Tragis, Raja-Raja Ini Berkuasa Tidak Lebih Dari Seminggu!

Reporter : Arif Mashudi
Rabu, 5 Februari 2020 12:37
Tragis, Raja-Raja Ini Berkuasa Tidak Lebih Dari Seminggu!
Waktu yang sangat singat tidak menghalangi orang-orang ini menjadi seorang raja

Kita sering mendengar tentang seorang raja yang berkuasa selama bertahun-tahun lamanya. Seorang raja yang mampu berbuat banyak untuk pemeritahannya. Sang raja yang gahar di medan perang sekaligus cerdas di meja diplomasi.

Namun, apakah pernah terlintas di benakmu bahwa ada beberapa raja yang mempunyai masa kepemimpinan yang tragis. Seperti yang dilansir dari listverse.com, sangat berbeda dengan cerita raja-raja besar yang berkuasa hingga renta dan meninggal di tempat tidur berselimutkan lembaran sutra, mereka ini berkuasa tidak lebih dari seminggu. Penasaran siapa saja mereka? Inilah nama-nama raja tragis tersebut.

1 dari 4 halaman

King Thong Lan, Berkuasa Selama 7 Hari

Ilustrasi Kerajaan © Diadona

Thong Lan adalah remaja yang baru genap berusia 15 ketika diangkat menjadi raja Ayutthaya, sebuah kerajaan kuno di daratan Thailand. Terhitung selama satu minggu yang singkat, dia hidup menjadi orang paling disegani di negara ini.

Ceritanya, pada tahun 1388 ayah dari Thong Lan yang bernama Boromrachathirat I, menderita penyakit akut dan meninggal dalam perjalanan menuju medan pertempuran. Pasca kematian ayahnya, Thong Lan otomatis diangkat menjadi raja penerus.

Berita tentang kematian raja segera menyebar ke penjuru negeri. Alhasil, Ramesuan seorang raja dari kerajaan lain menyerbu kerjaan yang diperintah oleh pemuda yang berusia 15 tahun tersebut. Minimnya pengalaman yang dimiliki oleh Thong Lan membuatnya kerajaan kalang kabut menghadapi serangan. Kerajaan jatuh genap setelah 7 hari meninggalnya Boromrachathirat I dan Thong Lan mati ditangan Ramesuan.

2 dari 4 halaman

King John I, Berkuasa Selama 5 Hari

King John I adalah satu-satunya raja Prancis yang menghabiskan seluruh hidupnya untuk memerintah kerajaan, meskipun hanya selama 5 hari. Ceritanya begini, John I adalah putra semata wayang dari raja Louis X seorang raja Prancis pada saat itu. Tetapi, pada 5 Juni 1316 Louis X meninggal dunia dan John I masih berada di dalam kandungan.

Untuk menghindari silsilah suksesor yang rumit, keluarga kerajaan memutuskan untuk menunggu John I lahir dan Menjadikannya sebagai raja yang baru. Pada 15 November 1316 John I lahir dan di hari itu juga dia menjadi raja.

Namun, pad waktu itu Prancis sedang dilanda wabah kematian yang menyerang bayi. John I hanya bertahan hidup selama 5 hari dan selama itulah dia menjadi raja Prancis.

3 dari 4 halaman

Dipendra, Berkuasa Selama 3 Hari

Ilustrasi Kerajaan © Diadona

Salah satu rezim pemerintahan terpendek dalam sejarah manusia terjadi sekitar 19 tahun yang lalu. Adalah Dipendra, seorang putra mahkota yang membantai seluruh anggota keluarganya sekaligus seorang raja singkat dari Nepal.

Pembantaian itu terjadi pada 1 Juni 2001. Dipendra berjalan sempoyongan pulang dari sebuah pesta dalam kondisi mabuk berat. Dalam kondisi tersebut dia adu mulut dengan ayahnya yang notabene adalah raja pada saat itu. Setelah bercekcok cukup lama, dia pergi meninggalkan ayahnya.

4 dari 4 halaman

Namun, dia kembali mendatangi ayahnya. Kali ini ia datang dengan membawa senjata api. Dia memberondong peluru ke ayah, ibu, saudaranya, dan juga beberapa anggota kerajaan yang lain. Lalu, menembakkan peluru ke kepalanya sendiri.

Semuanya langsung mati saat malam itu juga kecuali Dipendra. Dia koma selama 3 hari. Dan selama itu jugalah dia menjadi raja kemudian meninggal dunia.

Well, itulah beberapa raja yang berkuasa dalam waktu yng sangat singkat. Bagaimana? Tulis pendapatmu di kolom komentar, ya.

Beri Komentar