Tentang Ikan Mentah yang Dijadikan Bahan Masakan Sushi, Asal Muasal dan Keamanannya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 25 Januari 2022 20:14
Tentang Ikan Mentah yang Dijadikan Bahan Masakan Sushi, Asal Muasal dan Keamanannya
Penggunaan ikan mentah yang dijadikan bahan masakan sushi tentu tak sembarang. Agar aman dari parasit, ikan ini harus memenuhi standar pengolahan tertentu.

Sushi merupakan makanan tradisional Jepang, berupa ikan mentah yang dibungkus dengan nasi dan rumput laut. Dan ikan mentah yang dijadikan bahan masakan sushi dinamakan ikan salmon.

Eh, namun selain salmon, ada banyak jenis ikan mentah sebagai bahan masakan sushi, diantaranya:

Tuna: merupakan pilihan utama. Pilih jenis tuna apa pun, termasuk sirip biru, sirip kuning, mata besar, cakalang, bonito, dan albacore. Ada beberapa yang lebih langka juga.

Yellowtail: Ini adalah jenis jackfish yang disebut hamachi dalam bahasa Jepang. Bagi banyak orang, itu adalah ikan mentah favorit.

Gizzard Shad: Ikan umpan yang disebut orang Jepang kohada ini dihargai di beberapa kalangan. Rasanya memang amis, tapi nggak seburuk itu kok.

Makarel: Disebut saba atau aji dalam bahasa Jepang. Semua jenis makarel emang pilihan yang enak kok, tapi harus dikasih cuka sebelum disajikan.

1 dari 4 halaman

Ikan mentah yang dijadikan bahan masakan sushi © Diadona

Sushi sudah berkembang di Jepang sejak berabad-abad yang lalu saat orang-orang menfermentasikan ikan dengan menggunakan nasi. Jadi, ikan yang difntasikan akan dimakan sementara nasi yang digunakan akan dibuang. Lalu seirengan waktu, dikutip dari Air Kitchen, orang-orang mulai makan bagian nasinya juga.

Untuk membuat sushi, ikan mentah yang merupakan bagian utama dari sushi, diletakkan bagian tengah nasi yang udah difermentasi. Sushi ini kemudian dibungkus menggunakan rumput laut. Ini adalah konsep dasar untuk memahami apa gimana sushi ya, mengingat hidangan ini sudah berkembang selama tahun.

2 dari 4 halaman

Zaman dulu, kebanyakan sushi dibuat dari ikan tuna dan ikan laut tawar. Mereka nggak ada nih tradisi makan ikan salmon mentah yang dijadikan bahan masakan sushi.

Sebab, ikan salmon yang di Jepang tuh hidup di lautan Pfik yang terpapar parasit. Penduduk setempat bilang kalau ikan ini nggak punya rasa, warna bahkan aroma yang tepat buat dimakan mentah.

Nah, ngomongin soal ikan salmon yang merupakan ikan mentah yang dijadikan bahan masakan sushi, ada fakta yang menarik banget nih tentang hal ini.

3 dari 4 halaman

Sushi dari Salmon ternyata Diinisiasi oleh Negara Lain

Ikan mentah yang dijadikan bahan masakan sushi © Diadona

Sushi memang berasal dari Jepang, tapi tahukah kamu kalau penggunaan ikan salmon sebagai ikan mentah yang dijadikan bahan masakan sushi ini diprakarsai oleh Norwegia lho!

Jadi di tahun 80-an, mengutip Culture Trip, jadi Norwegia punya kelebihan ikan salmon. Trus pemerintahnya putar otak, ketemulah suatu ide. Mereka merasa kalau Jepang, sebagai negara pecinta ikan tradisi sushi yang kuat, bisa jadi pasar yang menarik nih.

Lalu kemudian dikirimkanlah delegasi di tahun 1985 dengan misi untuk menjadikan Norwegia sebagai industri seafood yang bagus di Jepang. Dan di tahun 1991, ekspor ikan Norwegia meningkat dari NOK 500 juta ke NOK 1.8 milyar. Trus ini bukan satu-satunya keuntungan yang mereka dapatkan, karena sejak saat itu terjadi perubahan tentang gimana orang-orang di seluruh dunia memakan sushi.

4 dari 4 halaman

Keamanan Ikan Mentah yang Dijadikan Bahan Masakan Sushi

Ikan mentah yang dijadikan bahan masakan sushi © Diadona

Karena ikan mentah yang digunakan sebagai bahan makanan sushi, tentu ada resiko keamanan yang mungkin muncul. Nah untuk memastikan keamanannya, maka ikan salmon harus memenuhi . Sebab, salmon bisa saja terinfe parasit seperti cacing laut, salah satunya.

Ikan mentah yang digunakan sebagai bahan masakan sushi haruslah ikan sushi-grade. Apa itu? Yaitu istilah yang diberikan kepada ikan yang nunjukin kalau ikan itu aman untuk disiapkan dimakan secara mentah.

Melansir Kobe Jones Ikan kelas sushi ditangkap dengan cepat, berdarah saat ditangkap, dan dibekkukan secara menyeluruh. Untuk membuatnya aman dikonsumsi, misalnya, ikan salmon harus dibekukan pada suhu 0°F selama 7 hari atau dibekukan pada suhu -35°F selama 15 jam. Ini akan membunuh parasit apa pun, membuat ikan aman untuk dikonsumsi.

Eh, tapi apa enak sih makan ikan mentah dalam kondisi beku? Mungkin memang terdengar aneh, tetapi sebagian besar restoran sushi menggunakan ikan yang sudah dibekukan dengan es tebal. Yup, makan ikan segar yang baru keluar dari kapal sih memang terdengar menyenangkan, tapi kenyataan ini jang terjadi. Tetapi enang aja, sebagian besar restoran sushi menggunakan ikan yang sudah dibekukan dengan es tebal

Menggunakan ikan beku saat membuat sushi juga irit biaya sebab bisa disimpan kapanpun ingin dimakan.

Nah jadi seperti itulah ikan mentah yang dijadikan bahan masakan sushi. Apakah kamu menyukai makanan yang satu ini?

 

Beri Komentar