Ragu Telur Masih Segar Atau Sudah Jelek? Yuk Kenali Ciri-Cirinya!

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 23 September 2020 17:15
Ragu Telur Masih Segar Atau Sudah Jelek? Yuk Kenali Ciri-Cirinya!
Kamu bisa menggunakan trik ini untuk melihat apakah telur masih cukup segar untuk dimakan.

Telur memang salah satu sumber protein yang sering kita konsumsi. Selain harganya yang murah, telur adalah salah satu bahan makanan yang mudah untuk diolah.

Telur juga salah satu bahan makanan untuk membuat makanan lainnya seperti kue ataupun campuran lainnya. Menjadi makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, penting untuk menjaga agar telur dalam keadaan segar.

Kita biasanya meremehkan cara menyimpan ataupun memilih telur yang masih segar atau tidak. Padahal, akan fatal akibatnya kalau kamu mengonsumsi telur yang sudah nggak segar lagi.

Kali ini, diadona.id akan memberikan tips bagaimana mengetahui telur itu masih segar atau sudah tidak layak konsumsi. Apa aja itu? Yuk kita simak!

1 dari 3 halaman

Menggunakan Air

TelurTelur © stockland.com.au

Melansir dari Daily Meal, Kamu bisa mengetahui telur ini masih segar atau kadaluwarsa dengan cara ini. Tempatkan telur dalam mangkuk berisi air sampai tenggelam. Setelah itu, kamu bisa melihat, apakah telur terletak miring, tegak, atau terapung.

Telur dalam keadaan masih segar jika tetap berada di dasar air. Jika telur menegak namun tetap berada di dasar air, telur ini masih tergolong aman namun sudah harus segera dikonsumsi.

Nah, kalau telur dalam keadaan terapung, ada kemungkinan besar telur sudah kadaluwarsa dan kurang layak untuk dimakan. Namun, trik ini nggak selalu mudah dan akurat. Telur tua mengapung karena memiliki sel udara yang membesar seiring bertambahnya usia telur. Hal inilah yang menyebabkan telur mengapung di air. Meskipun telur apung berarti usianya memang lebih tua, namun, telur tersebut masih mungkin dan aman untuk dimakan.

2 dari 3 halaman

Aroma

Ilustrasi TelurIlustrasi Telur © unsplash.com/Miguel Andrade

Cara yang paling sederhana adalah mencium aromanya. Sebelum kamu memasukkannya ke dalam penggorengan, alangkah baiknya untuk memecahkannya ke dalam mangkuk terlebih dahulu. Kemudian kamu bisa memeriksa apakah baunya masih normal atau sudah sangat busuk dan bikin muntah. Jika baunya sudah sangat busuk, alangkah baiknya untuk tidak mengolah atau mengonsumsinya.

Untuk itulah, kamu perlu menyimpannya ke dalam kulkas. Itupun lebih baik jika segera dikonsumsi dan tidak tersimpan dalam kulkas lebih dari 5 hari.

Beri Komentar