Jangan Sampai Salah, Ini lho Perbedaan Oven dan Microwave yang Perlu Kamu Tahu!

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 30 September 2020 12:20
Jangan Sampai Salah, Ini lho Perbedaan Oven dan Microwave yang Perlu Kamu Tahu!
Oven dan Microwave punya fungsi yang berbeda.

Oven dan Microwave adalah jenis alat masakan yang udah banyak ditemui di setiap dapur. Bagi para pecinta masak, oven adalah alat yang wajib ada di dalam dapur karena bisa membuat masakan apapun dari alat ini.

Baik Microwave ataupun Oven, keduanya adalah alat dapur yang bisa memanaskan makanan secara merata. Namun, perlu diketahui bahwa kedua alat ini adalah alat yang benar-benar berbeda, lho. Meskipun berkonsep sama, yakni memasukkan bahan makanan ke dalamnya kemudian dipanaskan, namun keduanya punya fungsi, jenis, dan cara penggunaan yang sangat berbeda.

Lalu, apa sih perbedaan keduanya? Nah, daripada bertanya-tanya, yuk kita bahas!

1 dari 7 halaman

Perbedaan Fungsi Oven dan Microwave

Ilustrasi Oven © Diadona

Oven dan Microwave punya sistem kerja yang berbeda. Sesuai namanya, Microwave memanfaatkan gelombang elektromagnetik untuk memanaskan makanan. Sehingga, cara kerja microwave ini hanya meningkatkan panas dari suhu makanan tersebut.

Berbeda dengan oven. Kalau oven bekerja meratakan dan mentransfer panas dari sumber panas ke makanan. Karena itu, oven membutuhkan sumber panas baik itu listrik ataupun api. Sederhananya, oven punya fungsi memanggang atau mematangkan makanan. Sedangkan microwave hanya memanaskan saja.

Oleh karena itu, oven punya beberapa jenis seperti oven kompor, Oven Gas LPG dan juga oven listrik. Sedangkan microwave hanya menggunakan listrik. Meskipun umumnya Microwave hanya memanaskan makanan, namun Microwave juga punya beberapa jenis yang bisa memanggang seperti grill microwave.

2 dari 7 halaman

Hasil makanan

Ilustrasi Oven © Diadona

Karena punya fungsi yang berbeda, hasil makanan yang dikeluarkan pun juga berbeda. Karena punya fungsi mematangkan, hasil makanan yang dimasukkan di Oven akan lebih renyah dan matang merata.

Sedangkan microwave hanya optimal saat digunakan untuk memanaskan dengan hasil yang cenderung kering. Hal ini karena kerjanya yang mengurangi kadar air dan menghilangkan kelembaban makanan.

3 dari 7 halaman

Lama Waktu Pematangan atau Pemanasan

Ilustrasi Microwave © Diadona

Soal waktu pematangan atau pemanasan, Microwave jelas unggul daripada oven. Microwave memiliki suhu yang lebih tinggi dibanding oven dengan perbedaan mencapai 50 derajat Celcius. Karena itu, waktu pemanasannya lebih cepat dari semua jenis oven.

Kalau Oven, kecepatan pemanasan dan pematangan bisa berbeda. Hal ini tergantung jenisnya. Oven listrik punya proses panas lebih lama daripada oven gas.

4 dari 7 halaman

Efisiensi

Ilustrasi Oven © Diadona

Mana yang lebih hemat? Oven atau Microwave? Microwave memakan daya listrik yang lebih besar, namun punya waktu memanaskan yang sangat cepat.

Sedangkan untuk oven, sejatinya memang hanya membutuhkan daya yang lebih kecil, baik listrik maupun gas, namun proses pemanasan dan pematangannya cenderung lebih lama sehingga dayanya juga ikut bengkak.

5 dari 7 halaman

Ukuran

Ilustrasi Microwave © Diadona

Biasanya, Microwave punya ukuran yang lebih kecil, maksimal hanya 30 liter saja. Sedangkan oven punya ukuran yang bervariasi, mulai dari seukuran microwave sampai yang besar. Oven konvensional punya ukuran yang lebih besar dan cenderung lebih mahal. Oven ini sering digunakan untuk memanggang roti, pizza dan sebagainya.

6 dari 7 halaman

Wadah

Ternyata, nggak semua yang bisa masuk dalam oven juga bisa masuk ke oven, lho. Beberapa wadah berbahan plastik masih bisa masuk microwave asalkan ada label microwave safe. Namun, jangan memasukkan alat berbahan plastik dalam Oven meskipun itu sudah berlabel microwave safe.

Beri Komentar