5 Resep Ayam Pop Padang Asli yang Sederhana dan Enak

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 3 Juni 2023 05:13
5 Resep Ayam Pop Padang Asli yang Sederhana dan Enak
Tampilannya memang pucat dan nyaris tak menarik, namun rasanya lezat dan gurih karena resep ayam pop menggunakan berbagai bumbu rempah dan air kelapa untuk merebusnya.

Salah satu lauk masakan Padang yang akrab di telinga dan lidah masyarakat Indonesia adalah ayam pop. Walaupun warna ayamnya pucat dan nampak tak menggugah selera, tapi rasanya masih sama seperti olahan Minang lainnya, nikmat dan penuh rempah.

Biasanya menu ini sangat cocok jika disajikan bersama daun singkong rebus dan sambal oren khas ayam pop yang pedas dan gurih. 

Siapa penemu ayam pop?

Dikutip dari beberapa sumber, menyebutkan bahwa ayam pop ditemukan oleh salah seorang pemilik dan pendiri restoran Family Benteng Indah yang berada di Bukittinggi pada tahun 1950-an. Family Benteng Indah adalah sebuah restoran terkenal asal Sumatera Barat.

Akibat banyaknya permintaan terhadap ayam goreng, sang pemilik berinisiatif untuk menciptakan menu ayam yang hanya perlu digoreng sebentar karena telah melalui proses kukus atau rebus, sehingga lahirlah menu ayam pop ini.

Dilansir dari buku 'Sukses Bisnis Rumah Makan Padang' yang ditulis oleh Mila Rachmawati, pemberian nama ‘pop’ didasari oleh musik pop yang sedang menjadi tren di tahun 60-70an. Namun, untuk asal usul ayam pop sendiri masih simpang siur dan menjadi perdebatan.

1 dari 8 halaman

Bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat ayam pop?

Tak seperti hidangan khas Minang lainnya, seperti rendang, yang membutuhkan waktu lama untuk mengolahnya, ayam pop relatif mudah untuk diolah dengan bahan yang sederhana.

Bahan-bahan seperti bawang merah, kemiri, dan jahe adalah bumbu rempah yang dibutuhkan untuk membuat ayam pop. Selain itu, siapkan pula rempah-rempah seperti lengkuas, sereh, daun salam, hingga daun jeruk untuk memberikan cita rasa khas Minang pada olahan ini.

Bahan yang membuat ayam pop menjadi istimewa dan berbeda dari olahan ayam lainnya adalah penggunaan air kelapa untuk merebus ayam.

Inilah yang menjadi kunci cita rasa ayam pop yang manis dan gurih dengan aroma wangi. Tak hanya rasanya yang lebih nikmat, air kelapa membuat daging ayam menjadi lebih empuk, sehingga cocok dijadikan air rebusan ayam pop yang berbahan dasar ayam kampung. 

2 dari 8 halaman

Bagaimana rasa ayam pop?

Dimasak bersama dengan aneka bahan seperti jahe, lengkuas, hingga sereh, tentu membuat ayam pop memiliki cita rasa yang kaya akan rempah. Sedangkan proses perebusan ayam menggunakan air kelapa menghasilkan daging ayam yang empuk dengan campuran rasa manis dan gurih yang dominan. Sangat cocok untuk dijadikan lauk dan disantap bersama nasi hangat.

Untuk mengimbangi rasa ayam pop yang manis dan gurih, sebagian besar restoran padang biasanya menyajikan ayam pop dengan sambal. Bukan sambal ijo atau merah biasa, tetapi sambal lado tomat lah yang menjadi pendamping hidangan ini.

Campuran tomat, bawang merah, bawang putih, dan cabe merah yang digoreng laludiblender, memberikan tambahan rasa pedas dan segar pada ayam pop. 

 

3 dari 8 halaman

Apakah ayam pop Padang dimasak dengan cara digoreng?

Ayam pop disajikan setelah melalui 2 kali pengolahan. Tahap pertama ayam akan direbus terlebih dahulu bersama dengan semua bumbu dan rempah serta air kelapa hingga empuk dan air kelapa habis.

Selanjutnya, ayam akan diangkat dan ditiriskan untuk masuk pada tahap kedua. Ayam pop yang sudah direbus akan lanjut digoreng menggunakan api panas. Namun, proses penggorengan ini tidak lama, hanya sekitar 10 detik saja untuk mendapatkan hasil kulit ayam yang mengkilat dan cantik. 

Langsung aja deh yuk cari tahu gimana cara membuat 

 

4 dari 8 halaman

Resep Ayam Pop Padang

Resep Ayam Pop Padang

Rasa ayam pop yang nikmat memang tak lepas dari bumbu dan rempah khas Minang. Cek resep ayam pop Padang yang satu ini yuk!

Bahan-bahan:

  • 1 ekor ayam 
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 1 iris jahe
  • 1 buah kemiri sangrai
  • 10 lembar daun salam
  • 1 batang sereh (iris-iris)
  • Seruas jari lengkuas (iris-iris)
  • 5 lembar daun jeruk
  • Secukupnya garam
  • Air kelapa dari 1 buah kelapa

Bahan-bahan Sambal merah:

  • Segenggam cabe campur
  • 1 buah tomat merah
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sdm saus tomat
  • 1 butir kemiri sangrai
  • 50 ml air
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya kaldu bubuk

Cara Membuat:

  1. Siapkan bahan-bahan, lalu Iris dan haluskan kemiri, bawang putih, bawang merah, dan jahe menggunakan blender hingga halus.
  2. Siapkan panci yang sudah diberi alas dari daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan sereh.
  3. Masukkan dan tata ayam yang sudah dikuliti dan dipotong di atas daun dan rempah-rempah, lalu tuang bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya di atas daging ayam.
  4. Tambahkan air kelapa ke dalam panci berisi ayam dan bumbu halus.
  5. Taburi garam, lalu ungkep ayam hingga air kelapa dalam panci habis.
  6. Tiriskan ayam pop yang sudah matang, lalu goreng di minyak panas selama kurang lebih 10 detik saja hingga ayam terlihat mengkilap, kemudian angkat dan tiriskan.
  7. Buat sambal merah dengan masukkan tomat, cabe, kemiri, dan 50 ml air ke dalam blender lalu haluskan.
  8. Rebus bahan sambal yang sudah dihaluskan dengan menambahkan daun jeruk, lalu aduk terus menerus.
  9. Masukkan garam, kaldu jamur, dan saus tomat ke dalam rebusan sambal yang hampir mengental.
  10. Cek rasa sambal hingga telah sesuai selera, lalu angkat jika sudah bertekstur kental.
  11. Sajikan ayam pop bersama sambal merah dan nasi hangat. 

5 dari 8 halaman

Resep Ayam Pop Sederhana

Resep Ayam Pop Sederhana

Rumah makan padang Sederhana, terkenal dengan hidangan ayam popnya yang lezat. Kalau mau coba di rumah, bisa pake resep ayam pop di bawah ini buat dapetin rasa ayam pop ala restoran masakan padang.

Bahan-bahan:

  • 3 ekor ayam pejantan buang kulitnya
  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe
  • 3 buah kemiri
  • 15 lembar daun salam
  • 1 batang serai besar (iris)
  • 1 ruas lengkuas (iris)
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 bungkus air kelapa
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan panci yang telah dialasi dengan daun salam, sereh, dan lengkuas, kemudian taruh ayam yang sudah dibuang kulitnya di dalam panci.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, dan kemiri menggunakan blender atau divulge. 
  3. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam panci berisi ayam, lalu tambahkan air kelapa dan garam ke dalam panci.
  4. Ungkep dan biarkan ayam hingga air kelapa menyusut, lalu tiriskan ayam. 
  5. Rebus daun singkong menggunakan air sisa rebusan ayam agar lebih gurih.
  6. Panaskan minyak, kemudian goreng ayam selama kurang lebih 10 detik saja, lalu angkat dan tiriskan.
  7. Sajikan ayam pop bersama rebusan sayur singkong, sambal, dan nasi hangat.

6 dari 8 halaman

Resep Ayam Pop Ungkep

Resep Ayam Pop Ungkep

Bosan dengan olahan ayam yang digoreng terus? Ayam pop yang diungkep pastinya cocok buat jadi menu makan siang yang enak dan gak ngebosenin. 

Bahan-bahan:

  • 2 ayam kampung
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • Cuci bersih ayam,kucurkan jeruk nipis biarkan sebentar
  • 800 ml air kelapa
  • 6 daun salam
  • 6 daun jeruk
  • 3 serai (digeprek)
  • 1 ruas jempol jahe (digeprek)

Bumbu Halus:

  • 16 bawang putih
  • 5 bawang merah
  • 2 ruas jempol Jahe
  • 8 kemiri sangrai
  • 2 sdt garam
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt lada putih

Cara Membuat:

  1. Potong ayam kampung sesuai selera.
  2. Haluskan bawang puting, bawang merah, jahe, kemiri, garam, gula, dan lada putih menggunakan blender. 
  3. Siapkan panci kemudian masukkan jahe, daun jeruk, daun salam, serai, dan bumbu yang sudah dihaluskan.
  4. Tata ayam di atas bumbu dan rempah-rempah, lalu tambahkan air kelapa dan rebus ayam dengan api kecil selama kurang lebih 1 jam, lalu angkat dan sisihkan.

Bahan-bahan Sambal Ijo:

  • 250 gr cabe besar ijo atau cabe ijo keriting
  • 3 genggam cabe rawit ijo
  • 4 buah tomat ijo
  • 10 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 1 jeruk nipis
  • 1 sdt garam atau kaldu jamur 
  • 1/2 sdm gula
  • 200 ml minyak panas
  • 6 buah daun jeruk iris tipis
  • 1 sdm teri medan goreng

Cara Membuat Sambal Ijo:

  1. Cuci bersih cabe ijo besar, lalu lumuri dengan jeruk nipis untuk menghilangkan bau langu. 
  2. Tumis semua bahan selama kurang lebih 5 menit, lalu tambahkan garam atau kaldu jamur.
  3. Tiriskan bahan yang sudah ditumis, kemudian ulek kasar.
  4. Siram sambal ijo dengan minyak panas, lalu masak lagi di atas kompor dengan menambahkan gula, garam, ikan teri, dan daun jeruk.
  5. Sajikan sambal ijo dengan ayam pop yang sudah matang.

7 dari 8 halaman

Resep Ayam Pop dengan Air Kelapa

Resep Ayam Pop dengan Air Kelapa

Olahan ayam dengan air kelapa tentu sangat unik dan patut untuk dicoba. Resep ayam pop dengan air kelapa ini gampang banget buat di re-cook loh. 

Bahan-bahan:

  • 1 ekor ayam, potong2, buang kulit 
  • 400 ml air kelapa
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 batang serai
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas lengkuas

Bumbu Halus:

  • 6 bawang putih
  • 8 bawang merah
  • 3 butir kemiri
  • Garam
  • Kaldu bubuk 

Cara Membuat: 

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, dan tambahkan garam serta kaldu bubuk menggunakan blender. 
  2. Lumuri ayam yang sudah dibuang kulitnya dan dipotong dengan bumbu halus, kemudian diamkan selama kurang lebih 20 menit. 
  3. Ungkep ayam bersama dengan daun salam, daun jeruk, serai, jahe, lengkuas, dan bumbu halus, lalu tuang air kelapa.
  4. Masak hingga ayam matang dan air kelapa dalam panci habis, lalu tiriskan.
  5. Goreng ayam yang sudah diungkep sebentar saja di minyak yang panas.

Bahan Sambal:

  • 10 cabe merah rebus
  • 5 bawang merah rebus
  • 1 buah tomat rebus
  • 2 buah tomat mentah (iris)
  • Garam
  • Gula

Cara Membuat Sambal:

  1. Haluskan cabe merah, bawang merah yang sudah direbus, dan tomat rebus menggunakan blender atau diulek.
  2. Tumis sambal yang sudah dihaluskan hingga tercium bau harum, lalu masukkan tomat dan tambahkan gula serta garam.
  3. Masak hingga irisan tomat layu dan matang.
  4. Sajikan sambal bersama ayam pop ungkep yang baru matang.

8 dari 8 halaman

Resep Ayam Pop Enak

Resep Ayam Pop Enak

Tak perlu takut gagal jika mencoba memasak ayam pop dengan resep ini. Bahan-bahannya sederhana, langkahnya mudah, dan hasilnya dijamin enak. 

Bahan-bahan:

  • 2 ekor ayam kampung
  • 1 liter air kelapa
  • 2 sdm garam
  • 1 sdm gula
  • 5 ruas jahe
  • 2 sereh
  • 7 bawang putih (digeprek)

Bahan-bahan Sambal Ayam Pop:

  • 1 buah tomat 
  • 8-10 buah cabe merah kering
  • 8 bawang merah
  • 6 bawang putih
  • 1 sdt terasi 
  • 50 ml santan instan
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Masukkan ayam pejantan yang sudah dicuci ke dalam panci, lalu masukkan air kelapa, garam, dan gula.
  2. Tambahkan sereh, bawang putih, dan jahe yang sudah digeprek ke dalam panci berisi ayam dan air kelapa.
  3. Masak dan aduk agar gula dan garam larut selama kurang lebih 30-40 menit hingga matang dan empuk.
  4. Buat sambal dengan tumis cabe keriting, terasi, bawang merah, bawang putih, dan tomat.
  5. Tambahkan garam, kuah rebusan ayam, dan santan instan ke dalam tumisan sambal. 
  6. Matikan kompor, kemudian haluskan tumisan sambal menggunakan blender. 
  7. Panaskan minyak kelapa, lalu tuang ke atas ayam pop.
  8. Sajika ayam pop bersama dengan sambal.

Step lengkap bikin Ayam Pop Enak bisa kalian cek di sini!

Resep ayam pop menggunakan rempah dan minim digoreng bikin sajian ini cocok banget untuk kamu yang lagi mengurangi makanan berminyak.

Editor : Nisah Dyah

Beri Komentar