Cara Merebus Ketupat Hemat Gas, Hanya Butuh Waktu 12 Menit Tanpa Ribet

Reporter : Arifina
Jumat, 28 April 2023 16:07
Cara Merebus Ketupat Hemat Gas, Hanya Butuh Waktu 12 Menit Tanpa Ribet
12 Menit saja kamu bisa mendapati rasa ketupat yang empuk dan hemat gas.

Momen Hari Raya Idul Fitri di Indonesia biasanya akan banyak bermunculan menu makanan khas, salah satunya ketupat. Bahkan, di beberapa daerah hal ini dijadikan sebagai perayaan khusus.

Masyarakat Indonesia menyebutnya sebagai acara "Kupatan". Tradisi ini memang tidak ada di semua daerah, namun beberapa wilayah selalu menjadikan tradisi ini setiap tahunnya di hari ketujuh Lebaran.

1 dari 6 halaman

Di momen tersebut, setiap rumah menggelar open house dengan menyediakan menu makanan ketupat yang bisa dinikmati siapa saja gratis. Nah, buat kamu yang ikut merayakan tradisi tersebut tentu saja saatnya menyiapkan ketupat untuk dimasak.

Memasak ketupat ini cukup tricky untuk menghasilkan rasa yang gurih dan empuk. Bahkan, jika salah perhitungan akan menjadikan proses memasak lama dan boros gas.

Berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber cara merebus ketupat hemat gas.

2 dari 6 halaman

Rebus di Panci Besar

Tips Membuat Ketupat Agar Tidak Cepat Basi © Diadona

Merebus ketupat sebaiknya dilakukan di panci yang besar. Hal ini agar air untuk proses memasaknya bisa banyak dan sesuai dengan jumlah ketupat yang kamu siapkan.

3 dari 6 halaman

Didihkan Air Terlebih Dahulu

Tips Membuat Ketupat Agar Tidak Cepat Basi © Diadona

Sebelum merebus ketupat, agar kematangannya sempurna maka perlu dilakukan adalah mendidihkan air terlebih dulu. Kemudian, baru masukkan ketupat yang sudah berisi beras dan pastikan seluruhnya terendam sempurna ya!

4 dari 6 halaman

Tutup Rapat Panci saat Merebus Ketupat

Tips Membuat Ketupat Agar Tidak Cepat Basi © Diadona

Jangan membiarkan merebus ketupat dalam kondisi panci terbuka. Biarkan ketuoat  terebus selama 5 menit dalam panci tertutup rapat dengan api besar.

Panci yang tertutup rapat ini dapat mempercepat proses memasak ketupat dan tetap menghasilkan kematangan sempurna lho!

5 dari 6 halaman

Diamkan Ketupat Selama 30 Menit

Cara Membuat Ketupat Empuk © Diadona

Setelah 5 menit perebusan awal, maka biarkan ketupat tanpa membuka tutup panci selama 30 menit. Langkah ini untuk memproses pematangan ketupat berjalan sempurna.

6 dari 6 halaman

Rebus Kembali Ketupat Selama 7 Menit

Cara Membuat Ketupat Mudah © Diadona

Nyalakan kembali kompor untuk merebus ketupas tadi setelah 30 menit didiamkan. Rebus kembali ketupat selama 7 menit dengan api besar ya, lalu matikan kompor jika sudah selesai.

Selanjutnya, tiriskan ketupat dan dinginkan. Cek kematangan, jika takaran beras yang digunakan sudah pas, dapat dipastikan cara ini akan membuat ketupat matang dengan sempurna.

Itulah tadi cara merebus ketupat agar hemat gas, jika dihitung-hitung kamu cukup butuh waktu 12 menit saja saat proses memasaknya nih! Selamat mencoba ya!

Beri Komentar