Normalkah Janin Lebih Aktif Bergerak di Malam Hari?

Reporter : Mila Ismiranda
Sabtu, 7 Januari 2023 10:57
Normalkah Janin Lebih Aktif Bergerak di Malam Hari?
Baca dulu penjelasannya Moms!

Melansir American Pregnancy Association, setiap bayi berbeda, baik sebelum dan sesudah ia dilahirkan. Pada bulan ketujuh atau kedelapan kehamilan, Moms mungkin sering memperhatikan rutinitas dari pergerakan si bayi yang ada di dalam kandungan. 

Perilaku 'normal' pada setiap janin bervariasi, tetapi umumnya, semua gerakan si bayi adalah gerakan yang baik, tidak peduli di waktu kapan itu terjadi. Baik saat pagi, siang, sore, maupun malam hari.

1 dari 5 halaman

Pergerakan Bayi dalam Kandungan

Melansir Livestrong.com, menurut Psychology Today ketika kehamilan Moms memasuki bulan ke tujuh, bayi akan lebih sering tertidur, bahkan 95% waktunya di dalam sana digunakan untuk tidur. 

Tapi, bayi tentu tetap masih bergerak, biasanya ia akan bergerak setidaknya 50 kali per jam. Pola pergerakan bayi dapat berubah dari hari ke hari, tetapi semakin dekat dengan waktu persalinan, semakin besar kemungkinan ia memiliki rutinitas uniknya sendiri.

2 dari 5 halaman

Aktif di Malam Hari

Pregnancy Association menjelaskan bahwa beberapa bayi lebih aktif di malam hari. Tapi, mungkin bayi yang ada di dalam kandungan juga aktif bergerak di siang hari. Hanya saja Moms tidak menyadarinya karena di siang hari lebih banyak bergerak dibandingkan pada waktu malam hari.

3 dari 5 halaman

Penyebab Bayi Aktif Malam Hari

Pada siang hari, mungkin Moms lebih banyak melakukan aktivitas sehingga membuat bayi yang ada di dalam perut merasa puas dengan pergerakan yang dilakukan oleh Moms.

Tapi, saat malam hari, di waktu Moms beristirahat dan mengurangi kegiatan, si bayi yang ada di dalam kandungan mungkin menjadi waspada, bertanya-tanya apa yang sedang terjadi. Janin juga bisa merespons suara di usia kehamilan Moms saat tujuh bulan. 

Psychology Today menjelaskan bahwa pemicunya bisa berupa sesuatu yang sederhana seperti apa yang biasanya Moms makan untuk camilan saat malam hari. 

Kalau makanan itu memiliki rasa dan aroma yang 'kuat', cairan ketuban terpengaruh oleh rasa dan aroma makanan itu. Bayi pun jadi bereaksi karena perubahan ini. 

4 dari 5 halaman

Jadi, bayi dalam kandungan memang punya pola uniknya sendiri untuk aktif di malam hari.  Umumnya janin bergerak lebih aktif di malam hari, sekitar pukul 21.00- 01.00 dan ini bisa membuat Moms terbangun dari tidur.

Tapi, kalau Moms masih merasa khawatir dan takut, bisa konsultasikan hal ini dengan dokter kandungan untuk mengatasi masalah tadi.

Beri Komentar