6 Tips Membuat Bumbu Sate, Super Lezat, Gurih dan Gampang Banget Dibuat!

Reporter : Arifina
Selasa, 10 Oktober 2023 13:11
6 Tips Membuat Bumbu Sate, Super Lezat, Gurih dan Gampang Banget Dibuat!
Begini tips membuat bumbu sate super lezat, cocok untuk oalahn sate, ayam, kambing, maupun sapi.

Tips membuat bumbu sate seperti seperti yang sering ditemui di pinggir jalan ternyata tidak susah lho!. Olahan bumbu sate ini menggunakan bahan utama kacang tanah.

Mengonsumsi kacang dapat memberi manfaat untuk kesehatan tubuh. Menurut Journal of Food Science and Technology tahun 2016, menyatakan mengonsumsi kacang tanah dapat menurunkan resiko penyakit kanker dan dapat menjaga kesehatan jantung.

Namun, dalam olahan sate tentu saja bumbunya sudah diolah sedemikian rupa agar mendapati rasa yang lezat. Olahan bumbu sate di setiap penjual atau setiap orang pasti menggunakan bahan dan cara yang berbeda-beda.

1 dari 8 halaman

Tips Membuat Bumbu Sate © Diadona

Salah satu yang cukup terkenal untuk bumbu sate adalah kha sate Madura. Rasa bumbu kacang yang manis, gurih, sedikit pedas, dipdukan dengan daging sate yang empuk sungguh menggugah selera untuk menikmati hidangan sate yang dibuat sendiri di rumah.

Selain menggunkan kacang tanah, bumbu sate biasanya dilengkapi dengan kecap manis. Mengoinsumsi sate bisa dilakuakn dengan ansi hangat atupun lontong ditambah irisan bawang merah tipis.

Nah, berikut ini tips membuat bumbu sate yang bisa kamu lakukan di rumah!

2 dari 8 halaman

Pemilihan Jenis Kacang

Pemilihan jenis kacang untukl bumbu sate menjadi salah satu yang harus diperhatikan. Ya, umumnya dalam membuat bumbu kacang menggunakan kacang tanah.

Kacang tanah sudah melekat menjadi bahan utama dalam membuat bumbu sate. Namun, bisa juga menambahkan kacang mete agar bumbu kacang semakin enak dan gurih.

Apalagi dengan menambahkan selai kacang membuat rasa bumbu kacang semakin creamy. Tetapi jika dengan menambahkan selai kacang harus ada perbandingannya, yakni kacang tanah dan selai kacang 50:50.

Dijamin rasa bumbu sate satu ini enak dan pas.

3 dari 8 halaman

Pastikan Menggunakan Bahan-Bahan yang Segar

Tips Bikin Sate Daging Empuk © Diadona

Bahan untuk membuat bumbu sate ini tak hnya menggunakan kacang tanah. Kamu harus melengkapinya dengan bawang merah, bawang putih, kemiri, daun jeruk purut, dan kecap manis.

Pastikan kamu membeli bahan-bahan tersebut yang kualitas baik. Karena jika terdapat salah satu bahan saja yang tidak baik dan segar, maka akan mempengaruhi kualitas pada bumbu sate.

Salah satunya akan menyebabkan bumbu sate mudah bau. Jika kamu ingin menyimpannya tapi salah satu bahan tidak segar, maka bumbu yang kamu buat tidak akan tahan lama dan akan lebih muda bau.

Untuk pelengkapnya, kamu bisa menambahkan air, garam, kaldu bubuk, dan minyak goreng.

4 dari 8 halaman

Perbandingan Bumbu yang Pas

Dengan banyaknya bahan dalam membuat bumbu sate, maka kamu harus memperhatikan tkarn bumbunya. mencampurkan semua bahannya agar bumbu memiliki rasa yang pas. Biasanya dalam membuat bumbu sate yang gurih dan pas, takarannya sebagai berikut!

  • 200 gr kacang tanah
  • 4 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 buah kemiri
  • 2 lembar jeruk purut
  • 2 sdm kecap manis

Kamu bisa menggunakan perbandingan bumbu dan bahan diatasagar rasa bumbu sate yang dibuat pas dan lezat. 

5 dari 8 halaman

Goreng Kacang Tanah Beserta Kulitnya

Tips Membuat Bumbu Sate © Diadona

Pastikan untuk menggoreng kacang tanah yang mentah terlebih dahulu sampai benar-benar matang. Goreng kacang tanah beserta kulitnya didalam minyak goreng yang cukup panas.

Menggoreng kacang tanah beserta kulitnya saat dihaluskan akan menghasilkan tampilan yang tidak pucat. Selain itu, cara ini akan mengubah tekstur kacang tanah menjadi lebih renyah, gurih, dan lebih mudah diolah saat nanti akan dihaluskan untuk menjadi bumbu sate.

Jika kacang tanah tidak digoreng terlebih dahulu atau masih dalam keadaan mentah, kacang tanah akan melepas kelembaban kedalam bumbu sehingga bumbu sate menjadi sangat encer. Namun, jika kacang digoreng terlalu lama dan matang, rasa kacang akan berubah menjadi tidak enak dan teksturnya menjadi lebih kering.

6 dari 8 halaman

Haluskan Bumbu Selagi Panas

Setelah bumbu siap, maka kamu juga perlu memperhatikan proses penghalusannya. Dalam membuat bumbu sate, disarankan untuk menghaluskan bumbu dalam kondisi masih panas.

Gunakan blender untuk menghasilkan bumbu-bumbu yang lebih halus agar hasilnya nanti bumbu meresap ke daging dengan baik.

Bahan-bahan yang dihaluskan saat kondisi panas akan membuat tekstur dan  rasa setiap bahan masakan ;ebih nikmat.

7 dari 8 halaman

Tambahkan Kecap Manis

Ilustrasi Sate Kambing © Diadona

Jangan lupa menambahkan kecap manis untuk memberikan rasa manis dan karamelisasi yang enak pada sate. Selain menambah rasa pada bumbu, kecap manis menjadi ciri khas utama pada masakan sate yang bias dijual di pinggir jalan lho!

Untuk penambahan kecap manis dapat disesuaikan dengan resep ataupun selera masing-masing. Jangan terlalu banyak memberi kecap manis agar tekstur bumbu kacang tetap kental dan rasa kacang di bumbu sate tetap terasa gurih. 

Itulah beberapa tips membuat bumbu sate yang bisa kamu jadikan referensi di rumah.  Selamat mencoba dan menikmati sendiri di rumah ya!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar