Dikira Sama, Susu di Rak Biasa dan Lemari Pendingin Super Market Ternyata Beda loh!

Reporter : Nasa
Selasa, 29 September 2020 09:35
Dikira Sama, Susu di Rak Biasa dan Lemari Pendingin Super Market Ternyata Beda loh!
Padahal merek dan kemasannya kan hampir mirip?

Siapa nih yang lebih suka beli susu di Super Market demi berburu diskonan? Tenang, kamu gak sendiri kok, banyak banget temennya. Tapi kali ini kita gak mau bahas tentang diskonnya, kita mau bahas soal produk susunya nih.

Kalau kalian perhatikan, di Super Market biasanya menjual susu kemasan di dua tempat berbeda. Pertama di rak biasa tanpa pendingin, dan yang kedua ada pada lemari pendingin.

Mungkin kamu bakalan berpikir kalau produk susu kemasan yang diletakkan di kedua sarana 'display' itu sama saja. Mungkin pengelola Super Market hanya ingin menyediakan produk susu yang bersuhu ruang dan yang dingin.

Tapi ternyata guys, anggapan itu keliru. Ternyata ada alasan tersendiri kenapa produk susu kemasan yang terlihat sama diletakkan di rak biasa dan juga di lemari pendingin.

1 dari 2 halaman

Susu UHT di Rak Biasa

Ilustrasi Susu UHT © Diadona

Biasanya, susu kemasan yang diletakkan pada lemari pendingin adalah produk susu Ultra High Temperature (UHT) yang sebelumnya sudah melalui proses sterilisasi dengan suhu setidaknya 135 derajat celciuc.

Nah karena sudah melalui proses sterilisasi, biasanya susu UHT cenderung memiliki tangga kadaluarsa yang lebih lama. Makanya, produk susu UHT ini biasanya lazim ditemui di rak biasa.

2 dari 2 halaman

Susu Pasteurisasi di Lemari Pendingin

Ilustrasi Susu Pasteurisasi © Diadona

Sementara itu, susu yang diletakkan di lemari pendingin biasanya adalah produk susu pasteurisasi yang bisa dibilang adalah produk susu segar yang dikemas. Susu pasteurisasi tak melalui proses strerilisasi dengan suhu tinggi.

Melainkan langsung dikemas dalam kemasan yang lebih kokoh. Biasanya susu pasteurisasi ini identik dengan kemasan kertas karton yang lebih tebal. Tapi karena tak melalui proses sterilisasi, susu pasteurisasi ini cenderung lebih cepat basi.

Itulah alasan kenapa susu pasteurisasi selalu disimpan dalam lemari berpendingin. Jadi itu loh guys alasan kenapa susu kemasan ada yang diletakkan di rak biasa dan juga di lemari pendingin.

Tapi kalau admin ke Super Market ada juga sih, susu UHT yang juga diletakkan di lemari pendingin. Tapi kalau untuk susu pasteurisasi sudah pasti diletakkan di dalam lemari pendingin.

Nah mulai sekarang jangan sampai keliru ya kalau mau beli susu UHT atau susu pasteurisasi.

Beri Komentar