6 Tips Menggoreng Singkong yang Renyah dan Merekah, Mudah Banget Lho!

Reporter : Arifina
Rabu, 4 Oktober 2023 16:07
6 Tips Menggoreng Singkong yang Renyah dan Merekah, Mudah Banget Lho!
Begini cara menggoreng singkong yang renyah, merekah, dan sangat enak!

Tips menggoreng singkong yang renyah dan merekah bisa dibuat dengan sangat mudah lho! Singkong goreng cocok dijadikan camilan di sore hari bersama keluarga.

Menu oalahan singkong satu ini adalah camilan populer yang digoreng renyah dan disajikan dengan berbagai bumbu atau saus. Singkong merupakan bahan makanan utama dan sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia karena kandungan karbohidratnya yang tinggi.

Menurut alodokter.com, singkong mengandung vitamin seperti vitamin C dan vitamin A yang dapat melindungi dari penyakit jantung dan menyembuhkan kerutan kulit.

1 dari 9 halaman

Ilustrasi Singkong Keju © Diadona

Berbagai variasi singkong goreng bisa ditemui di mana saja dengan cita rasa yang semakin menggugah selera. Seperti singkong goreng original, pedas, keju, manis, hingga pedas manis.

Macam-macam variasi rasa singkong tersebut didapatkan dari pemberian bumbu yang berbeda-beda. Biasanya dengan diberi bumbu taburan dan parutan keju diatasnya.

Berikut adalah tips menggoreng singkong agar merekah dan tetap renyah!

2 dari 9 halaman

Potong dan Cuci Bersih Singkong

Ketahuilah cara memilih singkong yang tepat untuk dikonsumsi. Pilihlah singkong yang kulit luarnya mudah dikupas, artinya singkong berkualitas baik dan lebih mudah dikupas.

Pastikan kamu benar-benar bersih saat mencucinya setelahnya ya!. Kupas kulitnya mulai bagian atas sampai ke bagian akar singkong
Setelah singkong dikupas, potong singkong singkong sesuai selera atau sekitar 3 jari besar orang dewasa dan dicuci bersih hingga sarinya menguap.

Karena singkong mengandung racun sianida, jadi cucilah hingga bersih dengan air mengalir. Hal ini untuk menghindari kontaminasi racun pada singkong jenis lain.

3 dari 9 halaman

Rendam di Air Dingin

Tips Merebus Singkong agar Empuk © Diadona

Setelah singkong dipotong dan dicuci bersih, sebelum digoreng alangkah baiknya direndam terlebih dahulu. Rendam singkong di air dingin selama 30 menit hingga 1 jam.

Rendaman ini dapat membantu singkong menghilangkan pati atau serat berlebih dari singkong, sehingga saat akan lebih renyah saat digoreng. Selain itu, cara ini dapat membantu menghilangkan sebagian sianida yang terkandung dalam singkong dan bisa juga membuat singkong lebih merekah saat digoreng.

4 dari 9 halaman

Pastikan Minyak Goreng Panas

Sebelum memasukkan singkong pada penggorengan, pastikan minyak goreng dalam wajan sudah sangat panas. Karena jika minyak tidak benar-benar panas, singkong akan menyerap banyak minyak saat dimasukkan ke dalam minyak yang masih dingin.

Kemudian saat menggoreng singkong, gunakan di api sedang akan matang sampai dalam dan benar-benar merata. Sebab, jika menggunakan api yang langsung besar, singkong akan matang luarnya saja. Bagian dalam singkong kemungkinan akan tidak matang karena minyak kurang meresap sampai bagian dalam singkong dengan api besar.

5 dari 9 halaman

Jarang Sering Dibalik saat Menggoreng

Tips Menggoreng Singkong yang Renyah © Diadona

Saat singkong sudah digoreng dalam wajan, jangan sering dibolak-balik. Cukup membaliknya sekali saja saat proses penggorengan berlangsung.

Sehingga, biarkan singkong berada di satu sisi dan tunggu hingga matang dan baik sebelum membaliknya ke sisi sebelahnya. Cara ini sangat penting untuk menghasilkan tekstur singkong yang renyah dan matang merata.

Semakin sering membalik singkong di penggorengan, maka kamu tidak akan mendapatkan hasil yang merekah, malah akan cepat hancur dan ambyar. Goreng singkong sambil awasi dengan cermat hingga singkong mencapai warna dan kematangan sesuai selera.

6 dari 9 halaman

Goreng Singkong Dua Tahap

Untuk menghasilkan tekstur renyah dan merekah pada singkong, lakukan proses penggorangan dua tahap. Tahap pertama gorenglah singkong di minyak panas dengan suhu sekitar 150-160 derajat celcius sampai singkong matang, tetapi belum berubah warna kecoklatan.

Angkat singkong dan tiriskan. Kemudian panaskan minyak dengan suhu sekitar 180 derajat Celcius dan goreng kembali singkong hingga berwarna coklat dan renyah. Langkah kedua ini membantu memberikan tekstur renyah yang pas pada singkong.

Dengan dua tahap penggorengan yang berbeda ini dapat mempertahankan kekenyalan dan kerenyahan pada tekstur singkong. Di tahap awal saja, tekstur singkong hanya akan matang tetapi teksturnya lebih rapuh atau ambyar.

Jadi meskipun membutuhkan lebih banyak waktu pada menggoreng ini, hasil singkong goreng akan sempurna, tekstur luar yang renyah dan daging singkong yang lembut di dalam.

7 dari 9 halaman

Tiriskan Singkong dengan Baik

Setelah singkong digoreng, tiriskan singkong dengan baik untuk menghindari menyerap minyak berlebih. Kamu bisa meniriskan singkong dengan cukup lama agar benar-benar menghilangkan minyak yang berlebih, sehingga akan lebih nikmat saat nanti akan dimakan.

Dengan cara ini kamu akan mempertahankan kerenyahan pada permukaan singkong. Kertas lemak berminyak atau kertas bungkus bisa digunakan untuk meniriskan minyak berlebih dari singkong.

Agar rasa singkong lebih menarik dan bervariasi, kamu bisa menambahkan bumbu bubuk untuk taburan singkong di atasnya, seperti bumbu pedas, balado, keju atau hanya diberi garam saja juga sangat gurih dan lezat.

8 dari 9 halaman

Tips Menggoreng Singkong yang Renyah © Diadona

Rasa renyah dan gurih dari singkong menjadikan cemilan ini sering disajikan untuk pendamping minuman. Menu ini bisa dinikmati bersama teman dan keluarga.

Selamat mencoba tips menggoreng singkong yang renyah di rumah ya!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar