Resep Es Lilin yang Segar dan Gampang Dibuat, Cocok untuk Ide Jualan

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 13 Februari 2024 18:00
Resep Es Lilin yang Segar dan Gampang Dibuat, Cocok untuk Ide Jualan
Gampang banget bikinnya, cocok untuk ide usaha sampingan~

Resep es lilin menjadi salah satu resep camilan yang banyak dicari-cari karena mudah dibuat. Es lilin sendiri biasanya terbuat dari campuran susu, gula, dan bahan-bahan lain yang dicetak dalam cetakan kecil dan ditusuk dengan stik sebagai pegangan.

Es lilin umumnya memiliki tekstur yang lembut dan lezat, biasanya disajikan dalam berbagai rasa seperti coklat, vanila, dan banyak lagi. Nggak melulu menggunakan susu sebagai bahan dasar, banyak yang mulai berkreasi dengan membuat es lilin yang terbuat dari jus buah.

Camilan manis ini cukup populer di banyak negara, terutama di daerah tropis. Es lilin sering dijual di pinggir jalan, toko kelontong, atau pasar tradisional.

Sebagai makanan yang menyegarkan, es lilin terbilang cukup mudah dibuat. Bahkan, es lilin bisa dijadikan sebagai usaha berjualan untuk menambah pemasukan ibu rumah tangga.

1 dari 5 halaman

Perbedaan Es Lilin dan Es Mambo

Resep Es Lilin untuk Dijual © Diadona

Ada jenis es lain yang mirip dengan es lilin, yakni es mambo. Keduanya memang hampir memiliki cara pembuatan yang sama, namun bentuknya bisa dibilang cukup berbeda. Berikut adalah sejumlah perbedaan mendasar dari es lilin dan es mambo.

Tekstur dan Bentuk

Es lilin umumnya memiliki tekstur yang lebih lembut dan halus, mirip dengan es krim, dan dicetak dalam cetakan kecil yang ukurannya cenderung lebih tipis. Sementara itu, es mambo memiliki tekstur yang lebih padat dan sering kali dicetak dalam cetakan yang lebih besar dan berbentuk lonjong atau kotak.

Bahan dan Rasa

Meskipun keduanya terbuat dari campuran susu, gula, dan bahan-bahan lain, es lilin umumnya memiliki rasa yang lebih halus dan lembut. Es mambo cenderung memiliki tekstur yang lebih kental dan kadang-kadang diisi dengan potongan buah atau jeli, memberikan variasi rasa dan tekstur yang lebih besar.

2 dari 5 halaman

Penyajian

Es lilin biasanya disajikan dengan tusuk sate atau stik sebagai pegangannya, sementara es mambo seringkali disajikan dalam wadah atau plastik yang lebih besar, dan biasanya tidak menggunakan tusuk sate.

Popularitas

Es lilin lebih umum dijumpai di tempat-tempat seperti pinggir jalan, pasar tradisional, atau toko kelontong kecil di berbagai negara. Sementara itu, es mambo mungkin lebih populer di tempat-tempat tertentu atau di acara-acara khusus seperti pesta atau festival.

3 dari 5 halaman

Resep Es Lilin untuk Dijual

Resep Es Lilin untuk Dijual © Diadona

Jika kamu ingin menjajal usaha es lilin, berikut ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, mulai dari bahan-bahan hingga cara pembuatan.

Bahan-bahan:

  • 500 ml susu cair
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sdt vanili ekstrak
  • 1 sdm maizena (larutkan dengan sedikit air)
  • Es batu secukupnya
  • Jus buah segar (bisa dipakai untuk pengganti susu cair)
  • Sirup (opsional)
  • Tusukan atau stik untuk pegangan

4 dari 5 halaman

Cara Pembuatan Es Lilin

Resep Es Lilin untuk Dijual © Diadona

Campur susu cair dan gula pasir dalam panci. Panaskan di atas api sedang sambil diaduk hingga gula larut dan campuran mendidih.

Setelah mendidih, tambahkan larutan maizena ke dalam panci. Aduk terus hingga adonan mengental.

Matikan api, tambahkan vanili ekstrak, dan aduk rata.

Tuang adonan ke dalam cetakan es lilin. Jika tidak memiliki cetakan khusus, kamu bisa menuang adonan ke dalam plastik kecil panjang, lalu tutup rapat dengan karet.

Masukkan tusuk sate ke dalam masing-masing es lilin sebagai pegangannya. Jika menggunakan plastik panjang, kamu nggak perlu menambahkan tusukan/stik untuk pegangan.

Biarkan es lilin tersebut dingin di suhu ruangan, kemudian pindahkan ke dalam freezer. Biarkan beku selama minimal 4-6 jam atau sampai benar-benar keras.

Setelah es lilin beku, Anda bisa menikmatinya dengan cara melepaskan dari cetakan dan menyajikannya.

Kamu juga bisa bereksperimen dengan tambahan rasa atau bahan lain sesuai selera, seperti menambahkan sirup atau menggunakan jus buah sebagai pengganti susu cair. Jika menggunakan jus buah sebagai bahan utama, kamu bisa langsung menuangkannya ke dalam cetakan dan mengikuti langkah selanjutnya.

Beri Komentar