6 Tips Masak Nasi Panci Listrik, Hasil Tetap Pulen, Anti Ribet dan Lebih Praktis

Reporter : Arifina
Rabu, 15 November 2023 20:00
6 Tips Masak Nasi Panci Listrik, Hasil Tetap Pulen, Anti Ribet dan Lebih Praktis
Anak kos wajib tau! Begini tips masak nasi yang praktis dan tidak ribet menggunakan panci listrik.

Tips masak nasi di panci listrik menjadi salah satu alternatif memasak yang lebih praktis. Alternatif memasak nasi yang satu ini cocok untuk digunakan anak kos yang merantau jauh dari keluarga.

Dengan penggunaan panci listrik, menanak nasi menjadi lebih praktis dan anti ribet. Panci listrik ini juga menjadi salah satu solusi saat rice cooker rusak atau saat gas elpiji kompor habis.

Penggunaan panci listrik ini sangat mudah, hanya mencolokkan kabel listrik pada panci ke colokan listrik yang sudah tersedia. Walau mudah, cara memasak nasi pada panci listrik ini tidak semudah saat menggunakan rice cooker atau magic com.

1 dari 9 halaman

Ilustrasi Nasi Putih © Diadona

Jika salah dalam proses menanak, bisa jadi hasilnya akan membuat nasi tidak sesuai keinginaan. Panci listrik lebih praktis digunakan karena lebih sederhana, serta dapat memberikan kontrol yang lebih besar dan berhasil terhadap hasil akhir agar nasi tidak cepat basi.

Nah, cara menanak nasi di panci listrik memang memiliki teknik khusus. Karena terkadang hasil nasi bisa menjadi terlalu matang atau lembek. Berikut beberapa tips untuk memasak nasi dengan panci listrik agar tidak gagal!

 

2 dari 9 halaman

Patikan Memilih Jenis Beras Berkualitas

Kualitas beras menjadi salah satu tips yang penting saat memasak nasi, termasuk dalam penggunaan panci listrik. Penggunaan beras ternyata dapat mempengaruhi keberhasilan memasak nasi ketika menggunakan panci listrik lho!

Setiap jenis beras memiliki karakter yang berbeda, misalnya takaran air yang biasa digunakan berbeda untuk setiap jenisnya. Selain itu, pastikan memeriksa tanggal produksi dan kadaluarsa pada kemasan beras agar dapat disimpan dengan baik, menghindari kelembaban dan serangga.

3 dari 9 halaman

Cuci Beras dengan Tepat

Sebelum nasi dimasak, cuci beras terlebih dahulu dengan air bersih dan mengalir. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan amilase berlebih yang dapat membuat nasi menjadi terlalu lengket.

Cuci beras dengan tangan di dalam mangkuk hingga air cucian menjadi lebih jernih. Cara ini bisa memakan waktu beberapa kali saat proses pencucian, biasanya membutuhkan waktu 3-4 kali pencucian hingga air beras terlihat bersih dan jernih.

4 dari 9 halaman

Perhatikan Perbandingan Air dan Beras

Ilustrasi Beras © Diadona

Setiap beras memiliki karakteristik yang memerlukan adanya perbandingan air yang berbeda. Sebagian besar memang diberikan petunjuk pada kemasan besar yang memberikan perbandingan antara beras dan nasi saat dimasak.

Namun, jika pada kemasan tidak ada, umumnya perbandingan beras dan air adalah 1 bagian beras ke 1,5 hingga 2 bagian air. Perbandingan tersebut hanyalah secara umum yang biasa digunakan, kamu juga bisa mengganti perbandingan air dan beras sesuai selera atau beras yang digunakan.

Perbandingan beras ini juga harus diperhatikan agar hasil nasi yang dimasak di panci listrik pas. Jika kebanyakan air, tekstur nasi akan lebih lembek seperti bubuk. Sebaliknya, jika beras kekurangan ari maka nasi akan terasa kering dan hasil tekstur nasi akan lebih cepat keras.

5 dari 9 halaman

Rendam Beras Terlebih Dahulu

Setelah beras dicuci hingga bersih, rendam terlebih dahulu sekitar 15-30 menit sebelum dimasak. Cara ini dapat membantu beras untuk menyerap air dengan lebih baik sehingga akan menghasilkan nasi yang pas.

Merendam beras juga dapat meningkatkan kualitas nasi yang membuat nasi lebih lembut. Selain itu juga akan menghasilkan tekstur nasi yang lebih enak dan kenyal. Rendaman beras juga dapat membuat nasi tidak terlalu lengket sehingga lebih mudah untuk dipisahkan setelah dimasak.

6 dari 9 halaman

Pastikan Panci Bersih dan Kering

Pastikan panci listrik yang akan dipakai dalam keadaan bersih dan kering agar tidak mempengaruhi kualitas hasil masakan. Panci yang bersih menjadi kunci utama untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme yang memungkinakn akan tumbuh didalam nasi.

Selain itu, cara ini akan mencegah bertumbuhnya jamur dan bakteri.
Jika panci tidak kering, sisa air dalam panci akan membentuk kerak mineral setelah proses memasak yang dapat merusak permukaan panci sehingga akan berpengaruh pada hasil masakan nasi.

Hal ini juga akan menyebabkan nasi lengket pada bagian panci listrik. Kelembaban pada permukaan panci listrik juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kebocoran listrik. Kondisi panci listrik yang kering akan membantu memastikan keamanan penggunaan peralatan listrik.

7 dari 9 halaman

Perhatikan saat Proses Menanak Nasi

Tips Masak Nasi di Panci Listrik © Diadona

Waktu memasak nasi menggunakan panci listrik sangat tergantung pada jenis beras yang digunakan. Untuk memasak nasi putih, biasanya memakan waktu sekitar 15-30 menit setelah air mendidih.

Penggunaan panci listrik umumnya hanya membutuhkan waktu yang cukup singkat untuk memasak nasi putih. Saat memasak nasi, utamakan untuk tidak terlalu sering membuka tutup panci.

Jika tutup panci sering dibuka, uap panas pada panci listrik akan keluar dan dapat mengurangi suhu di dalam panci. Hal ini akan menghambat proses memasak dan hasil nasi.

8 dari 9 halaman

Dengan meminimalkan membuka tutup panci, akan membantu menciptakan kondisi udara yang stabil dalam panci agar konsistensi nasi menjadi lebih baik. Sehingga nasi yang dihasilkan juga lebih baik dan pulen.

Kamu juga bisa menambahkan berbagai variasi untuk tampilan nasi yang lebih menarik saat memasaknya di panci listrik lho! Seperti sayur-sayuran berwarna-warni agar lebih menyehatkan.

Itulah sederet tips masak nasi di panci listrik. Dengan beberapa tips memasak nasi tersebut kamu bisa memasak nasi dengan cepat, anti ribet dan praktis dengan hasil nasi yang lezat dan lembut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar