Cara Membuat Rengginang Singkong, Ketan Terasi dan Hitam hingga Rasa Keju Kekinian

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 11 Mei 2020 20:17
Cara Membuat Rengginang Singkong, Ketan Terasi dan Hitam hingga Rasa Keju Kekinian
Cara membuat rengginang yang mudah dapat Moms olah dengan bahan singkong sederhana. Adapula rengginang dengan bahan ketan dengan rasa terasi dan keju kekinian. Simak resep selengkapnya berikut ini!

Cara membuat rengginang sangatlah mudah Moms. Yap, olahan makanan yang berbahan dasar beras ketan ini sangat cocok diolah menjadi camilan renyah dan gurih keluarga. Cukup dengan memasak hingga matang menggunakan kukusan bahan beras ketan dengan dicampur bumbu. Moms tinggal mencetaknya bulat sesuai selera dengan tidak terlalu padat, lalu tinggal dijemur hingga kering dan siap digoreng.

Rengginang sendiri merupakan jenis olahan kerupuk tebal berbahan ketan. Berbeda dengan cara membat kerupuk pada umumnya, rengginang diolah tidak melalui proses dihaluskan karena rengginang dibuat dengan tekstur uruh bahan ketan. Bumbu yang digunakan dalam rengginang diantaranya adalah penyedap, terasi, garam, dan gula merah. Bahkan ada juga rengginang kekinian yang dibuat dengan rasa keju yang khas.

Nah, daripada penasaran mending Moms membuat sendiri di rumah dengan melihat resep cara membuat rengginang singkong, ketan terasi dan hitam hingga rasa keju kekinian yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

1 dari 4 halaman

1. Cara Membuat Rengginang Singkong

Cara Membuat RengginangCara Membuat Rengginang © Liputan6.com

Umunya mungkin Moms lebih sering melihat dan familiar dengan rengginang beras ketan yang gurih. Namun, nggak hanya beras ketan saja nih Moms, rengginang juga bisa loh dibuat dengan bahan singkong sederhana. Berikut resep selengkapnya cara membuat rengginang singkong yang enak, gurih, dan renyah.

Bahan:
- 2 kg singkong
- 3 siung bawang putih yang telah dihaluskan
- Garam secukupnya
- Penyedap rasa secukupnya

Cara membuat rengginang singkong:

a. Cara membuat rengginng singkong yang pertama adalah Moms harus mengupas kulit singkong dan cuci hingga bersih.

b. Parut dengan mengunakan alat pemarut kelapa atau mesin. Nah, sasil dari parutan ini Moms, akan dimasukkan ke dalam wadah untuk diambil avinya. Lakukan proses ini berulang kali hingga diperoleh air aci yang banyak.

c. Endapkan air aci selama 3 jam. Jika sudah mengendap, pisahkan endapan aci tersebut dan buang airnya. Saripati yang diperoleh dari mengendapkan tadi akan dicampur dengan parutan ubi/ singkong, lalu jemur selama 1 hari.

d. Campurkan dengan bahan bawang putih, garam, dan penyedap. Cetak menjadi rengginang, kemudian kukus. Jemur rengginang hingga kering di bawah sinar matahari langsung.

e. Goreng dengan minyak yang cukup banyak dan suhu yang tinggi agar rengginang bisa mengembang. Jika rengginang sudah matang, angkat dan tiriskan.

2 dari 4 halaman

2. Cara Membuat Rengginang Ketan Terasi

Cara Membuat RengginangCara Membuat Rengginang © Instagram.com/@jarohaguswinarni

Selanjutnya, Moms bisa mengolah rengginang dengan bahan terasi. Aroma terasi yang semerbak dan khas akan membuat olahan rengginang ini semakin nikmat. Tektur renyah, empuk, dan tentunya kres bisa Moms nikmati, cocok sekali dijadikan hidangan camilan keluarga di rumah. Yuk, simak saja langsung resep cara membuat rengginang ketan terasi berikut ini.

Bahan:
- 2 kg beras ketan yang telah direndam selama 1 malam

Bahan bumbu terasi:
- 1 sdm terasi yang sudah dikukus
- Garam secukupnya
- Air panas secukupnya

Cara membuat rengginang ketan terasi:

a. Cara membuat rengginang ketan terasi yang pertama adalah dengan meniriskan bahan ketan yang telah drendam sebelumn ya. Kukus hingga matang lalu letakkan dalam wadah besar.

b. Tuangkan bumbu terasi ke dalam wadah ketan lalu aduk hingga benar-benar rata. Untuk bahan airnya bisa menggunakan sekitar 1/2 gayung atau dikira-kira. Tuang sedikit demi sedikit dengan didiamkan semala 15 menit hingga mengental.

c. Ambil sedikit bahan lalu cetak bulat sesuai selera dengan ukuran sama. Gunakan alas daun yang diolesi minyak agar tidak lengket. Tata di atas wadah dan jemur hinga benar-benar kering. Rengginang yang kering akan siap digoreng.

3 dari 4 halaman

3. Cara Membuat Rengginang Ketan Hitam

Selain dengan bahan beras ketan putih, Moms juga bisa loh membuat olahan rengginang menggunakan bahan ketan hitam. Rasanya juga nggak kalah gurih kok Moms dengan rengginang ketan putih. Berikut resep cara membuat rengginang ketan hitam selengkapnya.

Bahan:
- 1 liter beras ketan hitam
- Secukupnya garam
- Penyedap rasa
- 1/2 sdt kapur sirih

Cara membuat rengginang ketan hitam:

a. Cuci bersih beras ketan dan rendam bersama air kapur sirih selama semalam. Masak beras ketan hingga setengah matang dengan cara diliwet dengan air tidak terlalu banyak ya Moms.

b. Beri sedikit gula serta cek rasa sesuai selera. Sertelah airnya berkurang bi8sa diangkat dan siap untuk dikukus hingga matang.

c. Cetak ketan yang telah matang bentuk bulat menggunakan tangan ketika masih panas. Usahakan ketika Moms mencetaknya tidak terlalu padat agar mekar saat digoreng.

d. Jemur rengginang hiongga benar-benar kering dan siap untuk digoreng.

4 dari 4 halaman

4. Cara Membuat Rengginang Rasa Keju

Cara Membuat RengginangCara Membuat Rengginang © Instagram.com/@P_pha_project

Nggak hanya dibuat dengan bahan terasi sebagai perasanya, Moms juga bisa membuat olahan rengginang kekinian dengan memanfaatkan bahan keju sebagai perasa. Aroma dan rasa khas kejunya bikin semakin enak olahan rengginang yang satu ini Moms. Yuk nggak perlu bingung lagi, simak resep cara membuat rengginang rasa keju berikut ini.

Bahan:
- 1/2 kg beras ketan
- 4 buah bawang putih
- 1 sdm garam
- 1 sdm ketumbar
- 1 sdm bumbu keju
- Secukupnya penyedap rasa
- Air hangat

Cara membuat rengginang rasa keju:

a. Rendam beras ketan menggunakana air panas hingga semua bahan terendam selama satu malam. Cuci bersih dengan air mengalir kemudian kukus selama 25 menit.

b. Haluskan bahan bawang, penyedap rasa dan ketumbar. Campur bahan bumbu ke dalam ketan yang setengah matang dan aduk hingga rata. Beri juga bahan bumbu keju dan aduk lagi.

c. Kukus selama 10 menit, cetak dan jemur hingga kering. Setelah kering rengginang siap untuk digoreng.

Moms, itulah resep mudah cara membuat rengginang singkong, ketan terasi dan hitam hingga rasa keju kekinian yang cocok untuk kerupuk. Yuk Moms coba langsung di rumah!

Beri Komentar