Jangan Salah, Begini Cara Memanggang Ayam yang Baik dan Benar!

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 24 September 2020 15:47
Jangan Salah, Begini Cara Memanggang Ayam yang Baik dan Benar!
Biasanya, ayam panggang yang dimasak dengan cara yang salah akan membuat tekstur daging menjadi kering, keras, gosong, hambar, sampai tidak matang secara merata.

Memanggang atau grill adalah salah satu cara memasak ayam. Ayam dimasak langsung dalam terflon dengan minyak sedikit sampai benar benar matang. Jika dimasak dengan cara yang benar, maka ayam panggang yang dihasilkan akan bagus. Namun, sebaliknya jika ayam dipanggang dengan cara yang salah justru akan menghasilkan rasa dan tekstur ayam yang tidak diharapkan.

Biasanya, ada beberapa hal yang mungkin masih kamu lakukan saat memanggang ayam. Dan hal inilah yang justru membuat rasa tidak sesuai harapan. Padahal kamu udah ngikutin banget resep yang kamu baca dengan seksama.

Kali ini, diadona.id akan membahas bagaimana cara memanggang Ayam yang baik dan benar. Melansir dari Daily Meal, berikut ulasannya.

1 dari 10 halaman

Jangan Panggang Ayam dalam Keadaan Beku

Ilustrasi Ayam © Diadona

Biasanya, kamu akan menyimpan ayam dalam freezer agar awet. Namun, jangan langsung memasaknya. Hal ini justru akan membuat waktu masak lebih lama. Selain itu, tekstur yang dihasilkan akan buruk. Pasalnya, ketika bagian luar sudah matang dengan tekstur bagus, bagian dalam daging justru dingin dan mentah. Jika kamu memasak lebih lama lagi, yang terjadi adalah bagian luar akan lebih kering atau bahkan gosong.

Untuk itu, cairkan dulu daging beku tadi dalam air sampai ayam kembali lunak. Kamu bisa merendamnya dalam air dingin dan mengganti air setiap 30 menit sampai benar-benar cair. Baru daging bisa dimasak.

2 dari 10 halaman

Rebus Ayam

Selanjutnya, kamu bisa melakukan cara opsional ini dengan mencampurkan 4 liter air, 1/4 cangkir gula, dan 1/2 cangkir garam dalam panci besar. Didihkan larutan dengan api besar. Kecilkan api dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu, masukkan ayam mentah dalam panci dan dinginkan selama satu jam.

3 dari 10 halaman

Keringkan

Setelah itu, Keringkan Terlebih dahulu ayam setelah direbus dalam air garam tadi. Kamu bisa meletakkannya dalam tisu sebelum memanggangnya hingga air terserap semua. Dengan begini, kamu akan lebih mendapatkan kerak dan warna yang lebih bagus. Selain itu, bumbu akan lebih terserap sempurna ketika dipanggang.

4 dari 10 halaman

Jangan Pelit Bumbu

Ayam Panggang © Diadona

Biasanya, kita akan sangat hati-hati dalam membumbui makanan. Padahal, tidak ada salahnya untuk banyak memberikan bumbu pada ayam ketika dipanggang. Hanya saja, lakukan dengan merata. Jangan lupa untuk membumbui bagian dalam (rongga) serta kulitnya. Dengan begitu, ayam panggang tidak akan hambar.

5 dari 10 halaman

Jangan Langsung Dibumbui

Ilustrasi Ayam Panggang © Diadona

Biasanya, ketika kita akan memanggang atau meng-grill, kamu akan langsung membumbuinya dengan barbekyu sebelum dipanggang. Hal ini justru akan membuat ayam panggang cepat gosong karena bumbu yang matang duluan. Alangkah baiknya untuk panggang dulu ayam sampai setengah matang, baru kemudian bumbui dengan saus barbekyu atau lainnya sampai benar-benar matang.

6 dari 10 halaman

Tiap Potongan Punya Lama Masak yang Berbeda

Ilustrasi Ayam Panggang © Diadona

Tiap bagian punya lama masak yang berbeda pula. Meskipun dimasak dalam panas yang sama namun setiap bagian seperti paha, dada, atau sayap harus dimasak dengan durasi yang berbeda. Potongan ayam bertulang seperti paha, sayap ataupun dada harus dimasak selama 10 hingga 15 menit persisinya. Sedangkan untuk dada fillet atau tanpa tulang hanya perlu enam hingga delapan menit per sisinya.

7 dari 10 halaman

Jangan Panggang Ayam Bersamaan dengan Sayuran

Ilustrasi Ayam Panggang © Diadona

Biasanya, kita ingin membuat variasi dengan menusuk potongan ayam dengan sayuran dan dipanggang bersamaan. Namun, ini adalah cara yang kurang tepat. Pasalnya jika sayur dan ayam dimasak secara bersamaan hal ini akan menyebabkan ayam dan sayur tidak matang secara tepat dan merata. Selain itu, hal ini akan menyebabkan kontaminasi silang yang justru kurang baik untuk tubuh.

Pisahkan ayam mentah dari bahan lain yang kamu masak. Dan, gunakan juga telenan yang berbeda untuk daging dan sayuran. Nah, baru ketika menyajikannya dalam keadaan matang, kamu bisa menyajikannya dalam satu piring dan bisa dinikmati.

8 dari 10 halaman

Jangan Panggang Ayam dalam Api yang Terlalu Panas

Ayam Panggang © Diadona

Ayam paling baik dimasak dengan api sedang dengan suhu kira-kira 232 derajat celcius. Suhu yang lebih tinggi mungkin akan membuat makanan matang lebih cepat, namun hal ini akan membuat makanan matang kurang merata.

9 dari 10 halaman

Gunakan Termometer Daging

Ini opsional. Dengan termometer daging, kamu bisa melihat suhu dalam daging. Suhu sempurna daging bagian dalam adalah sekitar 73 derajat celcius.

10 dari 10 halaman

Diamkan Dulu Daging Panggang Setelah Matang

Ayam Panggang © Diadona

Setelah memanggang ayam sampai matang, diamkan dulu selama beberapa menit. Untuk potongan ayam, kamu bisa mendiamkannya selama sekitar lima menit. Nah, untuk ayam utuh, kamu memerlukan waktu 20 sampai 30 menit sebelum dapat dinikmati. Hal ini akan untuk lebih mematangkan daging bagian dalam ketika hendak dikonsumsi.

Beri Komentar