3 Cara Memastikan Wadah Plastik Aman untuk Dipakai

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 2 Desember 2020 11:05
3 Cara Memastikan Wadah Plastik Aman untuk Dipakai
Jangan asal pakai saja Moms, yuk perhatikan hal berikut sebelum menggunakan wadah plastik di rumah.

Keberadaan plastik memang sangat menguntungkan bagi kehidupan. Yap, bahan plastik terkenal akan sifatnya yang ringan dan murah. Kendati demikian, plastik juga memiliki masa pemakaian yang betragam sesuai dengan jenisnya. Seperti halnya para ahli yang mengungkapkan bahwa plastik nomor 2, 4 dan 5 tetap aman digunakan untuk peralatan makan/minum. Bukan tanpa sebab, hal ini terjadi lantaran plastik dengan kode nomor tersebut lebih stabil dan aman jika digunakan dengan benar.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk Moms benar-benar melakukan periksa semua wadah plastik yang ada di dalam rumah. Periksa kembali dan pastikan wadah plastik yang Moms miliki terbuat dari bahan yang dikelompokkan aman digunakan. Melansir dari Luckyustar.co.id pada Rabu (2/12/2020), berikut beberapa hal yang Moms perlu lakukan untuk memastikan wadah plastik aman dipakai sehari-hari.

1 dari 3 halaman

Bersihkan Wadah Plastik dengan Benar

Tak hanya menggunakan sabun cuci piring, Moms juga bisa memebersihkan wadah plastik dengan bahan makanan, seperti baking soda, jeruk lemon, bahkan minyak kelapa untuk menjaga warna wadah plastik tetap aman dan tidak pudar. Jika wadah plastik Moms berbau, jemurlah wadah plastik di bawah sinar matahari selama beberapa jam. Moms juga bisa menghilangkan bau wadah plastik dengan cara meletakkannya di freezer kulkas selama beberapa jam. Letakkan koran basah di dalamnya untuk menyerap bau yang terdapat di wadah plastik. Setelah itu, cuci wadah plastik hingga bersih.

2 dari 3 halaman

Pakai Wadah Plastik Sesuai dengan Instruksi dan Fungsinya

Wadah Plastik © Diadona

Ada beberapa wadah plastik yang bisa diisi makanan/minuman panas, namun ada pula yang tidak. Ada juga wadah plastik yang hanya bisa digunakan sekali pakai, seperti halnya botol minuman kemasan. Perhatikan fungsi tersebut dengan seksama supaya tetap aman digunakan sehari-hari.

3 dari 3 halaman

Cuci Wadah Plastik dengan Sabun Pencuci Higienis dan Anti Bakteri

Cara untuk menghindari wadah plastik terpapar kuman dan bakteri, maka Moms harus mencucinya dengan menggunakan sabun pencuci anti bakteri. Pemakaian wadah plastik memang tidak bisa dihindarkan. Namun Moms bisa lebih berhati-hati dan bijaksana dalam menggunakannya. Semoga beberapa tips ini bermanfaat ya. Selamat mencoba.

Beri Komentar