7 Cara Goreng Kacang agar Tidak Gosong, Anti Pahit, Renyah dan Gurih Banget!

Reporter : Arifina
Selasa, 17 Oktober 2023 16:07
7 Cara Goreng Kacang agar Tidak Gosong, Anti Pahit, Renyah dan Gurih Banget!
Sering menggoreng kacang tapi hasilnya selalu gosong? Begini cara mengatasinya!

Cara goreng kacang agar tidak gosong mungkin bisa menjadi solusi yang tepat untukmu yang ingin menggoreng kacang tanah. Kacang goreng biasanya banyak dimanfaatkan untuk bahan makanan seperti pembuatan bumbu sate hingga pecel.

Berbahan utama kacang tanah, bahan ini akan membuat hidangan kuliner berstektur dan gurih saat diolah menjadi masakan. Berbagai hidangan kuliner yang menggunakan bahan kacang tanah di dalamnya, antara lain pecel, gado-gado, ketoprak, teri kacang balado, rempeyek, hingga kue kacang tanah.

Selain rasanya yang gurih dan renyah, banyak manfaat kacang tanah yang baik lho untuk tubuh. Dilansir dari hellosehat.com, kacang tanah memiliki kandungan energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin B1, B2, dan B3.

1 dari 9 halaman

kacang-kacangan © Diadona

Sebelum diolah menjadi hidangan yang lezat, biasanya kacang tanah digoreng terlebih dahulu hingga matang. Cara menggoreng kacang tanah ternyata gampang-gampang susah.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasilnya matang merata dan tidak gosong. Simak yuk, tips goreng kacang agar berikut!

2 dari 9 halaman

Perhatikan Pemilihan Kacang

Sebelum menggoreng kacang, sebaiknya pilihlah kacang dengan kualitas yang baik. Ciri-cirinya, bisa dilihat dari warnanya yang cerah, kulitnya masih utuh, dan baunya tidak apek.

Kemudian cuci terlebih dahulu kacang yang akan digoreng hingga bersih kemudian jemur dibawah terik matahari. Dengan menggunakan kacang dengan kualitas baik, kamu bisa menghasilkan kacang goreng yang rasanya lebih enak, gurih, dan renyah.

Kacang dengan kualitas baik juga lebih sehat untuk dikonsumsi karena lebih segar dan tidak mengandung kerusakan atau mikroba yang berkemungkinan bisa menyebabkan masalah kesehatan.

3 dari 9 halaman

Perhatikan Minyak yang Digunakan

Menggoreng kacang membutuhkan minyak dalam jumlah yang banyak. Hal ini dikarenakan agar kacang bisa matang secara merata.

Perhatikan jumlah minyak yang digunakan dan sesuaikan dengan banyaknya kacang yang hendak digoreng. Semakin banyak jumlah kacang yang digoreng, maka semakin banyak pula jumlah kacang yang dibutuhkan.

Kondisi minyak juga harus benar-benar panas saat proses penggorengan berlangsung. Hal itu untuk membantu meratakan suhu dengan cepat pada seluruh permukaan kacang sehingga dapat mencegah kacang menjadi gosong di satu sisi dan mentah di sisi lain.

4 dari 9 halaman

Durasi Waktu Menggoreng

Ilustrasi Kacang Tanah © Diadona

Menggoreng kacang tidak boleh terlalu lama, hal tersebut dikarenakan proses pematangan masih terus berlangsung meskipun sudah diangkat dari minyak. Kacang yang terlalu lama digoreng bisa kehilangan kerenyahannya dan dapat menyerap minyak lebih banyak daripada yang seharusnya.

Selain itu, kacang yang digoreng terlalu lama juga bisa menjadi gosong dan kering. Sehingga menyebabkan rasa kacang menjadi pahit dan tidak enak. Selalu pantau kondisi kacang saat proses menggorengnya ya!

5 dari 9 halaman

Gunakan Api Sedang hingga Kecil

Menggoreng kacang sebaiknya menggunakan api yang sedang cenderung kecil. Hindari penggunaan api yang terlalu panas karena bisa menyebabkan kacang menjadi gosong dan terbakar.

Dengan menggunakan api kecil, suhu minyak bisa menjadi lebih stabil dan dapat dikendalikan sehingga kacang tidak menjadi cepat gosong dan berminyak. Penggunaan api kecil juga bisa menghasilkan kacang goreng yang renyah dan matangnya lebih merata.

6 dari 9 halaman

Aduk-aduk saat Menggoreng

Teruslah mengaduk-aduk kacang saat proses penggorengan. Mengaduk kacang bisa membantu panas di sekitar kacang menjadi lebih merata dan dapat memisahkan kacang yang menempel satu sama lain selama proses penggorengan.

Pengadukan kacang juga dapat membantu kacang menjadi lebih renyah dan tidak meletus saat digoreng. Sehingga kamu bisa menghasilkan kacang yang matang sempurna dan tidak gosong sebagian.

7 dari 9 halaman

Angkat sebelum Kacang Berwarna Kecoklatan

Cara Goreng Kacang agar Tidak Gosong © Diadona

Waktu mengangkat kacang ternyata juga perlu diperhatikan. Segeralah angkat kacang sebelum berwarna coklat. Hal tersebut dikarenakan kacang masih akan tetap melakukan proses pematangan dengan sisa panas dari minyak setelah diangkat.

Apabila kacang diangkat saat warnanya sudah berubah kecoklatan, hasilnya kacang menjadi berwarna hitam karena proses pematangan yang masih berlanjut.

8 dari 9 halaman

Dinginkan sebelum Disimpan

Setelah kacang digoreng, tiriskan terlebih dahulu di atas tampah yang dialasi tisu dapur atau kertas penyerap minyak. Tujuan penirisan kacang ini adalah agar sisa minyak yang ada dalam kacang bisa terserap dan tidak menyebabkan kacang terlalu berminyak.

Sesudah ditiriskan, dinginkan terlebih dahulu kacang di suhu ruangan hingga uap panasnya hilang. Pendinginan ini bertujuan agar kacang lebih awet dan tidak melempem saat disimpan. Sebaiknya gunakanlah wadah yang tertutup dan kedap udara untuk menyimpan kacang.

Itulah tadi beberapa cara goreng kacang agar tidak gosong yang bisa kamu praktekkan di rumah. Dengan adanya cara di atas kamu pasti bisa menggoreng kacang tanah dengan mudah tanpa takut kacang gosong lagi! Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

 

Penulis: Hasna Hafidhah Adellia P.

Beri Komentar