResep Ayam Bumbu Rujak © shutterstock.com/Ika Rahma

Kuah yang pedas dan gurih berbumbu nendang berikut ini bikin nasi cepet habis deh!

Bahan:

  • 1 ekor ayam kampung ukuran sedang
  • 1 liter air untuk kuah ayam
  • 1 buah tomat potong dadu
  • Cabai rawit utuh sesuai selera
  • 2 batang serai geprek
  • 4 lembar daun salam
  • 6 lembar daun jeruk
  • Seruas laos
  • Garam
  • Kaldu jamur
  • Gula pasir secukupnya

Bumbu halus:

  • 8 siung bawang putih
  • 10 siung bawang merah
  • 2 buah cabai merah besar
  • 2 buah cabai keriting
  • Cabai kecil secukupnya
  • 3 biji kemiri
  • 1/2 ruas jahe
  • 1/4 telunjuk kunyit
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  • Tumis bumbu halus yang sudah diblender sampai matang, masukkan daun salam dan daun jeruk, aduk-aduk.
  • Masukkan air, kemudian didihkan, setelah air mendidih masukkan ayam lalu aduk aduk.
  • Masukkan irisan tomat dan cabai kecil utuh.
  • Tambahkan bumbu-bumbu. Koreksi rasa.
  • Setelah kuah mendidih, matikan kompor dan sajikan.

6 dari 10 halaman

Resep Ayam Bumbu Rujak Tanpa Santan

Resep Ayam Bumbu RujakResep Ayam Bumbu Rujak © shutterstock/E Dewi Ambarwati

Walau tanpa santan, resep ayam bumbu rujak ini tetap gurih kok!

Bahan:

  • 5 buah paha ayam, goreng kering, sisihkan
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 ruas kunyit bakar
  • 5 butir kemiri goreng atau sangrai
  • 5 buah cabai merah
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1 buah tomat merah
  • 1 batang sereh, geprek
  • 1 ruas lengkuas, geprek
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula

Cara membuat:

  • Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, kunyit, cabai dan tomat. Tumis bersama sereh, lengkuas, daun jeruk dan salam.
  • Tuang air secukupnya, masukkan ayam goreng.
  • Beri garam dan gula, aduk rata. Masak sampai kuah menyusut.
  • Sajikan dengan taburan bawang goreng.

7 dari 10 halaman

Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak Sisca Soetomo

Resep Ayam Bumbu RujakResep Ayam Bumbu Rujak © SHUTTERSTOCK/HANIFAH KURNIATI

Salah satu kunci dalam resep ayam bumbu rujak adalah pada penggunaan air asam jawa dan juga cabai merahnya. Kamu dapat membuat ayam panggang bumbu rujak berdasarkan resep Sisca Soewitomo yang dibagikan di buku " Masakan Ayam Favorit ala Sisca Soewitomo" terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Bahan :

  • 1 ekor ayam berat 900 gram, potong 2 bagian tanpa putus
  • 5 sdm minyak untuk menumis
  • 4 batang serai, memarkan
  • 5 lembar daun jeruk
  • 3 cm jahe, memarkan
  • 250 ml santan kental
  • 4 sdm air asam jawa
  • 3 sdm kecap manis

Bumbu halus :

  • 12 cabai merah besar
  • 8 butir bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 1 sdt terasi matang
  • 6 butir kemiri sangrai
  • 4 cm kunyit, bakar
  • 1/2 sdm garam

Cara membuat ayam panggang bumbu rujak

  • Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan 15 menit. Cuci kembali dan tiriskan.
  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama serai, daun jeruk, dan jahe sampai harum. Masukkan ayam, masak hingga berubah warna.
  • Tambahkan santan, air asam jawa, dan kecap manis. Masak hingga ayam lunak dan kuah menyusut. Angkat.
  • Panggang ayam di atas bara api. Olesi dengan sisa bumbu sambil dibolak-balik. Bakar sampai warnanya kecoklatan. Angkat.

8 dari 10 halaman

Resep Ayam Bumbu Rujak dari Chef Rudy

Resep Ayam Bumbu RujakResep Ayam Bumbu Rujak © shutterstock.com/Rina Okta

Mencari insipirasi resep terasa sangat kurang tanpa menyertakan resep dari Rudy Choirudin bukan? An inilah resep ayam bumbu rujak dari chef handal tersebut.

Bahan 1 :

  • 700 g ayam kampung kemanggang, potong 4 bagian
  • 600 ml air
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt kunyit bubuk
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 3 sdm minyak goreng

Bahan 2 :

  • 2 lembar daun salam
  • 5 cm lengkuas, dimemarkan hingga sedikit hancur
  • 1 sdt terasi
  • 1 kelereng asam
  • 3 sdm gula merah yang pekat
  • 200 ml santan kental

Bahan 3 :

  • 8 buah bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 buah tomat

Bahan 4 :

  • 6 sdm minyak goreng
  • 250 ml air (diganti dengan kaldu ayam dari rebusan bahan 1)
  • 1 sachet Desaku Bubuk Balado
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula

Cara membuat :

  • Rebus ayam dan bahan 1 dengan api sedang hingga ayam ¾ matang, kemudian tiriskan ayam dan ambil kaldunya sebanyak 250 ml
  • Bakar ayam hingga beraroma bakar
  • Haluskan semua bahan 3, kemudian panaskan minyak goreng dan tumis hingga harum dan matang
  • Masukkan kaldu ayam dan Desaku Bubuk Balado, aduk hingga larut dan mengembang, ratakan dan aduk terus hingga air menyusut / tanak serta kaldu mulai mengental
  • Masukkan garam dan gula dan aduk hingga rata
  • Masukkan semua bahan 2, aduk hingga rata dan menyatu
  • Tumbuk ayam yang telah dibakar dan masukkan ke dalam bumbu, kemudian masak hingga bumbu mulai pekat menyelimuti ayam (ayam dapat dibakar kembali atau langsung dihidangkan)
  • Letakkan di atas piring kemudian siram dengan sisa bumbunya

9 dari 10 halaman

Resep Ayam Bumbu Rujak Pedasnya Nampol

Resep Ayam Bumbu RujakResep Ayam Bumbu Rujak © instagram.com/vianney_lim99

Dengan bumbu cabai yang melimpah, resep ayam bumbu rujak dari vianney_lim99 ini nih cocok banget buat kamu yang suka huh-hah!

Bahan :

  • 1 ekor ayam Kampung tapi bisa juga diganti ayam negeri

Bumbu halus :

  • 11 buah cabe besar merah
  • 25 buah cabe rawit/sesuai selera
  • 9 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 2 sdm gula merah/sesuai selera
  • 2 sdm air asam jawa
  • Garam dan kaldu jamur, secukupnya

Cara membuat :

  • Tumis bumbu halus sampai wangi dan keluar minyak.
  • Masukkan ayam yg sdh dibersihkan dan dipotong2, aduk hingga berubah warna, tambahkan air secukupnya, beri gula, asam jawa, garam, kaldu jamur.
  • Ungkep hingga ayam empuk dan airnya menyusut, koreksi rasa, matikan kompor dan sajikan.

10 dari 10 halaman

Resep Ayam Bumbu Rujak ala Jerry Andrean MasterChef Indonesia

Resep Ayam Bumbu RujakResep Ayam Bumbu Rujak © shutterstock.com/highviews

Resep ayam bumbu rujak ini dibuat oleh Jerry Andrean MasterChef Indonesia dan juri suka banget lho!

Bahan:

  • Ayam broiler
  • 12 buah cabai keriting
  • 5 cabe rawit setan
  • 5 buah kemiri
  • 8 buah bawang merah
  • 5 buah bawang putih
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 1 sdt terasi
  • 5 lembar daun jeruk
  • 3 batang sereh
  • 1 sachet santan kental (65ml)
  • 1 sdt asam jawa
  • 1 sdm gula merah

Cara membuat :

  • Potong ayam menjadi 8 bagian atau sesuai selera
  • Blender cabai keriting, rawit, kemiri, bawang merah, bawang putih dengan minyak hingga bisa terblender
  • Tumis bumbu nya, lalu masukan ketumbar, daun jeruk dan sereh.
  • Bila sudah harum, masukan ayam lalu aduk2 kecil sampai ayam terlumuri
  • Tambah air, atau kaldu 300-400 ml
  • Masukan asam jawa, terasi, gula merah dan juga garam
  • Masak ayam sampai matang dan bumbu mengental sempurna. Trus panggang di atas bara api dan olesi dengan kecap manis untuk rasa yang lebih lezat.

Seluruh resep ayam bumbu rujak di artikel ini adalah resep pilihan yang dijamin enak banget bila dipratikkan. Kamu nggak pengen cobain?

Beri Komentar