Resep Kue Beng Beng Untuk Lebaran, Cokelat Krenyesnya Menggugah Selera Banget!

Reporter : Arifina
Kamis, 4 April 2024 14:07
Resep Kue Beng Beng Untuk Lebaran, Cokelat Krenyesnya Menggugah Selera Banget!
Buatnya praktis, rasanya pun nikmat abis!

Resep kue beng beng untuk Lebaran bisa banget untuk dibuat sendiri di rumah. Tekstur rasanya yang renyah berpadu dengan rasa coklat lumernya membuat siapa saja tergoda untuk menyantapnya.

Meski dinamai kue beng beng, namun bahan pembuatannya bukan dari coklat beng beng yang biasa dijual di supermarket. Menu camilan satu ini dibuat dari campuran coklat bubuk yang dipadukan dengan kacang tanah.

1 dari 7 halaman

Resep Kue Beng Beng Untuk Lebaran © Diadona

Dinamai kue beng beng karena bentuknya sama dengan coklat beng beng yang memiliki tekstur crunchy. Membuat kue coklat satu ini cukup mudah dan tidak begitu memakan waktu.

Kamu pun bisa berkreasi di rumah untuk menjadikan kue kering satu ini sebagai suguhan jajanan Lebaran lho! Olahan camilan coklat ini bakal menjadi variasi sajian Lebaran yang menarik bersanding dengan kue nastar, putri salju, kastengel, kue kacang, chocochips, dan masih banyak lagi.

Tertarik mencoba membuatnya? Simak resep kue beng beng berikut yuk!

 

2 dari 7 halaman

Resep Kue Beng Beng untuk Lebaran

Berbahan utama coklat beng beng, kue yang satu ini dijamin bakal jadi favorit semua kalangan. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun tidak banyak dan cukup praktis untuk dibuat lho!

Tak sampai satu jam, dengan mengikuti resep berikut kamu bisa menghasilkan camilan kue yang lezat banget!

Bahan-Bahan:

  • 2 butir telur
  • 500 gram kacang tanah kupas
  • 50 gram coklat bubuk
  • 50 gram tepung maizena
  • 250 gram gula pasir
  • 1 sdt pasta vanilla

 

3 dari 7 halaman

Cara Membuat Kue Beng Beng untuk Lebaran

Resep Kue Beng Beng Untuk Lebaran © Diadona

Langkah awal, siapkan kacang tanah kemudian sangrai dengan api kecil. Pastikan kamu menyangrai hingga warna kacang tanah kuning keemasan.

Kemudian, tiriskan dan tumbuk kacang tanah namun jangan terlalu halus. Cukup ditumbuk kasar untuk mendapati tekstur seperti coklat beng beng, lalu sisihkan.

Siapkan wadah, masukkan telur, pasta vanilla, gula pasir. Kocok semua bahan menggunakan whisk sampai gula larut, adonan juga terlihat lembut dan mengembang.

 

4 dari 7 halaman

Selanjutnya, masukkan tepung maizena dan coklat bubuk ke dalam adonan telur. Aduk-aduk merata menggunakan spatula.

Tambahkan kacang tanah yang sudah ditumbuk kasar sedikit demi sedikit secara bertahap sambil adonan diaduk menggunakan spatula. Aduk sampai semua bahan tercampur rata.

Siapkan loyang, lapisi dengan kertas roti. Kemudian, ambil satu sendok makan adonan, pipihkan di atas loyang. Lakukan proses ini sampai adonan habis.

5 dari 7 halaman

Resep Kue Beng Beng Untuk Lebaran © Diadona

Panggang kue yang sudah dibentuk di oven dengan suhu 160 derajat Celcius. Panggang sekitar 30 menit atau sampai kue dirasa matang dan mengeras.

Kamu bisa melakukan pengecekan kematangan kue dengan garpu. Jika garpu lepas dari kuenya, maka artinya sudah matang dan siap di angkat.

6 dari 7 halaman

Tiriskan kue beng beng, dinginkan sejenak hingga uap panasnya hilang. Masukkan ke dalam toples kedap udara, dan kue siap disajikan sebagau suguhan jajan Lebaran.

Bagaimana? Mudah dan praktis banget bukan cara membuatnya? Itulah resep kue beng beng untuk Lebaran yang bisa kamu recook di rumah. Rasanya dijamin manis, krenyes, dan nyoklat abis! Selamat mencoba ya!

Beri Komentar