Resep Seblak Mie Enak, Sedap dan Bikin Ketagihan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 24 Mei 2022 20:47
Resep Seblak Mie Enak, Sedap dan Bikin Ketagihan
Pengen makan namun dengan kuah sedap, pedas dan gurih? Bikin resep seblak mie aja deh!

Siapa yang tak suka dengan makanan khas Jawa Barat ini? Pengggunaan bumbu rempah yang melimpah serta penambahan bumbu favorit adalah alasan di balik populernya makanan yang satu ini. Umumnya nih seblak dibuat dari olahan kerupuk udang yang disiram bumbu atau kuah pedas. Namun kini ditambahkan beragam bahan sesuai dengan kesukaan, mulai dari resep seblak mie dan masih banyak lagi.

Penyuka mie pasti suka deh dengan sajian seblak mie ini. Dengan bumbu pedas dan sedapnya rempah, seblak mie terasa lebih istimewa dengan kehadiran bahan lain seperti telur, ceker, sosis dan lainnya.

Seperti apa cara bikin dan apa aja bumbunya, simak dalam deretan resep sebak mie berikut ini yuk!

1 dari 3 halaman

Resep Seblak Mie Super Pedas

Resep Seblak MieResep Seblak Mie © shutterstock.com/Ketut Mahendri

Pecinta pedas nggak boleh ketinggalan dengan resep seblak mie berikut ini nih. Eh tapi jangan asal pedas doang nih, takaran bumbu lainnya juga harus pas dong.

Bahan-bahan:

  • 1 genggam kerupuk udang
  • 2 bungkus mi
  • 1 butir telur ayam
  • 15 buah bakso, iris tipis
  • 15 buah cabai rawit
  • 3 buah cabai merah
  • 6 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3cm kencur
  • 1 sdt garam
  • Secukupnya bubuk cabai
  • Secukupnya merica
  • Secukupnya penyedap rasa
  • Seledri iris tipis
  • Secukupnya air
  • Secukupnya minyak untuk menumis

Cara membuat:

  • Rendam kerupuk dalam air panas. Rebus mi sampai matang kemudian tiriskan
  • Ulek bawang merah, bawang putih, cabai rawit. cabai merah, merica, garam, dan kencur sampai halus.
  • Panaskan minyak lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan seledri sampai harum.
  • Masukkan telur ayam buat orak-arik.
  • Beri air tunggu sampai mendidih.
  • Tambahkan mi, kerupuk, bakso, bubuk cabai dan bumbu lainnya. Biarkan air sampai menyusut. Tes rasa.
  • Seblak mi pedas siap dihidangkan.

2 dari 3 halaman

Resep Seblak Mie Nyemek

Resep Seblak MieResep Seblak Mie © shutterstock.com/Ratih Ra

Saat disantap, kuah seblak yang pedas bikin hangat di badan dan lezatnya bikin nyaman di hati. Bikin resep seblak mie nyemek berikut ini yuk!

Bahan-bahan:

  • 1 butir telur
  • 3 butir baso
  • 2 lempeng mi telur (cap 3 ayam)
  • Irisan Daun bawang
  • 200 ml air
  • 3 sdm Saos cabai
  • 3 sdm Kecap manis

Bumbu halus:

  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya

Cara membuat:

  • Rebus mi hingga matang, tiriskan.
  • Tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum.
  • Masukkan telur masak orakarik lalu tambahkan air.
  • Masukkan bakso, diamkan sejenak.
  • Tambahkan saos dan kecap, tes rasa.
  • Masukkan daun bawang dan mi, lalu aduk sampai rata.
  • Angkat kemudian sajikan.
  • Tambahkan taburan bawang goreng agar lebih enak( sesuai selera).

3 dari 3 halaman

Resep Seblak Mie Full Topping

 

Resep Seblak MieResep Seblak Mie © Instagram/@ini_kedai

Biar resep seblak mie bikinanmu makin istimewa, tambahkan dengan bahan-bahan berprotein seperti telur hingga ceker berikut.

Bahan-bahan:

  • 1/2 lembar mi burung dara (pipih)
  • 1 genggam kerupuk mentah (yang orange)
  • 1 butir telur
  • 5 buah ceker
  • Sawi secukupnya
  • Daun bawang secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya
  • Kaldu bubuk rasa ayam

Bumbu halus:

  • 5 buah cabai rawit merah (boleh lebih jika kurang pedas)
  • 1 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 buah cabai merah besar

Cara membuat:

  • Rendam kerupuk dalam air panas hingga agak lunak.
  • Rebus ceker ayam dengan tambahan 1 sdt garam dalam air rebusan sampai lunak.
  • Rebus mi setengah matang.
  • Haluskan cabai rawit, cabai merah, bawang putih, dan bawang merah kemudian tumis hingga wangi.
  • Setelah bumbu matang dan wangi masukkan telur, masak orakarik.
  • Tambahkan air dan lada bubuk secukupnya tunggu sampai mendidih.
  • Masukkan sawi, ceker, garam dan kaldu bubuk.
  • Terakhir, masukkan kerupuk, mi dan daun bawang.
  • Koreksi rasa sampai pas kemudian sajikan.

Cara membuat dan rsep seblak mie lainnya bisa kamu contek di halaman ini yah! Jangan lupa dicoba.

Penulis : Firda Zalfa

Beri Komentar