5 Resep Mashed Potato dan Cara Membuatnya yang Gampang Banget!

Reporter : Yayuk Harini
Jumat, 3 April 2020 22:51
5 Resep Mashed Potato dan Cara Membuatnya yang Gampang Banget!
Nggak perlu mahal jika ingin makan olahan enak dan bergizi, dengan bahan dasar kentang sederhana kamu bisa membuat sendiri mashed potato di rumah. Hemat dan anti ribet, yuk coba resepnya!

Mashed potato atau kentang tumbuk merupakan sajian makanan yang diolah dengan cara menumbuk halus bahan kentang yang sebelumnya telah direbus. Seperti namanya, resep mashed potato terdiri dari kentang dan juga bahan tambahan lain untuk meningkatkan rasa dan juga teksturnya.

Rasanya gurih dan creamy banget. Mas

Mashed potato yang kaya akan kandungan karbohidrat ini sangat cocok disajikan dengan beefsteak. Kamu juga perlu tahu bahwa tidak semua bahan kentang dapat dijadikan sebagai mashed potato, loh. Kentang yang digunakan dalam cara membuat mashed potato ini adalah jenis kentang dengan kadar sari pati tinggi, tidak lembek dan berair saat dihaluskan.

Selain memiliki rasa gurih dan teksturnya yang lembut, mashed potato merupakan salah satu makanan yang cocok dikonsumsi untuk kamu yang sedang program diet. Yap, nggak perlu khawatir untuk memilih menu makan enak pada fase diet ketatmu, kamu bisa banget mempraktikkan resep cara membuat mashed potato ini dengan simple di rumah.

Tak hanya itu, mashed potato juga bisa dijadikan menu makanan untuk sang bayi. Yap, karena teksturnya yang lembut dan mudah dicerna serta dilumat dalam mulut, pas banget untuk kamu olah saat lagi bingung memilih 'menu makanan apa yang cocok' untuk sang buah hati. Nah, nggak perlu ribet dan bingung, yuk langsung saja simak resep mudah cara membuat mashed potato yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

 

1 dari 5 halaman

1. Cara Membuat Mashed Potato KFC

Ilustrasi Mashed Potato © Diadona

Kamu pasti sudah nggak asing lagi saat berkunjung ke rumah makan cepat saji KFC, yap sajian lezat mashed potatonya memang bikin nagih. Tapi, kamu juga bisa loh membuat mushed potato sendiri di rumah. Nggak perlu ribet, yuk langsung saja deh simak resep simple cara membuat mushed potato KFC berikut ini, boleh dicoba nih!

Bahan:
- 450 gram kentang
- 200 ml susu cair
- 1 sdm butter
- 1/2 sdt kaldu bubuk
- 1/2 sdt lada bubuk
- Garam secukupnya

Bahan gravy:
- 1/2 sdm butter
- 1 sdm terigu
- 1/2 sdt lada hitam bubuk
- 1/2 sdm kecap asin
- 1/2 sdt gula
- 1 cup air

Cara membuat mashed potato KFC:

a. Kupas kentang lalu potong, cuci, dan rebus hingga empuk dan tiriskan. Hancurkan kentang dengan penapis tepung yang dari besi agar hasilnya lebih halus kalau.

b. Panaskan susu di atas teflon dengan api kecil, masukkan butter, kaldu bubuk, garam, dan lada bubuk kemudian aduk rata. Masukkan kentang dan aduk rata, masak hinga kentang pekat sambil diaduk.

c. Buat gravi denga cara panaskan butter, masukkan terigu, aduk rata hingga terigu menjadi kecoklatan. Masukkan air, beri gula, kecap asin, dan lada hitam.

d. Masak hingga mengental dan tes rasa sesuai selera. Jika ingin warna lebih coklat, tambahkan sedikit kecap manis. Sajikan dengan steak ayam roti dan mashed potato.

2 dari 5 halaman

2. Cara Membuat Mashed Potato sederhana

Ilustrasi Mashed Potato Sederhana © Diadona

Cukup dengan bahan dasar kentang yang kamu tumbuk halus, serta tak lupa bahan tambahannya seperti susu cair, margarin, garam, dan lada bubuk kamu sudah bisa menikmati sajian enak mashed potato di rumah. Yuk, coba resep cara membuat mashed potato sederhana berikut ini!

Bahan:
- 250 gram kentang
- 100 ml susu cair
- 1 sdm butter/margarine
- 1/2 sdt garam
- 1/4 sdt lada bubuk
- Daun parsley kering

Cara membuat mashed potato sederhana:

a. Kupas kentang, cuci bersih, lalu kukus hingga empuk. Angkat dan haluskan dengan penghancur kentang atau cukup gunakan garpu hingga benar-benar halus.

b. Panaskan butter dalam wajan anti lengket, tuang susu cair, beri garam dan lada. Jika sudah tercampur rata masukkan kentang halus.

c. Aduk-aduk hingga susu habis dan tercampur rata dengan kentang. Taburi daun parsley kering lalu sajikan saat hangat.

3 dari 5 halaman

3. Cara Membuat Mashed Potato untuk Bayi

Ilustrasi Mashed Potato untuk Bayi © Diadona

Memang sedikit susah ya untuk memilih makanan yang cocok untuk sang bayi. Tapi, kamu nggak perlu khawatir bayi kamu rewel lagi ya. Praktikkan saja resep cara membuat mushed potato untuk bayi ini. Selain cara membuat mashed potato yang mudah, kandungan karbohidratnya baik untuk tumbuh kembang sang kecil. Boleh dicoba nih!

Bahan:
- 1 buah kentang ukuran sedang
- 1 buah bawang putih
- Sejumput seledri
- 1 sdt margarin
- 1 sendok susu formula bayi
- 60 ml air matang

Cara membuat mashed potato:

a. Kukus kentang hingga empuk, hancurkan kentang menggunakan garpu.

b. Masukkan margarin kedalam wajan. Tumis bawang putih, masukkan kentang yang telah dihancurkan.

c. Aduk dengan bawang putih, masukkan seledri lalu aduk sambil masukkan susu perlahan lahan hingga mengental. Mashed potato siap dihidangkan, tunggu dingin dulu.

4 dari 5 halaman

4. Cara Membuat Mashed Potato untuk Diet

Ilustrasi Mashed Potato untuk Diet © Diadona

Bingung untuk memilih menu makanan yang cocok untuk mengimbangi gizi saat masa diet ketat? Nggak perlu galau gitu, kamu bisa kok membuat sajian makanan diet mushed potato ini di rumah. Kandungan karbohidratnya yang tinggi bisa benget untuk mengganjal rasa laparmu, dan tentunya nggak bikin perut kendor. Eits, tapi jagan lupa tetap olahraga, ya. Hehe... Yuk simak langsung resep cara membuat mashed potato untuk diet berikut ini.

Bahan:
- 3 buah kentang
- 2 siung bawang merah, iris tipis
- 100 ml susu UHT plain low fat
- Sedikit garam
- Sedikit lada bubuk
- Sedikit daun peterseli yang masih segar
- 1 sdm minyak sayur

Cara membuat mashed potato untuk diet:

a. Rebus atau kukus kentang hingga empuk. Tes dengan garpu, setelah empuk, angkat dan kupas kulit kentang. Hancurkan kentang hingga lumat menggunakan sendok atau garpu.

b. Siapkan wajan, beri minyak sayur 1 sdm. Setelah minyak panas, tumis bawang merah hingga harum dengan api kecil. Masukkan kentang yang telah dilumatkan, aduk hingga rata dengan bumbu.

c. Masukkan susu plain sedikit sambil diaduk. Masukkan lada bubuk, garam secukupnya, dan cincangan daun parsley, aduk hingga rata, mashed potato siap disajikan.

5 dari 5 halaman

5. Cara Membuat Mashed Potato Cheese

Ilustrasi Mashed Potato Cheese © Diadona

Jika kamu pencinta olahan makanan dengan keju, kamu juga bisa loh menambahkkannya dalam hidangan lezat mashed potato ini. Cara membuat mushed potato cheese ini sangatlah mudah kok. Simak saja langsung resep berikut ini. Selamat mencoba!

Bahan:
- 3 kentang ukuran sedang
- 100 ml susu cair tanpa rasa, plain
- 1/3 keju cheddar
- 1 sdm unsalted butter
- 1/2 sdm margarin
- Secukupnya lada bubuk
- Secukupnya garam
- Secukupnya parsley

Cara membuat mashed potato cheese:

a. Kupas kentang, potong dadu lalu kukus hingga empuk. Setelah empuk, tumbuk atau hancurkan kentang hingga halus.

b. Panaskan margarin, lalu masukkan kentang dan aduk-aduk. Tuang susu sambil terus diaduk. Campurkan butter, beri parutan keju. Masak hingga semua bahan menyatu.

c. Tambahkan merica dan parsley cincang atau bubuk parsley. Tes rasa, jika kurang gurih bisa tambahkan garam. Aduk rata lalu angkat. Sajikan mashed potato dengan sosis atau ayam panggang dan saos sambal.

Itulah beberapa resep mudah cara membuat mashed potato cheese ala KFC, untuk bayi dan diet sederhana yang bisa banget kamu buat sendiri di rumah. Nggak perlu ribet, dengan bahan dasar kentang sederhana kamu sudah bisa membuat makanan enak dengan kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Yuk, bergegas dan berkreasi dengan resep cara membuat mashed potato ini. Segera persiapkan bahan-bahannya, ya!

Baca juga yuk: 8 Cara Merebus Telur Ayam, Asin, Dan Putuh Setengah Matang Agar Tidak Pecah Dan Mudah Dikupas

Beri Komentar