5 Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing, Nggak Perlu Bingung ya!

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 29 Desember 2022 11:00
5 Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing, Nggak Perlu Bingung ya!
Cara membedakan daging sapi dan kambing ini mudah banget kok Diazens

Daging sapi dan kambing adalah dua sumber protein hewani yang banyak dikonsumsi. Dua jenis daging ini banyak dikreasikan dalam bentuk sajian makanan yang lezat. Tapi keduanya ini punya perbedaan loh baik itu secara rasa, aroma, dan juga teksturnya.

Lantas, bagaimana cara membedakan daging sapi dan kambing ini?

Nggak perlu khawatir, cara membedakan daging sapi dan kambing ini mudah banget kok Diazens. Kamu bisa dengan cepat mengenali beberapa karakteristik yang membedakan mana daging sapi dan mana daging kambing. Kamu bisa melihatnya dari aroma, warna, teksturnya, dan tentunya juga rasanya.

Lebih lanjut, Diadona.id telah merangkum cara membedakan daging sapi dan kambing yang bisa kamu jadikan acuan sederhana. Jadi, nantinya kamu nggak perlu bingung lagi kalau misal harus membedakan daging sapi dan kambing dalam berbagai urusan. Yuk simak uraiannya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

1. Perbedaan Aroma

Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing © Diadona

Cara membedakan daging sapi dan kambing yang pertama adalah bisa kamu ketahui dari aroma daging. Mungkin adalah cara membedakan yang paling mudah karena ini bisa dikenali baik dalam keadaan mentah atau pun sudah matang.

Untuk aroma daging kambing memiliki bau yang cukup mencolok atau bahkan cenderung prengus. Bahkan, ketika sudah matang, aroma amis dari daging kambing masih bisa tercium. Berbeda dengan daging sapi yang tidak memiliki bau amis atau pun prengus.

2 dari 4 halaman

2. Warna Daging

Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing © Diadona

Cara membedakan daging sapi dan kambing yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan warna daging. Baik daging sapi atau pun kambing memiliki warna merah, tetapi daging kambing lebih merah cerah dan akan berubah pucat keunguan ketika terpapar udara.

Kemudian, untuk warna daging sapi cenderung memiliki warna merah pucat dan akan berubah menjadi warna coklat gelap ketika terpapar udara cukup lama. Nah, warna daging ini bisa kamu jadikan faktor pembeda dari kedua jenis daging tersebut.

3 dari 4 halaman

3. Tekstur dan Serat Daging

Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing © Diadona

Memperhatikan tekstur daging juga bisa menjadi salah satu cara membedakan daging sapi dan kambing. Daging sapi sendiri memiliki tekstur yang lembut dan halus. Di sisi lain, daging kambing memiliki tekstur yang lebih kasar.

Kemudian, serat daging juga bisa menjadi pembeda. Daging sapi memiliki serat yang lebih kecil dan tak terlihat, tetapi jumlahnya cukup banyak. Sedangkan daging kambing, seratnya cenderung lebih tebal dan rapat.

4 dari 4 halaman

4. Perbedaan Rasa

Cara Membedakan Daging Sapi dan Kambing © Diadona

Ketika sudah matang, rasa dari dua daging ini juga berbeda loh. Ini juga bisa menjadi cara membedakan daging sapi dan kambing. Pada dasarnya, daging kambing memiliki rasa yang lebih kuat ddari pada daging sapi. Pun daging kambing juga masih memiliki bau yang khas saat dimasak.

5. Lemak

Oh iya, lemak pada daging juga bisa dijadikan cara membedakan daging sapi dan kambing. Untuk daging sapi, memiliki garis putih lemak yang panjang, sedangkan daging kambing tidak memilikinya. Kemudian, daging kambing memiliki gumpalan lemak yang berkumpul di bagian tertentu.

Jadi itulah beberapa cara membedakan daging sapi dan kambing yang bisa kamu jadikan acuan atau referensi. Oh iya Diazens, kalau kamu lebih suka mana? Daging sapi atau daging kambing nih?

Beri Komentar