Belum Banyak yang Tahu, Nikmatnya Selai Srikaya Ternyata Bukan Terbuat dari Buah Srikaya Sungguhan

Reporter : Inasa All Islamiya
Senin, 6 Juli 2020 12:35
Belum Banyak yang Tahu, Nikmatnya Selai Srikaya Ternyata Bukan Terbuat dari Buah Srikaya Sungguhan
Nah selama ini makan selai apa dong?

Makan roti rasanya gak lengkap kalau gak dikasih selai. Kalau masyarakat Indonesia biasanya suka tuh selai dari buah-buahan, mulai dari buah nanas, stroberi, jeruk, sampai dengan blueberry. Tapi yang gak kalah jadi favorit adalah selai srikaya, yang manis gurihnya cocok banget sama lidah Indonesia.

Tapi tahu gak sih kamu? kalau ternyata selai srikaya yang selama ini kamu beli di toko makanan atau di supermarket ternyata bukan terbuat dari buah srikaya sungguhan loh. Lah terus terbuat dari apa dong?

Jadi nih ya, ternyata, selai srikaya ini terbuat dari bahan-bahan yang lazim banget ditemui di sekitar kita. Yakni utamanya adalah santan kental, kuning telur, gula, dan daun pandan. Wah tapi kok bisa mirip sama rasanya buah srikaya ya?

Sejauh ini, redaksi Diadona masih belum nemu nih kenapa kok yang selama ini lazim kita sebut sebagai selai srikaya ternyata malah bukan terbuat dari buah srikaya. Dan malah hanya terbuat dari santan dan juga kuning telur yang diberi gula dan daun pandan.

 

1 dari 3 halaman

Selai Srikaya Ternyata Bukan dari Buah SrikayaSelai Srikaya Ternyata Bukan dari Buah Srikaya © tarasmulticulturaltable.com

 

2 dari 3 halaman

Tapi nih ya, admin ada nemu satu blog nih, yakni blog dengan nama Hitam Putih Ratih, yang menyebut kalau nama sesungguhnya dari selai srikaya ternyata adalah 'egg jam' atau 'coconut jam'. Jadi memang selai srikaya ini kalau dalam versi Inggris memang disebut sebagai selai telur atau selai kelapa.

Wah ternyata selama ini kita keliru ya. Ada yang bilang sih kalau selai srikaya rasanya emang gak mirip sama buah srikaya sungguhan. Tapi kalau admin sih sejauh ini mikir kalau selai srikaya emang mirip rasanya sama buah srikaya sungguhan. Atau karena cuma sugesti ya? Yahh entahlah.

Dari pada pusing mikirin itu, mending admin bagiin resep mudah bikin selai srikaya aja deh. Jadi judulnya gini, 'selai srikaya yang gak pakai buah srikaya' eheheh. Nah ini dia resepnya.

Bahan A:

100 gr gula pasir
30 gr gula merah, disisir halus
1 lembar daun pandan, ditali simpul

Bahan B:

100 gr gula pasir
250 ml santan kelapa
4 butir kuning telur

3 dari 3 halaman

Cara Bikin :

1. Siapkan panci, masak gula pasir dan gula merah sambil terus diaduk hingga menjadi karamel. Biarkan hingga dingin.

2. Di wadah terpisah, campurkan semua bahan B. Aduk rata, lalu saring.

3. Dengan api sedang, masukkan campuran baban B ke panci berisi karamel gula. Masukkan daun pandan.

4. Masak dan aduk adonan hingga karamel mencair dan mengental.

5. Setelah mengental, tuang selai dalam botol selai kaca. Tunggu hingga uap panasnya hilang dan dingin. Tutup, lalu simpan dalam kulkas.

Nah itu dia resepnya. Lumayan banget dibuat stok di kulkas. Mantul banget kalau buat sarapan sambil minum susu atau kopi.

Beri Komentar