39 Cemilan Lebaran yang Gurih dan Nagih, Bikin Nggak Berhenti Makan

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Selasa, 2 April 2024 13:44
39 Cemilan Lebaran yang Gurih dan Nagih, Bikin Nggak Berhenti Makan
Daftar cemilan lebaran dengan rasa gurih di bawah ini dijamin nggak bikin kamu eneg dan pengen ngemil teruss!

Jajanan lebaran yang gurih pas banget untuk menemani momen lebaran kamu. Selain untuk meringankan perut yang kebanyakan makan opor ayam, camilan ini nggak bikin eneg. Oke banget juga nih untuk kamu yang nggak suka manis.

Untuk memeriahkan momen bersama keluarga, kerabat, dan para tamu yang berkunjung, Diadona punya nih beberapa ide cemilan gurih yang bisa dihidangkan saat perayaan lebaran nanti. Yuk, simak selengkapnya ddengan baca terus artikel ini!

 

1 dari 17 halaman

1. Stik Balado

Stik Balado, Ide Jajanan Lebaran yang Gurih © Diadona

Selain kuping gajah, stik balado juga termasuk salah satu daftar camilan yang disajikan hampir setiap rumah sebagai suguhan khas hari raya. Karena terasa ringan, stik balado nih secocok itu guys bila disantap sembari berbincang atau berbasa-basi dengan tamu dan/atau tuan rumah!

Stik balado ini berbahan dasar jagung yang diolah sedemikian rupa bersama bubuk balado untuk mempernikmat rasa. Teksturnya yang renyah, rasanya yang gurih, dan sensasi pedas dari bumbu balado menghasilkan perpaduan yang sempurna. Pokoknya, kamu bakal nyesel deh kalau nge-skip camilan yang satu ini!

2. Stik Jagung

Jajanan Lebaran yang Gurih dan Renyah - Stik Jagung © Diadona© 2024 shopee.co.id/Duta_Snack_Malang

Mungkin Diazens bakal merasa familiar sama camilan lebaran yang satu ini. Yup, stik jagung yang memang menjadi makanan ringan dan sering dikonsumsi dalam sehari-hari juga bisa kamu masukkan dalam list camilan lebaran yang akan kamu suguhkan nantinya.

Selain itu, peminatnya yang berasal dari semua kalangan pasti bikin stik jagung menjadi camilan yang bisa dibilang most wanted ketika lebaran.

Selain di toko-toko, kamu juga bisa membuat stik jagung karena bahannya yang mudah didapat, mulai dari, jagung manis, tepung terigu dan maizena, serta bumbu pelezat masakan.

Proses pembuatannya juga nggak bikin kamu ribet, karena kamu cuma perlu mencampur semua adonan, memasukkannya ke dalam plastik segitiga, dan cetak di dalam penggorengan berisi minyak sesuai selera. Nah, stik jagung yang gurih dan renyah siap kamu sajikan, deh!

2 dari 17 halaman

3. Stik Bawang

Stik Bawang yang Gurih dan Renyah Sebagai Cemilan Lebaran © Diadona

Stik bawang bisa menjadi alternatif jajanan gurih untuk sajian lebaran berikutnya. Penampakannya mirip dengan stik keju, hanya saja rasa bawang putih (juga bawang merah) cenderung mendominasi dan sudah nggak perlu dicampur dengan keju lagi dalam adonannya. 

Jika diolah dengan tepat, stik bawang atau yang biasa dikenal dengan sebutan " sistik" ini akan memiliki tingkat kerenyahan yang pas dan rasa gurih yang nikmat. Mengingat sifatnya nggak mengenyangkan, dijamin kamu bakal ketagihan untuk mencomotnya terus-terusan, deh! Buruan siapin stok lebih dari satu toples besar di rumah! 

4. Telur Gabus

Jajanan Lebaran yang Gurih dan Renyah - Telur Gabus © Diadona© 2024 instagram.com/penuhrasa_i

Nggak cuma dikonsumsi dalam sehari-hari, telur gabus juga bisa kamu jadikan alternatif camilan lebaran yang bisa menggugah selera. Ketika lebaran, rasanya nggak lengkap kalau kamu nggak lihat jajanan yang satu ini di meja ruang tamu. Bentuknya yang nggak terlalu besar cocok dikonsumsi ketika kamu lagi ngobrol bareng keluarga atau tamu yang berkunjung.

Jajanan dengan bentuk panjang yang satu ini punya bahan dasar telur dan tepung tapioka/sagu. Ketika dimakan, teksturnya cukup renyah dipadukan dengan bagian dalam yang sedikit empuk seperti gabus.

Cita rasa gurih dan sensasi rasa asin yang berpadu dalam telur gabus ini menjadikannya sebagai camilan yang banyak diminati dan sering disuguhkan ketika lebaran. Dijamin bakal bikin ketagihan, deh!

5. Stik Keju

Cemilan Lebaran yang Gurih, Stik Keju © Diadona

Untuk jenis jajanan lebaran yang disukai berbagai kalangan, stik keju adalah pilihan yang tepat! Sensasi renyah dan gurih yang terkandung di dalamnya benar-benar cocok dijadikan sebagai teman ngemil atau makanan ringan.

Dengan modal yang nggak terlalu mahal, kamu bisa membuat sendiri stik keju kreasimu di rumah untuk dinikmati sendiri atau dijual kembali sebagai ide bisnis. Dijamin rasanya bakal nikmat dan permintaan akan membludak. 

Kalau kamu tertarik, kamu bisa ikuti resepnya melalui video di bawah ini, ya!

3 dari 17 halaman

6. Kacang Telur

Kacanag Telur yang Pasti Ada Sebagai Cemilan Gurih Lebaran © Diadona

Hidangan saat lebaran nggak harus selalu berbentuk kue manis, tetapi juga camilan yang gurih nan renyah. Nah, kacang telur ini seringkali ditemui di meja ruang tamu untuk sajian bagi orang yang ingin berkunjung, lho!

Cara membuat camilan gurih ini cukup mudah dan cocok buat kamu males eksekusi resep tanpa oven dan tanpa ulen Kamu hanya butuh menyelimuti kacang tanah yang sudah disangrai dengan menggunakan tepung dan bumbu sesuai resep yang ada, kemudian digoreng sampai kering kecokelatan. Selesai! Kacang telur sudah siap disuguhkan kepada tamu atau dimakan bersama keluarga. 

7. Pastel Kering

Pastel KEring, Cemilan Gurih saat Lebaran © Diadona

Ngomongin soal jajanan lebaran yang gurih, pastel kering udah pasti menempati tempat pertama dan paling populer. Bentuk penampakan luarnya memang sama pastel basah biasa, namn ukurannya lebih kecil dan isiannya yang berupa abon.

Bahan utama yang wajib ada di antaranya tepung terigu, margarin, dan telur sebagai kulitnya serta abon sebagai isiannya. Dengan bahan-bahan sederhana yang mayoritas udah bisa kamu temukan di toko terdekat atau bahkan dapurmu, dijamin kamu bakalan tergerak untuk mencoba membuatnya karena beneran semudah itu, Diazens!

Kamu cukup menguleni adonan sampai tidak bergerindil, membaginya menjadi beberapa bagian kecil, membentuknya menjadi seperti pastel, lalu menggorengnya dalam minyak panas.

Pastel kering ini bisa bertahan lama setelah digoreng hingga kering dan renyah. Jadi, kamu nggak perlu khawatir deh akan ketahanan rasa dan kualitas pastel kering isi abon yang super duper gurih ini.

Atau kalau tak mau repot, tentu saja ada banyak pilihan pastel kering yang tersedia di toko kue. Harganya bervariasi tergantung pada kualitas namun biasanya dipatok mulai dari Rp. 50 ribu per kilogram.

4 dari 17 halaman

8. Kuping Gajah

Kuping Gajah, Camilan yang Cocok buat Lebaran © Diadona

Lebaran belum lengkap rasanya jika belum menemukan kuping gajah sebagai jajanan khas dan favorit semua kalangan. Sensasi gurih dan teksturnya yang renyah emang nggak pernah gagal bikin kita kecanduan untuk terus menyicipinya.

Selain bentuknya yang memang menyerupai telinga gajah, keunikan yang ada pada jajanan gurih ini adalah warna adonan yang tampak seperti warna kulit zebra, tapi sekarang sudah nggak terlalu berpaku pada warna itu saja, kok!

Nah, untuk proses pembuatan kuping gajah ini pun sebenarnya nggak terlalu sulit, hanya saja butuh kesabaran dan ketelatenan untuk mendapat hasil yang maksimal. 

9. Kue Sus Kering

Jajanan Lebaran yang Gurih dan Renyah - Sus Kering © Diadona© 2024 instagram.com/zeelandia_indonesia/

Biasanya, kue sus identik dengan kue yang punya tekstur lembut dengan isian vla susu. Ternyata, kue sus juga bisa jadi pilihan jajanan lebaran kamu dalam bentuk kue sus kering. Kue sus kering punya bentuk yang lebih kecil dibandingkan kue sus basah dan punya rasa yang cenderung gurih.

Saat ini, sudah banyak yang menjual dan menyajikan kue sus kering dengan berbagai isian di dalamnya, seperti saus cokelat. Rasa gurih dan tekstur renyah yang ada di luar dan manisnya cokelat di dalam, auto bikin orang nggak cukup kalau comot kue sus kering satu cuma satu saja. Bentuknya yang bisa habis dalam sekali lahap pasti bikin ketagihan.

10. Untir-Untir

Jajanan Lebaran yang Gurih dan Renyah - Untir-untir © Diadona© 2024 instagram.com/dapur_ammahanun/

Kue tambang yang biasa dikenal dengan nama untir-untir adalah salah satu jajanan tradisional yang juga sering disajikan ketika lebaran. jajanan lebaran yang punya bentuk seperti tali tambang yang diuntir atau dipilin ini punya cita rasa gurih dengan hint manis yang digemari banyak kalangan.

Selain membelinya di toko, kamu juga bisa membuat kue tambang sendiri, loh! Bahan yang dibutuhkan juga masih cukup terjangkau, seperti tepung terigu, telur, gula, dan margarin. Meskipun begitu, mungkin kamu bakal dibuat cukup tertantang ketika mempelintir adonan agar kue tambangnya tetap berbentuk rapi dan nggak terbuka ketika menggorengnya.

11. Biji Ketapang

Cemilan Lebaran yang Gurih - Biji Ketapang © Diadona© 2024 instagram.com/resepneti

Kue tradisional yang berasal dari Betawi ini bisa kamu jadikan pilihan jajananlebaran. Namun jangan khawatir, meskipun namanya sama, tetapi yang satu ini bukan benar-benar biji dari tumbuhan ketapang, kok!

jajanan yang terbuat dari tepung terigu, kelapa, dan santan ini cukup dibentuk dengan tangan dan digunting atau dipotong menggunakan pisau sehingga nggak perlu ribet dalam membuatnya. Nggak perlu dipanggang, kue ini cuma perlu digoreng saja.

Tekstur luar yang renyah dan rasa yang nggak terlalu manis bisa bikin orang susah berhenti makan setelah mencobanya. Selain itu, bentuk dari kue biji ketapang yang dibentuk mirip biji tumbuhan ketapang yang berukuran kecil nggak akan bikin kesulitan ketika memakannya.

5 dari 17 halaman

12. Lanting

Lanting, Jajanan JAdul untuk Cemilan Gurih Lebaran Nanti © Diadona

Diazens pasti udah familiar ‘kan dengan bentuk camilan yang kerap disuguhkan saat perayaan lebaran seperti gambar di atas? Nah, itu tuh yang dinamakan lanting, camilan gurih asal Kebumen yang berbahan dasar singkong.

Bentuk camilan ini bulat menyerupai cincin ataupun angka delapan. Rasa yang gurih dan tekstur yang renyah menjadi faktor utama mengapa camilan ini masih dicari dan terus lestari hingga kini, bahkan mampu bersaing dengan jenis camilan modern lainnya.

13. Rengginang

Rengginang, Cemilan Gurih dan Renyah khas Lebaran © Diadona

Rengginang merupakan makanan pendamping atau camilan tradisional yang terbuat dari beras ketan atau nasi. Bahan tersebut kemudian dibentuk sedemikian rupa dan dijemur di bawah teriknya sinar matahari, lalu digoreng hingga merekah sempurna.

Rasanya yang gurih dengan tekstur renyah memang cocok dinikmati saat bersantai bersama keluarga atau untuk sajian saat lebaran. Seiring dengan berkembangnya zaman, ada banyak variasi rasa yang membuat rengginang jadi semakin nikmat, misalnya rengginang rasa udang, rasa bawang, rasa terasi, dan sebagainya.

14. Kembang Goyang

Jajanan Lebaran yang Gurih dan Renayh - Kembang Goyang © Diadona© 2024 instagram.com/resepkuemudah.id

Selain kue kering, jajanan tradisional berupa kembang goyang juga bisa kamu sajikan sebagai camilan lebaran. Sesuai dengan namanya, camilan yang berasal dari Malaysia dan cukup khas di kalangan masyarakat Betawi ini punya bentuk yang menyerupai bunga yang sedang mekar.

Penyajiannya yang bisa dikreasikan dengan berbagai rasa dan warna memang cocok untuk disajikan buat tamu yang bersilaturahmi ketika lebaran.

Bahan-bahan dari kembang goyang juga mudah ditemukan, mulai dari tepung terigu, gula, susu, dan pengembang sehingga kamu nggak perlu khawatir bakal kesulitan.

Selain itu, proses pembuatannya yang cukup unik dengan menggoyang-goyangkan cetakan yang sudah dilapisi adonan dalam penggorengan hingga terlepas bisa bikin camilan ini punya daya tariknya sendiri.

15. Pang-Pang

Jajanan Lebaran Kiloan - Pang Pang © Diadona© 2024 jualpangpangmurah.blogspot.com

Diazens pasti sudah familiar banget sama camilan lebaran yang satu ini, apalagi ketika melihat bentuknya yang unik. Pang pang adalah camilan yang juga dikenal sebagai kue bantal karena bentuknya yang mirip banget sama bantal. Rasanya yang gurih dengan tekstur renyah bikin kamu ketagihan ketika menggigitnya.

Nah, Pang pang sendiri bisa kamu jadikan salah satu opsi camilan lebaran untuk disajikan ketika hari saya karena punya banyak varian rasa, seperti asin, pedas, manis, dan lain-lain. Camilan lebaran yang satu ini juga cukup banyak dijual di pasaran, jadi kamu nggak perlu khawatir kehabisan

6 dari 17 halaman

16. Emping

Emping Melinjo yang Selalu Dinanti saat Lebaran © Diadona

Ada lagi nih camilan tradisional legendaris khas Indonesia, yaitu emping! Emping terbuat dari biji melinjo yang disangrai dan ditumbuk, lalu dikemas sebagai mentahan dan/atau bisa juga langsung digoreng kering. Rasa dari emping ini dominan gurih dengan sedikit hint pahit yang membuatnya menjadi unik dibandingkan sajian lebaran lainnya.

Emping pada dasarnya berbentuk keripik kering yang bisa habis dalam sekali lahap (bite-size). Kalau dulu rasanya hanya gurih dan sedikit pahit, sekarang sudah banyak kok yang menjual emping dengan rasa dan bumbu yang lebih variatif. Tapi hati-hati mengkonsumsinya ya karena termasuk dalam makanan tinggi purin.Jadi, kamu bisa memilih sendiri deh mau menikmati emping manis yang dibalut gula yang terkaramelisasi, emping gurih, atau emping pedas berbumbu balado daun jeruk. Cocok banget kan jadi cemilan lebaran yang gurih?

17. Akar Kelapa

Akar Kelapa, Cemilan Jadul Gurih Lebaran © Diadona

Camilan yang satu ini nih asalnya dari Betawi dan biasanya memang disajikan sebagai suguhan tamu saat lebaran. Bukan akar kelapa sungguhan, ya! Cuma penyebutan aja, kok, karena bentuknya memang menyerupai akar kelapa yang asli.

Akar kelapa memiliki cita rasa yang gurih dan manis sehingga bisa dengan mudah menjadi camilan favorit semua kalangan. Selain itu, cara pembuatannya yang mudah dengan bahan-bahan yang simpel, seperti tepung beras, tepung ketan, santan (opsional), dan gula, sudah bisa menjadi stok camilan lebaran yang siap memenuhi toplesmu selama 7 hari penuh. 

18. Kue Garpu

Jajanan Lebaran yang Gurih dan Renyah - Kue Garpu © Diadona© 2024 instagram.com/wawawiati/

Kalau kamu lagi bingung camilan lebaran mana yang cocok dikonsumsi segala kalangan, kamu bisa pilih kue garpu untuk disediakan ketika lebaran. Kue garpu yang juga dikenal sebagai kue keong atau kue bawang punya tekstur asin dan gurih sehingga bisa dijadikan alternatif camilan lebaran.

Camilan lebaran yang satu ini punya bentuk yang unik karena dicetak menggunakan garpu. Nah, tekstur garis-garis yang muncul bisa membuat camilan lebaran yang satu ini menjadi renyah.

Selain itu, kamu nggak perlu pusing karena kue yang satu ini bisa digoreng dalam jumlah banyak dan nggak perlu oven atau mixer. Setelahnya, kamu bisa langsung sajikan di dalam toples agar tampak makin cantik dan menggugah selera.

19. Pilus Jagung

Jajanan Lebaran yang Gurih dan Renyah - Marning Jagung © Diadona© 2024 instagram.com/hj_enonggroup

Selain keripik singkong bakar balado, pilus jagung juga bisa dimasukkan dalam list camilan lebaran yang biasa disuguhkan dalam momen lebaran.

Camilan yang terbuat dari jagung berbentuk bulat seperti pilus kacang cocok buat disantap ketika sedang mengobrol dengan keluarga atau menyambut tamu yang bersilaturahmi ke rumah.

Ketika melahapnya, rasa gurih dan rasa jagung yang khas akan berpadu dengan tekstur renyah yang kriuk dan bikin ketagihan. Bentuknya yang kecil juga membuat kamu rasanya mau mengonsumsi beberapa butir dalam sekali lahap agar bisa merasakan rasa jagung yang familiar di lidah.

20. Mie Lidi

Jajanan Lebaran Gurih dan Renyah - Mie Lidi © Diadona© 2024 instagram.com/pittymou/

Mie lidi sendiri sudah dikenal di Indonesia sebagai camilan jadul yang digemari oleh segala kalangan. Mie dengan cita rasa gurih yang digoreng kering dengan bumbu pedas cukup banyak membuat orang-orang ketagihan dengan rasanya.

Sesuai dengan namanya, mie lidi juga dikenal karena bentuknya yang tipis memanjang menyerupai lidi.

Rasa gurih yang menyatu dengan pedas membuat camilan ini cukup banyak digemari, mengingat popularitasnya sebagai jajanan yang sudah dijual sejak dahulu. Namun, karena bentuknya yang lancip dan cukup tajam, jangan lupa untuk berhati-hati dalam mengonsumsinya ya Diazens!

7 dari 17 halaman

21. Peyek Kacang

Peyek Kacang sebagai Cemilan Gurih Lebaran © Diadona

Eh, siapa bilang kalau peyek cuma cocok dijadikan teman makan pecel aja? Peyek pun tetap bisa berdiri sendiri sebagai camilan yang bisa kamu nikmati setiap saat, lho! Bahkan, tak jarang juga yang menyuguhkannya saat musim lebaran.

Salah satu jenis peyek yang paling populer dan digemari banyak orang adalah peyek kacang. Topping kacang yang terasa di setiap gigitan, rasa yang gurih maksimal, dan sensasi renyah dari peyek kacang ini benar-benar memanjakan lidah, buat kamu jadi asik mengunyah dan tertarik untuk terus mencoba.

22. Basreng

Basreng, Ide Cemilan Lebaran yang Gurih © Diadona

Siapa sih yang nggak kenal camilan populer yang satu ini? Yup! Basreng memang nggak boleh luput dari daftar camilan yang wajib ada untuk sajian lebaran. Berasal dari Jawa Barat, camilan yang memiliki kepanjangan “ baso digoreng” ini umumnya dibuat dari bakso dengan campuran ikan yang dipotong atau diiris tipis memanjang, lalu digoreng dan diberi bumbu tabur sesuai selera.

Basreng mempunyai tekstur yang renyah sehingga terasa asik saat menyantapnya. Namun, cara pembuatan dan proses menggorengnya memang sedikit tricky supaya hasil akhirnya nggak terlalu keras.

Tapi kamu nggak perlu khawatir karena sudah ada banyak resep di internet yang bisa kamu tiru sendiri di rumah. Bahkan, banyak banget merek basreng terkenal yang sanggup melayani pengiriman ke seluruh penjuru Indonesia.

Harga per kilogramnya cukup murah kok mulai dari Rp. 50 ribu.

8 dari 17 halaman

23. Keripik Bawang

Keripik Bawang, Cemilan Gurih yang Bikin Nagih © Diadona

Selanjutnya, ada juga nih keripik bawang yang tak kalah gurih dan renyah. Keripik bawang ini ringan banget sehingga bikin kamu sulit berhenti untuk mencoba dan ingin mengunyahnya secara terus-menerus.

Bahannya sederhana banget kok, cukup tepung terigu, bawang putih dan/atau bawang merah, serta telur. Dengan sedikit bahan dan proses yang tak lama, jadi deh jajanan lebaran favorit keluarga!

Supaya keripik bawang buatanmu nggak gagal, kamu harus jeli dalam memperhatikan takaran tepung yang digunakan. Selain itu, adonan juga sebaiknya tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis supaya nggak hancur dan gosong saat digoreng. Jangan lupa yah, teksturnya harus lembut supaya renyah, dan minyak yang digunakan harus benar-benar panas.

Aduh repot banget kalau beli sendiri, ada pilihan beli jadi nggak sih? Tentu saja! Harganya mulai dari Rp. 30 ribu untuk satu kilogramnya. Murah meriah bukan?

24. Keripik Kulit Melinjo

Jajanan Lebaran yang Gurih dan Renyah - Keripik Kulit Melonjo © Diadona© 2024 cookpad.com/Titiek Purnomo

Selain buahnya, ternyata kulit dari tanaman melinjo juga bisa diolah sebagai masakan yang enak disantap. Kulit melinjo yang biasanya dimanfaatkan untuk lodeh dan oseng ternyata juga cocok menjadi camilan lebaran yang nggak boleh dilewatkan. 

Ketika membuatnya, penting banget buat memerhatikan pemilihan kulit melinjo karena bakal pengaruh ke rasa. Nah, kulit melinjo yang cocok dijadikan keripik adalah yang masih berwarna kuning, oranye, atau merah yang masih nggak terlalu tua karena nggak akan terasa pahit setelah digoreng. Sedangkan, yang warnanya sudah merah pekat menandakan kalau kondisinya sudah matang banget dan akan terasa pahit.

Agar rasanya semakin nendang, biasanya keripik kulit melinjo ini disajikan dengan bumbu pedas. Kombinasi gurih, renyah, dan pedas dari camilan lebaran satu ini bisa bikin orang yang mengonsumsinya jadi ketagihan.

9 dari 17 halaman

25. Keripik Kentang

Keripik Kentang © Diadona

Ini nih keripik kentang yang selalu diincar oleh pemburu camilan gurih dan renyah. Apalagi sekarang nggak terbatas pada rasa original saja, melainkan juga rasa-rasa lain yang lebih variatif, seperti taburan bumbu balado, barbeque, keju, dan lain-lain.

Untuk mendapatkan keripik kentang yang renyahnya tahan lama, biasanya orang-orang merendam kentang terlebih dahulu dengan larutan kapur sirih. Tips lainnya, pastikan keripik kentang bebas minyak hasil menggoreng. Lalu simpan deh keripik kentang di wadah kedap udara.

Nah, mengingat bahan yang dibutuhkan sangat sederhana dan cara membuatnya pun sangat praktis dan mudah, kamu bisa banget lho mencoba membuat keripik kentang sendiri di rumah.

Boleh nggak sih kalau beli aja? Tentu! Harganya memang lumayan mahal yaitu mulai dari Rp. 60 ribu/kg, tapi worthy banget lah!

26. Keripik Talas

Keripik Talas untuk Cemilan Lebaran © Diadona

Talas termasuk jenis umbi-umbian yang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, contohnya keripik talas. Sajikan dengan bumbu tabur untuk lebaran nanti, biar cemilan gurihmu tak itu-itu saja. 

Meskipun bisa menghasilkan keripik yang gurih dan renyah, talas harus diolah dengan cara yang tepat supaya nggak terasa gatal di mulut seperti keluhan orang kebanyakan. Pastikan kamu memilih talas yang masih baru dan segar, ya!

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk meminimalkan efek gatal yang timbul dari kandungan kalsium oksalat dalam talas di antaranya menjemurnya minimal 2 jam, mencuci di air mengalir berkali-kali, merendam dengan air garam, dan merebusnya kurang lebih 15 menit.

Keripik talas bisa kamu temukan dengan mudah di toko cemilan dengan harga mulai dari Rp. 60 ribu per kilogramnya.  

10 dari 17 halaman

27. Keripik Kaca

Jajanan Lebaran yang Gurih dan Renyah - Keripik Kaca © Diadona© 2024 instagram.com/kulinertasik

jajanan lebaran nggak selalu identik dengan rasa asin atau manis, loh! Buat kamu para pecinta pedas, kamu bisa coba menyediakan keripik kaca sebagai jajanan lebaran yang bisa memanjakan lidah. Cita rasa asin, pedas, dan gurih yang dirasakan ketika mengunyah bisa bikin penggemar pedas akan ketagihan ketika melahapnya.

Seperti namanya, keripik kaca ini berbentuk seperti kaca yang tipis dan transparan. Tepung tapioka tersebut dimasak sampai berwarna transparan dan ditipiskan menggunakan roll.

Nah, agar warnanya bisa makin transparan dan mirip banget dengan kaca, adonannya perlu dijemur selama beberapa jam. Ketika diletakkan dalam toples, bentuk dan tekstur yang khas dari keripik kaca akan cepat dikenali dan cocok disandingkan sebagai pelengkap jajanan lebaran lainnya yang nggak pedas.

28. Keripik Singkong Bakar Balado

Jajanan Lebaran yang Gurih dan Renyah - Keripik Singkong Balado © Diadona© 2024 Lazada

Selain untuk jadi teman ngemil sehari-hari, keripik singkong bakar balado yang punya tekstur yang renyah dan rasa gurih dan pedas bisa kamu suguhkan ketika lebaran. Bentuknya yang bergelombang juga seakan menjadi signature dari jajanan satu ini yang membuatnya banyak dikenali di masyarakat.

Sebenarnya, pembuatan keripik singkong bakar balado ini nggak susah, tetapi kamu perlu banyak pertimbangan saat memilih singkong yang akan kamu olah. Pilihlah singkong yang masih fresh dan dalam keadaan bagus dan nggak terkoyak atau terkelupas agar hasil dari keripik singkong bakar balado yang kamu buat tetap maksimal.

30. Kerupuk Koin

Jajanan Lebaran yang Gurih dan Renyah - Kerupuk Koin © Diadona© 2024 shopee.co.id/sobatcemil.jogja

jajanan lebaran gurih dan renyah yang satu ini biasanya dijadikan sebagai pendamping makanan berat. Nah, rasanya yang ringan dan bentuknya yang nggak terlalu besar bisa menjadikan keripik koin sebagai pilihan juga untuk menghiasi toples lebaranmu. 

Keripik koin sendiri memiliki bahan dasar singkong. Seperti dengan namanya, kerupuk koin adalah jajanan lebaran yang punya bentuk bulat menyerupai koin atau uang receh. Kerupuk koin sendiri punya dua macam, yaitu berbentuk bundar polos atau berbentuk menyerupai cincin dengan bulatan di tengahnya. 

Varian bumbu yang dimiliki kerupuk koin juga membuatnya cukup laris di pasaran dan digemari banyak orang.

31. Keripik Tahu

Jajanan Lebaran yang Gurih dan Renyah - Keripik Tahu © Diadona© 2024 shopee.co.id/JSR Rempah Indonesia

Tahu yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk makanan atau gorengan yang menemani kamu tiap bersantai ternyata bisa menjadi jajanan lebaran juga, loh! Bedanya, tahu yang satu ini dikreasikan dalam bentuk keripik tahu yang bisa dikonsumsi dengan mudah dengan ukuran bite size.

Keripik tahu sendiri punya ukuran yang nggak terlalu besar dibandingkan dengan tahu aslinya. Tekstur yang dihasilkan juga cukup renyah karena hanya memanfaatkan bagian kulitnya saja dan kandungan air yang nggak terlalu banyak, sehingga mudah ketika digoreng. Agar lebih mantap, kamu bisa sediakan saus pedas sebagai pelengkap.

11 dari 17 halaman

32. Kerupuk Kerang

Jajanan Lebaran Gurih dan Renyah - Snack Kerang © Diadona© 2024 instagram.com/snacknyommy/

jajanan lebaran yang satu ini pastinya sudah nggak asing lagi buat Diazens yang suka makan seblak. Yup, salah satu kerupuk yang menjadi varian isi dalam seblak ini bisa menjadi alternatif jajanan lebaran yang siap diserbu, loh!

Bentuknya yang kecil-kecil dan bulat menyerupai cangkang kerang nggak akan bikin kamu terlalu effort ketika melahapnya dan cocok dikonsumsi ketika sedang ngobrol santai.

Meskipun pada umumnya kerupuk kerang disajikan dalam rasa pedas, kamu nggak perlu khawatir karena sudah banyak yang menyediakan kerupuk kerang dalam berbagai varian non pedas. Nah, kamu dan keluarga beserta tamu yang berkunjung tetap bisa menikmati jajanan lebaran yang satu ini bersama-sama.

33. Kerupuk Opak 

Jajanan Lebaran yang Gurih dan Renyah - Keripik Opak © Diadona© 2024 shopee.co.id/FAJARAYU STORE

Jajanan lebaran khas Jawa Tengah dan Jawa Barat yang satu ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat dan cocok kamu persiapkan untuk menghiasi toples lebaranmu. jajanan gurih dan renyah ini terbuat dari ubi kayu atau singkong yang diolah dengan cara digiling dan dibumbui.

Bentuk dari kerupuk opak juga khas banget, yaitu bundar dan pipih dengan ukuran yang agak lebar. 

Kerupuk opak sendiri dikenal karena rasa asin yang bisa bikin ketagihan. Saat ini, sudah banyak toko yang menyediakan berbagai macam varian rasa kerupuk opak, mulai dari manis, balado, keju, salted egg, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, kamu bisa pilih varian manakah yang kira-kira bakal disukai oleh keluarga dan tamu yang akan berkunjung.

12 dari 17 halaman

34. Kulit Pangsit

Kulit Pangsit, Inspirasi Jajanan Lebaran yang Gurih © Diadona

Selain menjadi teman makan bakso maupun mi ayam, kulit pangsit juga bisa disulap menjadi camilan enak untuk sajian lebaran, loh!

Kamu bisa membuat kulit pangsitnya sendiri di rumah atau membeli kulit pangsit siap pakai yang tersedia di pasar tradisional atau supermarket terdekat, dipotong kotak-kotak atau sesuai selera, baru digoreng hingga kering. Setelah itu, kamu tinggal tambahkan deh bumbu-bumbu tabur kesukaanmu seperti bumbu balado. Bisa juga dinikmati bersama saus cocolan yang bikin kamu semakin ketagihan.

35. Makaroni

Jajanan Lebaran yang Gurih, Makaroni © Diadona

Makaroni adalah salah satu jenis pasta asal Italia yang berbentuk pipa kecil dan bengkok seperti busur. Cara menikmatinya beragam, di antaranya adalah dengan digoreng kering, kemudian diberi bumbu taburan sesuai selera.

Makaroni cocok dijadikan camilan saat lebaran karena sifatnya yang ringan dan ukurannya yang kecil. Jadi, makaroni nggak akan sampai bisa mengenyangkan perutmu, tapi cukup untuk menunda lapar atau dijadikan sebagai pengganjal perut saja.

36. Keripik Pisang

Keripik Pisang untuk Cemilan Lebaran © Diadona

Ini dia camilan lebaran yang pesonanya nggak padam oleh zaman dan rasanya selalu jadi kesukaan. Correct! Keripik pisang! Basically, ini adalah pisang yang diiris menggunakan irisan khusus keripik dan digoreng hingga kering.

Umumnya, keripik pisang menggunakan pisang kepok sebagai bahan dasarnya, tetapi bisa juga diganti jenis lain seperti pisang ambon atau raja bulu. Rasa yang gurih didapat dari ditaburinya irisan pisang  dengan garam sebelum akhirnya digoreng sampai renyah. Nggak hanya gurih dan asin saja lho, keripik pisang juga ada varian yang manis, bubuk cokelat, dan sebagainya.

13 dari 17 halaman

37. Usus Krispi

Jajanan Lebaran yang Gurih dan Renyah - Usus Krispi © Diadona© 2024 shopee.co.id/ Iduel Collection Surabaya

Camilan lebaran yang satu ini biasanya dikenal sebagai pelengkap makanan berat. Meskipun begitu, kamu juga bisa menjadikan usus krispi sebagai camilan lebaran yang akan kamu sajikan ketika hari raya nanti. Usus krispi yang sudah banyak beredar di toko juga nggak perlu bikin kamu khawatir kebingungan atau kehabisan. Begitu pula kalau kamu juga ingin membuatnya sendiri.

Bentuk usus krispi yang kecil dan mudah dikonsumsi ini menjadi alasan mengapa camilan ini masih banyak digemari dan dicari. Seiring berjalannya waktu, sudah banyak juga yang menyediakan usus krispi dengan berbagai variasi rasa yang menambah cita rasa gurih dan renyah.

Kalau kamu masih tetap ingin mempertahankan rasa khas dari usus, kamu juga bisa menyajikannya dengan bumbu pelengkap seperti saus sambal.

38. Samosa

Jajanan Lebaran Gurih dan Renyah - Samosa © Diadona© 2024 instagram.com/tablefortwo

Sekilas, camilan lebaran yang satu ini mirip sama pastel nggak, sih? Nah, ternyata samosa adalah pastri goreng berbentuk segitiga dengan isian kentang rebus dan bumbu rempah.

Camilan lebaran yang satu ini cukup populer di Asia Tengah dan Timur Tengah dan sekarang banyak dikonsumsi di Indonesia sebagai camilan untuk menemani hari.

Samosa sendiri biasanya disajikan dengan saus seperti manis pedas atau bolognese. Seiring berkembangnya waktu, isian samosa juga menyesuaikan dengan selera orang Indonesia, seperti bihun, ayam, sapi, keju, dan lain-lain. Ukurannya yang nggak terlalu besar pun membuat camilan lebaran satu ini cocok jadi pilihanmu.

14 dari 17 halaman

 39. Keciput

Resep Keciput Renyah dan Gurih © Diadona

Kabar gembira buat kamu si penggemar onde-onde! Karena ada juga loh versi mininya, yang punya tekstur renyah dan jauh lebih nggak ribet untuk dimakan, bahkan biasanya dijadikan suguhan saat lebaran. Yup, namanya adalah keciput!

Camilan gurih yang merupakan makanan ringan khas dari Kudus, Jawa Tengah, ini berbahan dasar tepung (ketan, kanji, atau maizena), telur, dan margarin, yang kemudian dibaluri dengan biji wijen ala onde-onde biasa pada umumnya.

Keciput biasanya dibentuk menjadi bulat-bulat kecil ataupun seperti stik memanjang sesuai selera. Proses menggoreng hingga kering inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa keciput bisa disimpan dalam waktu yang lama dan tetap renyah di toples kedap udara. 

Kamu bisa membuat kreasimu sendiri untuk membuat keciput jadi lebih enak dan gurih, misalnya ditambahkan parutan keju dalam adonannya. Nah, resep dari Chef Devina Hermawan di bawah ini mungkin bisa kamu ikuti untuk mendapat hasil yang maksimal.

Kamu butuh cemilan lebaran yang gurih untuk bikin toples jajananmu jadi lebih bervariasi atau untuk menjamu mereka yang tak suka makanan manis.

Cemilan mana yang pengen kamu beli?

Editor : Dias Nailah A. Aimee Mayza Aulia

 

15 dari 17 halaman

 

16 dari 17 halaman

 

17 dari 17 halaman

 

Beri Komentar