Demi Menjaga Kesuburan Moms, Berapa Lama sih Waktu Tidur yang Ideal?

Reporter : Mila Ismiranda
Rabu, 11 Januari 2023 11:57
Demi Menjaga Kesuburan Moms, Berapa Lama sih Waktu Tidur yang Ideal?
Tidur dan kesuburan saling berkaitan lho!

Tidur memainkan peran penting dalam hidup kita, memengaruhi kualitas hidup, kesehatan secara keseluruhan, dan yang terpenting, kesuburan.

Tidur malam yang nyenyak membantu menyegarkan dan memulihkan sistem otak dan organ seseorang. Selain itu juga mengatur hormon-hormon penting dalam tubuh, termasuk hormon yang berhubungan dengan kesuburan.

1 dari 3 halaman

Efek Kurang Tidur pada Kesuburan

  • Baik pada laki-laki maupun perempuan, bagian otak yang sama yang mengatur hormon tidur dan bangun (seperti melatonin dan kortisol) memicu pelepasan hormon reproduksi setiap hari.
  • Hormon yang memicu ovulasi pada perempuan dan proses pematangan sperma pada laki-laki mungkin terkait dengan pola tidur-bangun tubuh. Misalnya pada perempuan, kurang tidur dalam jangka panjang dapat secara langsung memengaruhi pelepasan hormon luteinizing atau LH. Ini adalah hormon yang memicu ovulasi sebagai bagian dari pengaturan siklus menstruasi. Ketidakteraturan menstruasi yang dihasilkan mungkin berarti butuh waktu lebih lama bagi perempuan untuk hamil.
  • Kurang tidur memengaruhi suasana hati. Seiring waktu, hal ini dapat mengganggu hubungan Moms dengan suami dan menyebabkan lebih sedikit peluang terjadinya kehamilan.
  • Meningkatkan risiko penyakit dan kondisi yang dapat memengaruhi kesuburan. Ini termasuk diabetes, penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah), dan obesitas.

2 dari 3 halaman

Berapa Lama Waktu Tidur Ideal?

Seperti yang dijelaskan oleh National Sleep Foundation, para ahli setuju bahwa rata-rata orang harus tidur setidaknya tujuh jam dan tidak lebih dari sembilan jam semalam.

Penelitian mengungkapkan bahwa perempuan yang tidur kurang dari tujuh jam memiliki kemungkinan 15% lebih kecil untuk hamil daripada mereka yang tidur tujuh hingga delapan jam.

Di sisi lain, perempuan yang menjalani perawatan seperti IVF yang tidur tujuh hingga delapan jam memiliki kemungkinan 25% lebih besar untuk hamil daripada mereka yang tidur sembilan jam atau lebih.

Beri Komentar